Home » » Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita Citaku

Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita Citaku

Apakah kamu pernah membayangkan akan menjadi seorang apa di kemudian hari? Apakah hal yang kamu bayangkan itu sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan? Apakah kamu pernah membayangkan, kelak akan mengajar menjadi seorang pilot, arsitek, dokter hewan, atau pekerja seni?

Apakah yang dimaksud dengan cita-cita? Cita-cita adalah nkeinginan yang selalu ada di dalam pikiran. Apakah kamu memiliki cita-cita? Apakah cita-citamu?

Ayo Mengamati
Amatilah gambar-gambar di bawah ini.
Cita Citaku
Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.
PekerjaanKegiatan Utama
Aku seorang GuruKegiatan utamaku sehari-hari adalah mendidik siswa dengan ilmu yang berguna serta memberikan contoh sikap yang baik untuk bekal hidupnya
Aku seorang ArsitekKegiatan utamaku sehari-hari adalah merancang bangunan dan mendesain bangunan
Aku seorang Dokter HewanKegiatan utamaku sehari-hari adalah mengobati hewan dan merawat yang sakit
Aku seorang PelukisKegiatan utamaku sehari-hari adalah melukis di atas kertas atau kanvas
Aku seorang PilotKegiatan utamaku sehari-hari adalah menerbangkan pesawat dan membawa penumpang dengan aman ke tempat tujuan

Bagaimana denganmu? Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak. Itulah cita-cita. Tuliskan tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu miliki sehubungan dengan cita-citamu itu!
Cita-citaku ingin menjadi seorang hakim, kegiatan utamaku adalah Tugas utama hakim adalah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya.(hanya contoh)

Ayo Membaca
Udin dan Beni ternyata memiliki cita-cita yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru karena gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu tentang banyak hal. Udin menunjukkan sebuah tulisan dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!
Cita-Citaku
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku

Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi. Ayo, kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!

Ayo Berdiskusi
  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.
  2. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.
  3. Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
  • Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris? Ya pada puisi tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris.
  • Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian? Baris-baris tersebut terkumpul menjadi dua bagian.
  • Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris! (n-u-n-u dan a-u-a-u)
  • Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?Bunyi terakhir kata tersebut berselang-seling.
  • Tunjukkan keteraturan itu! Pada bait pertama, akhir kata setiap baris terdiri dari huruf hidup n-u-n-u. Begitu pula pada bagian kedua, yaitu a-u-a-u.

4. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!
Ciri-ciri puisi sebagai berikut:
Penulisan puisi dituangkan dalam bentuk bait yang terdiri atas baris-baris
Setiap bait terdiri dari 4 baris.
Puisi memiliki rima akhir a-b-a-b.

Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang disebut bait puisi.

Ayo Berlatih
Susunlah baris-baris puisi ini menjadi bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang disediakan.
Ku ingin membalas jasamu
Guru selalu membimbingku
Sungguh berjasa guruku
Guru mengajakku untuk maju

Susunan bait puisiku:
Guru selalu membmbingku
Guru mengajakku untuk maju
Sungguh berjasa guruku
Kuingin membalas jasamu

Bandingkanlah susunan bait puisimu dengan milik temanmu! Bagaimana pendapatmu?

Lani : "Apakah aku bisa mengubah susunan baris dalam puisi itu, ya?"
Udin : "Menurutku seharusnya bisa, Lani. Asalkan maknanya kurang lebih sama. Kenapa, Lani?"
Lani : "Betul juga! Aku ingin menyusun puisi sendiri tentang cita-citaku."
Udin : "Benarkah? Apakah cita-citamu, Lani?"
Lani : "Aku senang dengan hewan. Aku ingin suatu hari nanti bisa menjadi dokter hewan agar aku dapat membantu hewan-hewan yang sakit dan butuh pertolongan."
Udin : "Wah, hebat juga cita-citamu! Kebetulan aku punya beberapa hewan peliharaan di rumah. Mungkin besok, aku bisa membawa mereka kepadamu untuk diperiksa!"
Lani : "Ah, Udin! Jangan bercanda! Itu nanti saja ketika aku sudah belajar banyak tentang hewan."
Udin : "Baiklah, Lani!"

Ayo Mengamati
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan peliharaanmu itu? Bagaimana kamu memeliharanya? Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan
itu mempunyai anak? Perhatikan gambar beberapa hewan peliharaan berikut!
Hewan Peliharaan
Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa ada anak-anak hewan dan ada hewan yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anakanak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!

Ayo Membaca
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorfosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna.

Ayo Berdiskusi
  1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
  2. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
  3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
  4. Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.
Kucing dan Ayam
Tahapan siklus hidup hewan sebagai berikut.
Tahapan siklus hidup hewan kucing dan ayam sebagai berikut
Siklus hewan adalah rangkaian proses tahapan hidup yang dilalui oleh hewan. Siklus hidup hewan kucing dimulai dari anak kucing, kucing muda, dan kucing dewasa. Siklus hidup hewan Ayam dmulai dari telur, anak ayam, ayam muda, dan induk ayam.

Presentasikan hasil diskusi kelompokmu secara bergiliran di depan kelas.

Ayo Renungkan
Ingin menjadi apakah kamu kelak?
Saya ingin menjadi seorang hakim.(contoh)
Apa yang ingin kamu lakukan agar cita-citamu tercapai?
Saya akan belajar dengan tekun agar bisa masuk ke Fakultas Hukum
Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang dapat kamu berikan kepada orang lain?
Saya ingin menjadi seorang hakim yang adil
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:29 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.