Home » » Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Secara umum, sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai.

Setiap orang harus berupaya untuk hidup sejahtera. Jika semua warga Indonesia sejahtera, negara ini akan semakin kuat. Masyarakat yang sejahtera akan mampu mengembangkan Negara Indonesia supaya lebih maju. Selain itu, masyarakat sejahtera akan mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ayo Mengamati
Masyarakat Sejahtera
Apakah beberapa contoh gambar di atas menunjukkan keadaan masyarakat yang sejahtera? Ungkapkan pendapatmu dengan menuliskan dalam kolom berikut!
Gambar menunjukkan masyarakat sejahtera karena dapat memenuhi kebutuhan dengan baik, seperti dapat bersekolah, dapat berhubungan baik antarumat beragama, mendapatkan hasil panen yang memuaskan, dan dapat berolahraga di lingkungan yang bersih dan sehat.

Ayo Berlatih
Carilah beberapa gambar tentang ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas! Jika kamu anak laki-laki carilah gambar anak laki-laki pada masa kanak-kanak dan anak laki-laki pada masa pubertas. Jika kamu anak perempuan, carilah gambar anak perempuan pada masa kanak-kanak dan anak perempuan pada masa pubertas. Tempelkan gambar yang kamu temukan pada kotak di bawah. Tuliskan keterangan di samping gambar. Keterangan dapat berupa ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas.

1. Masa Pubertas Anak Laki-laki
Masa Pubertas Laki-laki
Kesimpulan
Perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas adalah
Pada segi fisik terjadi perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa pubertas, diantaranya adalah pada masa kanak-kanak belum muncul rambut halus di ketiak dan alat kelam*n, sedang masa pubertas sudah mulai tumbuh. Belum berubahnya suara pada masa kanak-kanak, sedang pada masa pubertas, sudah ada perubahan, dan pada masa kanan-kanan belum tumbuh jakun, sedangkan masa pubertas sudah tumbuh jakun.

2. Masa Pubertas Pada Anak Perempuan
Pubertas Wanita
Kesimpulan
Perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas adalah
Pada segi fisik terjadi perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa pubertas, diantaranya adalah pada masa kanak-kanak suara belum melengking, sedang masa pubertas sudah melengking. Belum tumbuh dan membesarnya pay*dara pada masa kanak-kanak, sedang pada masa pubertas pay*dara sudah membesar, dan pada masa kanan-kanan pinggul belum membesar, sedangkan masa pubertas pinggul sudah membesar.

Masyarakat yang sejahtera berada dalam keadaan sehat. Kesehatan masyarakat dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu, untuk menciptakan masyarakat sehat diperlukan kerja sama. Siapa saja yang harus bekerja sama untuk menciptakan masyarakat sehat? Apa pentingnya kerja sama dalam menciptakan masyarakat sehat. Bacalah bacaan berikut!

Ayo Membaca
Pentingnya Kerja Sama
Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup sendiri. Kita perlu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Kita sering mendengar bahwa dengan bekerja sama, pekerjaan menjadi lebih mudah dan tujuan lebih cepat tercapai.

Kerja sama dapat dimulai di lingkungan rumah. Karena rumah adalah tempat tinggal keluarga. Salah satu contoh kerja sama yang sangat sederhana di lingkungan keluarga adalah menjaga kebersihan rumah. Menjaga kebersihan rumah tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja, namun perlu melibatkan seluruh anggota keluarga, misalnya dengan melaksanakan kerja bakti.

Kerja sama juga diperlukan untuk menciptakan masyarakat sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan secara rutin, memilah dan mengolah sampah bersama-sama, menanam pohon di lingkungan rumah, serta mencegah penyebaran penyakit menular melalui 3 M (menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai yang dapat menimbulkan genangan air).Tanpa kerja sama, masyarakat sehat tidak terwujud.

Ayo Berlatih
Teks di atas merupakan teks nonfiksi yang memiliki judul. Cobalah bandingkan informasi yang diharapkan setelah membaca judul teks dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks tersebut. Ungkapkan hasil perbandinganmu dalam bentuk tabel atau diagram sesuai kreasimu.

Diagram atau tabel:
No.Sebelum Membaca Judul TeksSetelah Membaca Judul Teks
1Manfaat kerja sama?Kerja sama membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan tujuan lebih cepat tercapai.
2Contoh kerja sama di rumah?Salah satu contoh kerja sama di lingkungan rumah adalah menjaga kebersihan rumah
3Tujuan kerja sama?Kerjasama bertujuan membangun masyarakat sehat.

Ayo Renungkan
Coba renungkan! Apakah kamu saat ini kamu mengalami masa kanak-kanak atau masa pubertas? Perhatikan keadaan tubuhmu! Apa yang dapat kamu lakukan untuk menyejahterakan hidupmu supaya kelak kamu dapat berguna bagi bangsa? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut!
Pada saat ini saya sudah mengalami masa pubertas karena jakun mulai tumbuh, suara mulai membesar dan tumbuh cambang, janggut. Yang dapat saya lakukan untuk mensejahterakan hidup adalah belajar dengan tekun sehingga mencapai apa yang dicita-citakan. .(contoh). 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:28 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.