Home » » Pembelajaran 2 Tema 5 Subtema 2 Usaha di Sekitarku

Pembelajaran 2 Tema 5 Subtema 2 Usaha di Sekitarku

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik Nusantara perlu terus dipromosikan agar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya melalui poster. Ayo, kita mengenal poster sebagai bagian dari reklame.

Poster adalah salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat.

Setelah mengamati contoh poster pameran batik dan gerabah Nusantara, siswa akan membuat poster tentang pameran seni tradisional yang disesuaikan dengan budaya daerah mereka masing-masing

Ayo Mengamati
Amati poster berikut.
Poster
Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok
1. Bagaimana pendapatmu tentang poster tersebut? Jelaskan!
Poster tersebut terlihat sangat menarik karena berisi gambar dan tulisan atau kalimat yang sesuai, tulisan atau kalimat poster singkat, padat, dan jelas serta pemberian gambar/foto dan tulisan atau kalimat dalam poster memiliki perbandingan proposional. Namun, poster tersebut kurang jelas karena tidak ada informasi tentang tempat penyelenggaraan acara pameran yang ditunjukkan.

2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat poster?
Beberapa keterampilan yang diperlukan dalam membauat psoter antara lain kemampuan dalam mendesain gambar, menempatkan gambar sehingga terlihat menarik, menyusun tulisan yang mampu mengajak pembaca, serta mampu menyusun tulisan yang jelas dan tidak bertele-tele.

3. Bisakah kamu menduga langkah-langkah cara membuat poster tersebut? Jelaskan.
Beberapa langkah dalam pembuatan poster dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
  • Menentukan ide yang ingin disampaikan.
  • Menentukan judul, pesan yang ingin disampaikan, serta tanggal dan tempat penyelenggaraan.
  • Menyiapkan alat dan bahan.
  • Menggambar sketsa gambar dan tulisan pada kertas poster.
  • Mewarnai sketsa yang telah dibuat.

Ayo Berkreasi
Proses Mendesain Poster dengan Tangan
Langkah membuat Poster
Langkah 1
Siapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna. Merancang poster dengan tangan bisa sangat menyenangkan. Kamu akan mengetahui beberapa hal yang akan membantu postermu tampak indah dan menarik.

Langkah 2
Pilih kertas polos sesuai keinginan Ketika kamu merancang poster dengan tangan, kamu dapat menentukan ukuran kertas sesuai keinginanmu.

Langkah 3
Buatlah 3 garis tipis. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari atas halaman kertas). Kamu akan menulis judul postermu pada bagian ini. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari bawah halaman kertas). Kamu akan menulis informasi tentang hal-hal yang kamu ingin supaya orang lain mengetahuinya, misalnya mencantumkan tempat, tanggal, nomor telepon, seperti “Kunjungilah pameran kami!”

Langkah 4
Buatlah judul.  Buatlah judul pada bagian atas kertas. Tulislah huruf-huruf dengan pensil secara tipis. Kamu dapat menyesuaikan besar huruf dengan ukuran kertas.

Langkah 5
Buatlah catatan kaki. Gambar dan buat tulisan secara tipis pada bagian bawah kertas

Langkah 6
Isi bagian tengah. Isi bagian tengah dengan gambar yang berkaitan dengan gagasan utama postermu. Untuk poster pameran seni, kamu akan membuat gambar yang berkaitan dengan pameran, misalnya gerabah. Kamu dapat membuat satu atau beberapa gambar. Buatlah sketsa dengan tipis.

Langkah 7
Warnailah Postermu. Sekarang, setelah poster yang kamu rancang selesai dan kamu yakin dengan tampilannya, dengan hati-hati, gambarlah huruf-huruf dengan menggunakan spidol, pensil warna, atau krayon.

Langkah 8
Lakukan Eksperimen. Ini hanya panduan umum. Silakan bereksperimen sesuai kreativitasmu.

Sekarang, saatnya kamu merancang poster dengan menggunakan tangan. Tuliskan rencanamu terlebih dahulu pada kolom berikut berdasarkan langkah langkah di atas.

Ayo Mengamati
Ketika merancang sebuah kemasan, kamu perlu memiliki keterampilan untuk memetakan ukuran produk agar dapat dibuat kemasan yang sesuai. Usaha-usaha yang ada di sekitar kita, kadang-kadang merancang kemasan yang unik untuk produknya. Salah satunya adalah kemasan berbentuk prisma segitiga seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Prisma Segitiga
Apakah kamu juga menemukan kemasan produk lain yang berbentuk prisma segitiga di sekitarmu? Berikan contoh.
Salah satu kemasan berbentuk prisma segitiga adalah kemasan cokelat Toblerome..

Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat prisma segitiga? Jelaskan.
Prisma segiutiga memiliki sifat-sifat sebagai berikut : Pertama memiliki atap dan alas yang berbentuk bangun segitiga, kedua memiliki 3 sisi selimut berupa bangun segi empat, ketiga memiliki 3 rusuk tegak, dan keempat memiliki 6 titik sudut.

Ayo Berdiskusi
Amati gambar prisma segitiga berikut.
Prisma Segitiga
Prisma segitiga memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
  1. Memiliki bentuk alas dan atap yang kongruen. Segitiga ABC dan DEF memiliki ukuran dan bentuk yang sama.
  2. Setiap sisi bagian samping prisma berbentuk persegi panjang. Prisma segitiga dibatasi oleh tiga persegi panjang di setiap sisi sampingnya, yaitu ABED, BCFE, dan ACFD.
  3. Memiliki rusuk tegak. Prisma segitiga memiliki tiga buah rusuk tegak, yaitu AD, BE, dan CF. Rusuk tersebut dikatakan tegak karena letaknya tegak lurus terhadap bidang alas dan atas.
  4. Setiap diagonal bidang pada sisi yang sama memiliki ukuran yang sama.. Segitiga ABC dan DEF pada gambar diagonal bidang pada sisi ABED memiliki ukuran yang sama panjang. Perhatikan bahwa AE = BD, BF = CE, dan AF = CD.
Amati jaring-jaring prisma segitiga berikut.
Jaring Prisma Segitiga


Diskusikan secara berpasangan gambar prisma beserta jaring-jaring di atas. Diskusikan hasil pengamatanmu secara berpasangan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
Bangun prisma segitiga memiliki atap dan alas yang berbentuk bangun segitiga, memiliki 3 sisi selimut berupa bangun segi empat, memiliki 3 rusuk tegak, dan memiliki 6 titik sudut.

Berdasarkan penjelasan di atas, buatlah diagram frayer tentang sifat-sifat prisma segitiga dengan syarat sebagai berikut:
1) menggambar 3 contoh bangun prisma segitiga.
2) menggambar 3 contoh bangun yang bukan merupakan prisma segitiga.
3) menuliskan 4 ciri-ciri prisma segitiga.
4) menuliskan pengertian prisma segitiga menggunakan kata-kata sendiri.

Frayer Prisma Segitiga
Contoh bangun Prisma Segitiga :
Kalender duduk
Tas Wanita
Papan Nama

Bukan contoh Prisma Segitiga :
Bola, Dadu, Kaleng minuman

Ciri-ciri Prisma Segitiga
Memiliki atap dan alas berbentuk segitiga
Memiliki 3 sisi tegak berbentuk bangun swegiempat
Memiliki 3 rusuk tegak
Memiliki diagonal bidang sama panjang

Pengertian Prisma Segitiga
Prisma segitiga adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah segitiga sebagai sisi alas dan sisi atas, serta dibatasi juga dengan tiga buah sisi tegak yang berbentuk persegi panjang.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.