Home » » Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya

Era globalisasi membuat Pencak Silat dikenal di mancanegara. Pencak Silat merupakan salah satu cabang olahraga beladiri yang berasal dari kawasan Asia terutama Indonesia. Bagaimana perasaanmu? Apakah kamu sudah berlatih pencak silat dengan tekun?

Ayo Mencoba
Kamu akan kembali berlatih pukulan dan tangkisan dan mengombinasikannya dengan pola langkah ke depan, ke belakang, dan ke samping. Jika telah terampil, kamu juga dapat mengombinasikannya dengan sikap pasang.
Pencak Silat


A. Pukulan dalam Pencak Silat
  1. Pukulan Lurus dalam Pencak Silat merupakan salah satu teknik serangan yang harus dikuasai, Posisi tangan saat memukul lurus dan mengepal ke depan tepat di dada lawan.
  2. Pukulan tegak Posisi tangan kanan memukul tegak lurus dan mengepal dengan sasaran tepat ke bahu bagian kanan lawan.
  3. Pukulan bandul Pukulan yang diambil dari bawah dengan sasaran tepat ke arah ulu hati.
  4. Pukulan melingkar Pukulan berbentuk lingkaran dengan sasaran ke arah pinggang lawan.

B. Tangkisan dalam Pencak Silat 
  1. Tangkisan Dalam merupakan teknik menangkis dengan gerakan tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu.
  2. Tangkisan Luar merupakan kebalikan dari tangkisan dalam, yaitu tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu.
  3. Tangkisan Atas merupakan tangkisan dari bawah ke atas, berfungsi untuk melindungi kepala dari serangan lawan
  4. Tangkisan Bawah merupakan angkisan dari atas ke bawah.

Ingat untuk selalu berlatih dengan penuh semangat serta penuh rasa bangga sebagai anak Indonesia.

Ayo Berdiskusi
Lakukan dialog berikut bersama seorang teman.
Edo adalah putra seorang pengusaha ternama di daerahnya. Kedua orang tua Edo memiliki usaha industri makanan ringan. Mereka dikenal sebagai keluarga kaya yang sangat mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mereka inginkan.

Pada suatu hari, Edo bersama seorang temannya berada di sebuah pusat perbelanjaan.
Beni: Edo, kenapa kau pilih sepatu itu?Sepatu yang ini sepertimya lebih baik. Ini bikinan Singapura lho!

Edo: Aku pilih ini saja. Sepatu ini bikinan Cibaduyut, kualitasnya tidak kalah dengan sepatu bikinan luar negeri. Sepatu Cibaduyut juga sudah diekspor ke luar negeri.

Beni: Oya? Memangnya kau tidak malu memakai produk dalam negeri?

Edo: Lho, kenapa harus malu? Justru jika kita membeli produk negeri sendiri, itu artinya kita telah membantu negara kita. Uang kita akan tetap beredar di negeri sendiri, selain itu juga akan membuka lapangan kerja bagi rakyat Indonesia.

Beni: Ooh begitu ya…

Edo: Iya, Beni, karena itu aku selalu memilih untuk membeli produk Indonesia.

Beni: Ya deh, aku juga ingin membantu rakyat Indonesia supaya menjadi lebih sejahtera, aku akan selalu membeli produk-produk Indonesia.

1. Bagaimana karakter Edo dan Beni?
Karakter Edo yaitu mencintai produk dalam negeri sementara karakter Beni yaitu lebih menyukai produk luar negeri.

2. Apa alasan Beni memilih sepatu produk luar negeri?
Beni memilih sepatu produk luar negeri karena iamenganggap produk luar negeri lebih baik.

3. Apakah sikap Beni tersebut benar? Berikan alasannya!
Sikap Beni tersebut kurang tepat, karena dengan memilih produk luar negeri justru meningkatkan pendapatan negara produsen produk tersebut. Jika banyak orang bersikap seperti Beni, ekonomi Indonesia akan menurun karena uang beredar di luar negeri.

4. Mengapa Edo memilih produk Indonesia?
Edo memilih produk Indonesia karena ia menganggap kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri.

5. Apakah sikap Edo tersebut benar? Jelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia disertai contoh!
Sikap Edo tersebut menurut saya adalah benar, karena dengan mencintai produk dalam negeri kita juga turut membantu negara. Misalnya saja dengan membeli pakaian batik maka kita akan membantu saudara-saudara kita para pengusaha batik.

6. Apa saranmu terhadap Beni? Jelaskan manfaat dari “Cita Produk-Produk Indonesia” bagi bangsa Indonesia!
Beni seharusnya tidak perlu malu menggunakan produk dalam negeri. Dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, kita turut memajukan ekonomi negara karena usaha di negeri kita bisa berkembang, membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia, dan peredaran uang terjadi di negeri sendiri.

Ayo Menulis
Baca kembali peta pikiran yang telah kamu buat pada pembelajaran tiga. Peta pikiran tersebut berisi tentang informasi dari teks berjudul “Mengapa Harus Hemat Listrik” yang dibacakan gurumu.

Mengapa Harus Hemat Listrik?

Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini butuhkan energi listrik, mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/industri, bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik. Tanpa listrik kita gak bisa bayangin gimana jadinya hidup ini. Namun, dibalik manfaatnya, energi listrik ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan di Bumi jika kita menggunakannya secara berlebihan.

Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan dengan meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global.

Meningkatnya suhu Bumi antara lain gara-gara gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan hijau yang berfungsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global bikin cuaca tidak teratur, musim panas yang panjang banget hingga berakibat kekeringan di mana-mana. Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan tenggelamkan sebagian besar daratan. Kalo hal ini terus terjadi, maka manusia bakal terancam habitatnya gara-gara pemanasan global.

Buat menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik. Contoh gampangnya yang bisa kita lakukan adalah: Pilih peralatan hemat energi, kayak mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.

Pahami lingkungan sekitar kita. Jika menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan kalo udah matiin semua peralatan listrik yang gak dipakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll.) sebelum meninggalkan ruangan.

Dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan bumi kita secara nyata. Kita bisa bayangkan berapa besar energi listrik yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.

Setelah selesai membaca, pada halaman 94 teman-teman diminta menuliskan kata bercetak miring yang merupakan kata todak baku dari teks tersebut. Teman-teman juga diminta menuliskan kata bakunya serta membuat kalimat efektif dari kata baku tersebut.

Perhatikan kata-kata bercetak miring pada teks tersebut. Tuliskan kosakata nonbaku tersebut dalam tabel berikut dan carilah padanan kata bakunya.

Buatlah kalimat menggunakan kosakata baku tersebut, dengan memerhatikan pemakaian kalimat efektif.
NoKata Non-BakuKata BakuKalimat efektif
1ButuhkanMembutuhkanPasien rumah sakit jiwa membutuhkan psikiater.
2Gak bisa bayanginTidak bisa membayangkanJika komputer tidak ditemukan kita tidak bisa membayangkan bagaimana mengerjakan tugas-tugas sekolah.
3Gimana jadinyaBagaimana jadinyaBagaimana jadinya jika Indonesia saat ini masih dijajah oleh negara lain.
4Gara-garaAkibatKebakaran itu terjadi akibat ledakan tabung gas.
5BikinMembuatAyah sedang membuat kandang ayam di belakang rumah
6BangetSekaliBanjir bandang di Jawa Barat disebabkan oleh hujan yang deras sekali selama dua hari.
7TenggelamkanMenenggelamkanIbu Susi Pujiastuti menenggelamkan beberapa kapal pencuri ikan.
8KaloKalauEdo tidak akan terlambat sekolah kalau bangun lebih awal
9BakalAkanHalaman sekolah akan menjadi kotor jika tidak dibersihkan
10Buat menghindariUntuk menghindariKita harus bersatu untuk menghindari perpecahan.
11GampangnyaSederhanaSalah satu contoh sederhana perilaku hidup hemat adalah dengan menabung
12KayakSepertiSaya tahu seperti apa bentuknya pesawat militer.
13Kalo udah matiinJika sudah  mematikanJika selesai belajar, pastikan kalau sudah mematikan lampu belajar.
14Gak dipakaiTidak dipakaiUdin menyumbang baju yang sudah tidak terpakai kepada korban kebakaran.

Baca kembali teks eksplanasi “Mengapa Harus Hemat Listrik”. Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut. Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini. Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
 
Peta Pikiran

Paragraf 1 : Pernyataan Umum
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini membutuhkan energi listrik.

Paragraf 2 Deret Penjelas
Pemborosan energi membuat suhu bumi meningkat/pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh gas buang dari peralatan elektronik, gas buang hasil pembakaran dari kendaraan bermotor, serta berkurangnya lahan hijau.
Pemanasan global membuat cuaca tidak menentu, musim panas yang panjang menyebabkan kekeringan, mencairnya pegunungan es di kutub bumi yang dapat mengancam keberadaan manusia.

Paragraf 3 :Deret Penjelas
Salah satu cara untuk menghindari pemanasan global yaitu dengan menghemat listrik. Contohnya memilih peralatan hemat listrik dan mematikan semua peralatan listrik sebelum meninggalkan ruangan kosong.

Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Dengan menghemat listrik, kita telah menyelamatkan bumi. Sungguh besar energi yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi

Kamu dapat membuat ilustrasi gambar sesuai dengan isi informasi pada setiap halamannya. Kamu dapat menggunakan lembar kertas lain, sehingga tulisanmu dapat dipajang di kelas. Setelah selesai, kamu dapat saling menceritakan isi gambar berserimu kepada teman-teman di kelas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:38 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.