Home » » Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Tahukah kamu harimau sumatra, orangutan dari Kalimantan, atau Badak Bercula Satu dari Ujung Kulon? Hewan-hewan tersebut merupakan jenis hewan Indonesia yang dilindungi karena langka. Hewan langka adalah adalah Hewan yang sangat sulit dicari karena jumlahnya yang sedikit. Istilah ini dapat digunakan untuk hewan yang bisa dikategorikan "genting" atau "spesies terancam".

Hewan disebut hewan langka jika populasi menurun cepat dan jumlahnya di seluruh dunia kurang dari 10.000 ekor saja dan populasinya menurun dengan cepat. Jika hewan-hewan langka ini tidak ada yang melindungi dan menyelamatkannya maka lama-lama mereka akan habis atau punah, tidak ada satu pun yang tersisa.Apa yang menyebabkan hewan tersebut menjadi langka? Ayo, kita cari tahu!

Ayo Mengamati
Perhatikan dua gambar berikut. Jawablah pertanyaan dibawahnya.
Hutan dan Kota

1. Apa yang terjadi dengan hutan tersebut apabila dijadikan perkotaan?
Jika hutan dijadikan perkotaan maka area resapan air berkurang, meningkatnya ancaman banjir dan longsor, terjadinya kerusakan ekosistem dan terancamnya kelestarian flora dan fauna
2. Bagaimana dengan nasib hewan-hewan yang hidup di hutan?
Hewan-hewan yang ada di hutan terancam kepunahan karena hilangnya habitat mereka.
3. Di mana hewan-hewan tersebut akan tinggal jika hutan telah musnah?
Jika hutan telah musnah maka mereka tidak memiliki tempat hidup sehingga mereka akan punah.
4. Bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, jika seluruh pohon dan semua hutan di bumi habis?
Hutan selain berperan dalam daur air juga berperan di ekosistem menyediakan oksigen bagi makhluk hidup lainnya. Hutan juga menyerap karbon dioksida. Tanpa ada hutan, maka produksi oksigen berkurang, sementara kadar karbon dioksida di udara meningkat, yang menyebabkan kehidupan manusia akan terganggu
Baca teks berikut dengan teliti!
Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.

Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Mengapa hewan-hewan tersebut perlu dilestarikan? Apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia?
Hewan-hewan langka dan terancam perlu dilestarikan karena penting untuk keseimbangan ekosistem. Hewan merupakan sumber makanan bagi manusia, punahnya hewan juga akan mengganggu kelangsungan hidup manusia.

Ayo Menulis
Carilah informasi tentang satu jenis hewan yang menjadi ciri khas di wilayah tempat tinggalmu. Lakukan investigasi untuk mengumpulkan fakta-fakta tentang hewan tersebut dan tuliskan dalam bentuk laporan. Tulisanmu harus mencantumkan hal-hal berikut.
  1. Ciri-ciri khusus dan habitat asli
  2. Manfaat hewan
  3. Jumlah populasinya saat ini
  4. Penyebab kelangkaan
  5. Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk melindungi kelestariannya
  6. Langkah-langkahmu sebagai pelajar untuk melindungi kelestariannya

Elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan hewan endemik di Pulau Jawa. Sebaran elang ini terbatas di Pulau Jawa, dari ujung barat (Taman Nasional Ujung Kulon) hingga ujung timur di Semenanjung Blambangan Purwo. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda.

Elang jawa memiliki panjang tubuh antara 60-70 cm (dari ujung paruh hingga ujung ekor). Kepala berwarna coklat kemerahan (kadru), dengan jambul yang tinggi menonjol. Ketika terbang, elang jawa serupa dengan elang brontok.

Burung pemangsa ini berburu mangsanya seperti tupai, kalong, musang, sampai dengan tikus. Elang berperan menjaga keseimbangan ekosistem karena dengan adanya elang hewan perusak seperti tikus akan tetap terkendali. Secara tidak langsung burung elang ini membantu para petani membasmi hama tikus.

Saat ini jumlahnya hanya sekitar 137-188 pasang burung, atau perkiraan jumlah individu elang ini berkisar antara 600-1.000 ekor.

Populasi yang kecil ini menghadapi ancaman besar terhadap kelestariannya, yang disebabkan oleh kehilangan habitat dan eksploitasi jenis. Pembalakan liar dan konversi hutan menjadi lahan pertanian telah menyusutkan tutupan hutan di Jawa. Selain itu, elang ini juga terus diburu orang untuk diperjual belikan di pasar gelap sebagai satwa peliharaan.

Mempertimbangkan kecilnya populasi Pemerintah Indonesia menetapkannya sebagai hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Sementara organisasi konservasi dunia IUCN memasukkan elang jawa ke dalam status EN (Endangered, terancam kepunahan).

Sebagai seorang pelajar ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi kelestarian elang jawa. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut :
  1. Menjaga kelestarian ekosistem hutan sebagai tempat tinggal burung elang.
  2. Melaporkan kepada petugas jika ada yang melakukan perburuan liar terhadap elang jawa.
  3. Menghindari memelihara hewan langka sebagai hewan peliharaan.
  4. Menghimbau masyarakat untuk tidak memburu elang jawa
  5. Tidak memburu elang jawa untuk kesenangan pribadi
  6. Mencegah perdagangan elang jawa dan melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila menemukannya

Ayo Berdiskusi
Kamu sudah belajar bagaimana membuat kesimpulan yang baik. Sekarang kamu akan mempraktikkan keterampilan tersebut. Bacalah kembali teks ‘Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia’. Berdiskusilah dengan temanmu untuk membuat kesimpulan dari isi bacaan tersebut. Tulisanmu harus menggunakan kosakata baku.
Indonesia memiliki beragam jenis hewan dan tumbuhan. Pemerintah membuat Taman Nasional untuk melestarikan hewan dan tumbuhan. Namun, bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan

Ayo Membaca
Simak teks berikut.
Kawasan Asia Tenggara merupakan wilayah yang luas perairannya lebih besar dibandingkan dengan luas daratan. Keputusan-keputusan terkait permasalahan kelautan banyak dibahas oleh sebagian besar negara-negara ASEAN.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda-berbeda, namun pada dasarnya semua berbentuk Republik, kecuali Thailand, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Brunei Darussalam yang berbentuk Kerajaan.

Sebagian besar mata pencaharian penduduk di Asia Tenggara adalah bercocok tanam. Oleh sebab itu, kerjasama di bidang produksi hasil pertanian dan perkebunan dibahas bersama di Bali tahun 2003.

Sekilas Fakta Politik Negara-Negara ASEAN
Brunei Darusalam
Kepala Negara Sultan Haji Hassanal BolkiahJumlah Penduduk 422.675 jiwa (2014)
Ibu Kota Bandar Seri BegawanHari Kemerdekaan 1 Januari 1984
Bahasa Melayu, InggrisLagu Nasional Allah Peliharakan Sultan
Mata Uang Brunei Dollar (BND)Semboyan Sentiasa membuat kebajikan dengan petunjuk Allah
Luas Wilayah 5.765 km²Kode Telepon +673
Brunei adalah negara kecil yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Brunei berhasil memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1984, setelah hampir satu abad berada di bawah kekuasaan Inggris. Saat ini Brunei merupakan negara yang pendapatan per kapitanya tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Sistem pemerintahan Brunei berbentuk Kesultanan Islam, yang dipimpin oleh seorang sultan.
Kamboja
Kepala Negara Raja Norodom SihamoniJumlah Penduduk 15.458.332 jiwa (2014)
Ibu Kota Phnom PenhHari Kemerdekaan 9 November 1953
Bahasa KhmerLagu Nasional Nokoreach (Royal Kingdom)
Mata Uang Riel (KHR)Semboyan Chéat, Sasna, Preăhmôhaksât "Bangsa, Agama, Raja"
Luas Wilayah 181.035 km²Kode Telepon +855
Luas wilayah Kamboja tidak besar. Wilayah Angkor merupakan pusat pemerintahan Khmer. Kekaisaran ini menguasai sebagian besar daratan utama Asia Tenggara di abad ke-9 sampai dengan abad ke-23. Bangunan peninggalan kekaisaran Khmer yang sangat terkenal adalah candi Angkor yang juga dijadikan lambang di bendera negara Kamboja.
Indonesia
Kepala Negara Presiden Joko WidodoJumlah Penduduk 253.609.643 jiwa (2014)
Ibu Kota JakartaHari Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Bahasa IndonesiaLagu Nasional Indonesia Raya
Mata Uang Rupiah (IDR)Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Luas Wilayah 1.904.569 km²Kode Telepon +62
Indonesia merupakan negara dengan luas wilayah terbesar di Asia Tenggara. Negara kepulauan ini memiliki kurang lebih 17.000 pulau. Fakta geografis ini membuat warga Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, dan budaya. Ada ratusan suku serta ratusan dialek di seluruh wilayah Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara yang ditetapkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diambil dari tradisi serta nilai-nilai bangsa. Nilai-nilai ini dianggap mampu menjadi landasan perilaku bangsa yang beragam latar belakang etnis dan budayanya.
Laos
Kepala Negara Presiden Bounnhang VorachithJumlah Penduduk 6.803.699 jiwa (2014)
Ibu Kota VientianeHari Kemerdekaan 19 Juli 1949
Bahasa LaoLagu Nasional Pheng Xat Lao
Mata Uang Kip (LAK)Semboyan "Perdamaian, Kemerdekaan, Demokrasi, Persatuan, dan Kemakmuran"
Luas Wilayah 237.955 km²Kode Telepon +856
Nenek moyang penduduk Laos berasal dari Cina Selatan. Pada tahun 1353 penduduk Laos dipimpin oleh Fa Ngoun, yang menyebut wilayah yang dipimpinnya sebagai “Kerajaan Sejuta Gajah”. Kerajaan besar ini bertahan hingga tahun 1700-an sampai akhirnya terpecah-belah. Sekitar tahun 1800, sebagian besar Laos dikuasai oleh Siam. Kemudian Perancis mengambil alih dan memerintah di sana tahun 1893. Pada Tahun 1893, Perancis mengambil alih kekuasaan. Pada tahun 1954, Perjanjian Geneva menetapkan Laos sebagai sebuah negara yang bebas dan netral. Perang saudara masih berkecamuk antara pasukan yang setia kepada pemerintah melawan gerilyawan komunis Pathet Lao.
Malaysia
Kepala Negara Sultan Muhammad VJumlah Penduduk 31.746.000 jiwa (2014)
Ibu Kota Kuala LumpurHari Kemerdekaan 31 Agustus 1957
Bahasa Melayu, Inggris, Cina, TamilLagu Nasional Negaraku
Mata Uang Ringgit (MYR)Semboyan "Bersekutu Bertambah Mutu"
Luas Wilayah 330.803 km²Kode Telepon +80
Tahun 1400-an wilayah di Selat Malaka mulai dikenal sebagai pusat perdagangan. Sejak saat itu, wilayah tersebut menjadi daerah yang diperebutkan. Tahun 1511, Portugis berhasil menguasai Malaka. Tahun 1641, Belanda mengambil alih. Lalu, tahun 1786 Inggris masuk ke Malaka dan menguasai Pulau Penang. Tahun 1824, Belanda menyerahkan Malaka ke Inggris. Pada masa Perang Dunia ke-II, Jepang sempat menduduki Malaka, namun kemudian Inggris berhasil menguasai kembali Semenanjung Malaya di tahun 1945. Tiga tahun kemudian, Inggris membentuk Federasi Malaya. Di tahun 1957, Federasi Malaya berhasil mendapatkan kemerdekaannya. Inggris juga menyerahkan Penang dan Malaka.
Myanmar
Kepala Negara Presiden Htin KyawJumlah Penduduk 55.746.253 jiwa (2014)
Ibu Kota Nay Pyi TawHari Kemerdekaan 4 Januari 1948
Bahasa MyanmarLagu Nasional Kaba Ma Kyei
Mata Uang Kyat (MMK)Semboyan Gabar Majay Bamar
Luas Wilayah 676.578 km²Kode Telepon +95
Tahun 1948, Myanmar menjadi negara merdeka yang menganut sistem demokrasi parlementer. Perdana menteri pertama bernama U Nu. Tahun 1958, pihak militer yang dipimpin oleh jenderal U Ne Win menjatuhkan U Nu. Mereka mengambil alih kekuasaan negara. Sejak saat itu Myanmar menganut sistem satu partai politik dan meninggalkan sistem demokrasi parlementer.
Philipina
Kepala Negara Rodrigo Roa DuterteJumlah Penduduk 107.668.231 jiwa (2014)
Ibu Kota ManilaHari Kemerdekaan 12 Juni 1898
Bahasa Filipino (Tagalog), Inggris, SpanyolLagu Nasional Lupang Hinirang
Mata Uang Peso (PHP)Semboyan "Maka-Diyos, Maka-Tao, Makakalikasan at Makabansa"
Luas Wilayah 343.448 km²Kode Telepon +63
Nama Filipina berasal dari Philip II, raja Spanyol di abad 16 saat Filipina dikuasai Spanyol. Pada tahun 1898, Spanyol menyerahkan kekuasaan atas Filipina ke Amerika Serikat setalah perang Spanyol-Amerika. Di tahun 1935, Filipina sudah memiliki pemerintahan sendiri, namun kemerdekaan mereka tertunda oleh perang dunia II dan serangan dari tentara Jepang, hingga akhirnya tentara Amerika Serikat berhasil membebaskan Filipina pada tahun 1944-1945. Negara Republik Filipina diproklamasikan pada tanggal 4 Juli 1946 yang dikenal sebagai Hari Republik.
Singapura
Kepala Negara Presiden Halimah YacobJumlah Penduduk 5.567.301 jiwa (2014)
Ibu Kota SingapuraHari Kemerdekaan 9 Agustus 1965
Bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, dan TamilLagu Nasional Majulah Singapura
Mata Uang Dolar Singapura (SGD)Semboyan Majulah Singapura
Luas Wilayah 716 km²Kode Telepon +65
Singapura adalah wilayah terkecil di wilayah Asia Tenggara. Jumlah penduduknya paling sedikit. Namun, Singapura dapat menjadi negara yang paling maju. Hal ini tidak lepas dari peran Lee Kuan Yew, pendiri dan perdana menteri pertama Singapura. Ia memegang jabatan perdana menteri selama tujuh periode berturut-turut. Selama masa kepemimpinannya, Lee Kuan Yew melakukan banyak perubahan. Ia dapat membangkitkan semangat bekerja warga Singapura untuk mewujudkan Singapura maju. Singapura tidak saja maju di antara negara-negara di wilayahnya, namun juga di antara negara-negara di dunia. Sampai hari-hari terakhirnya di tahun 2015, Lee Kuan Yew terus berbakti menyumbangkan pemikirannya kepada Singapura.
Thailand
Kepala Negara Maha Vajira LongkoinJumlah Penduduk 67.741.401 jiwa (2014)
Ibu Kota BangkokHari Kemerdekaan Tidak pernah dijajah
Bahasa ThaiLagu Nasional Phleng Chat Thai
Mata Uang Baht (THB)Semboyan Chat, Satsana, Phra Maha Kasat
Luas Wilayah 513.120 km²Kode Telepon +66
Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Dahulu dikenal sebagai “Siam”. Thailand sendiri memiliki arti “Tanah Kebebasan”. Sejak 1932, Thailand menganut sistem monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang raja. Raja kemudian memilih perdana menteri dari anggota dewan perwakilan. Thailand mulai dihuni oleh manusia diperkirakan pada 2000 tahun sebelum Masehi. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya situs arkeologi di Ben Chiang.
Vietnam
Kepala Negara Presiden Tran Dai QuangJumlah Penduduk 93.421.835 jiwa (2014)
Ibu Kota HanoiHari Kemerdekaan 2 September 1945
Bahasa VietnamLagu Nasional Tien quan ca
Mata Uang Dong (VND)Semboyan "Kemerdekaan, Kebebasan, Kebahagiaan"
Luas Wilayah 331.210 km²Kode Telepon +84
Vietnam merupakan sebuah negara sosialis yang dipimpin oleh Partai Komunis Vietnam. Presiden merupakan kepala negara yang sekaligus menjadi pemimpin militer. Perdana menteri dipilih untuk menjalankan pemerintahan. Penduduk awal Vietnam berasal dari lembah Sungai Merah sekitar 5000 tahun yang lalu. Mereka bertahan sampai sekitar 207 SM. Mereka ditaklukkan oleh seorang pemimpin Cina yang membentuk kerajaan bernama Nam Viet.

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah memilih dua negara ASEAN dan membandingkannya dalam hal kegiatan ekonomi. Setelah kamu membaca informasi di atas, isilah diagram Vennmu untuk membandingkan dua negara ASEAN tersebut terkait kehidupan politiknya.
Indonesia VS Thailand

Perbedaan :
  1. Indonesia berbentuk Republik sedangkan Thailand berbentuk kerajaan
  2. Indonesia kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang presiden, sedangkan thailand dipegang Raja dan Perdana Menteri
  3. Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, Belanda dan Jepang, sementara Thailand tidak pernah secara resmi dijajah negara manapun.
  4. Indonesia adalah negara kepulauan, sementara Thailand hanya terdiri atas daratan.
  5. Semboyan Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ikka sedangkan Thailand adalah Bangsa, Agama, Raja

Persamaan
  1. Keduanya merupakan negara pendiri ASEAN
  2. Kedua negara terletak di kawasan Asia Tenggara.
  3. Kedua negara berbatasan dengan Malaysia. 
  4. Pemilu di kedua negara bertujuan untuk memilih wakil rakyat
  5. Kedua negara ini sama-sama menerapkan sistem desentralisasi, dimana kekuasaan yang berdaulat berada ditangan rakyat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.