Home » » Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Kamu sudah belajar tentang hewan selama satu minggu. Kawasan Asia Tenggara merupakan wilayah yang luas perairannya lebih besar dibandingkan dengan luas daratan. Keputusan-keputusan terkait permasalahan kelautan banyak dibahas oleh sebagian besar negara-negara ASEAN.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda-berbeda, namun pada dasarnya semua berbentuk Republik, kecuali Thailand, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Brunei Darussalam yang berbentuk Kerajaan. Menarik bukan? 

Ayo Berdiskusi
Cermati beberapa sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila berikut ini! Buatlah hubungan dengan menggunakan tanda panah yang menghubungkan antara sikap dengan sila Pancasila yang sesuai.
Pengamalan Pancasila

Bacalah cerita berikut dengan saksama. 
Lina memiliki seekor kucing. Ia sangat menyayanginya. Kucing Lina senang bermain. Terkadang Lina mengajaknya bermain di taman atau di halaman rumah. Kalau Lina sedang bersekolah atau sedang berpergian, kucing Lina bermain sendiri. Memanjat atap rumah, berguling, atau bermain dengan bola adalah hal yang disukainya. 

Pagi ini Lina sangat sedih. Kucingnya terjatuh dari atap rumah. Saat Lina mendekati kucingnya, Lina melihat kaki kiri kucing terluka. Lina panik. 

Tetangga Lina adalah seorang dokter hewan. Lina membawa kucingnya ke sana. Dokter hewan sangat teliti mengobati kucing Lina. Ia memasang perban untuk menutupi luka kucing. Setelah diobati, Lina membawa kucingnya pulang. Ia senang karena kucingnya sudah bisa berjalan kembali.

Tulislah pendapatmu tentang sikap Lina terkait penerapan sila Pancasila. Jelaskan!
Lina telah mengamalkan sila kedua Pancasila yaitu sila kedua. Hal ini karena Lina telah menunjukkan kasih sayang serta empatinya kepada kucing, hewan peliharaannya. 
Apa yang akan kamu lakukan apabila menjadi Lina terkait penerapan sila Pancasila?
Jika saya menjadi Lina maka saya akan melakukan hal yang sama yaitu menyayangi hewan pliharaan. Karena menyayangi hewan peliharaan merupakan salah satu bentuk pengamalan sila Pancasila

Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu telah membuat patung Nusantara dari tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin buatanmu. Sekarang kamu akan memberi motif dan warna pada patung tersebut agar terlihat menarik. Siapkan peralatan dan bahan yang kamu perlukan berikut ini.

Bahan: 
1. Cat akrilik atau cat minyak, berbagai warna sesuai selera 
2. Koran bekas untuk alas bekerja 
3. Air untuk campuran 
4. Patung Nusantara yang telah kering 

Peralatan:
1. Kuas (besar kuas tergantung kebutuhan) 
2. Palet atau wadah lain untuk mencampur cat 

Langkah Pewarnaan:
1. Campurkan warna cat yang kamu pilih dengan air, secukupnya. 
2. Aduk dalam palet atau wadah lain. 
3. Pastikan patung nusantaramu sudah kering sempurna. 
4. Warnai patungmu sesuai selera.

Ayo Berlatih
Limbah yang disebabkan oleh kulit/ cangkang telur ayam semakin hari semakin banyak. Apabila dibiarkan terus menerus akan memengaruhi lingkungan. Untunglah ada pengusaha pengguna cangkang telur. Para pengusaha memanfaatkan kulit telur untuk menghasilkan produk kerajinan.

Dayu dan Siti membeli 3 kotak kerajinan dari cangkang telur ayam. Setiap kotak berisi 9 kerajinan berwarna merah dan 9 berwarna hijau. Berapa jumlah kerajinan telur yang dibawa pulang oleh Dayu dan Siti?

Tulislah operasi hitung dari soal di atas.
Diketahui
Terdapat 3 kotak kerajinan, masing-masing berisi
9 kerajinan berwarna merah
9 kerajinan berwarna hijau

Ditanyakan
Jumlah kerajinan telur yang dibawa pulang oleh Dayu dan Siti = … ?  

Jawab
karena terdapat 3 kotak yang masing-masing berisi 9 kerajian berwarna merah dan 9 kerajinan berwarna putih, maka banyak kerajinan telur yang dibawa pulang Dayu dan Siti adalah
= 3 × (9 merah + 9 hijau)
= 3 × (9 + 9)
= 3 × 18
= 54

Jadi jumlah kerajinan yang dibawa pulang dayu dan siti ada 54 buah

Sebagai pengusaha kerajinan cangkang telur, Pak Seno rajin membeli cangkang dari penduduk. Hari ini Ia membeli dua karung besar cangkang telur seharga Rp250.000,00 dan satu karung sedang seharga Rp150.000,00. Berapa uang kembali yang diterimanya apabila ia membayar dengan uang sebesar Rp700.000,00?

Diketahui : 
2 karung besar cangkang telur @ Rp250.000,00
1 karung sedang = Rp150.000,00

Ditanyakan : kembalian jika ia membayar Rp700.000,00
Jawab : 
Karena ada 2 karung dengan harga Rp250.000,00 dan 1 karung seharga Rp150.000,00 maka uang kembalian Pak Seno adalah :
Rp700.000,00 - ((2 x Rp250.000,00) + Rp150.000,00)
= Rp700.000,00 - (Rp500.000,00 + Rp150.000,00)
= Rp700.000,00 - Rp650.000,00
= Rp50.000,00

Jadi uang kembalian Pak Seno adalah Rp50.000.00
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:46 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.