Home » » Pembelajaran 2 Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Pembelajaran 2 Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Ayo Membaca
Siti Demam

Siti kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas. Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis.

Siti masih merasa demam saat bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. Sebagai warga negara, kita berhak mendapat fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas.

Dokter lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan.
Siti Demam
Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.

Amati kembali teks ‘Siti Demam’! Temukan kewajiban dan hak pada teks! Sampaikan hasil temuanmu di depan kelas!

Ayo Berdiskusi
Dapatkah kamu menemukan kewajiban dan hak lain? Diskusikan dengan teman-temanmu! Tuliskan hasil diskusimu pada selembar kertas! Pajanglah hasil diskusimu pada papan pajangan kelas!
KewajibanHak
  1. Siti wajib menjaga kesehatan.
  2. Siti wajib mematuhi nasehat kedua orangtuanya.
  3. Siti harus banyak minum air putih hangat, memilih jajanan yang sehat, dan rajin mencuci tangan.
  4. Siti harus berterima kasih kepada dokter
  1. Siti berhak mendapatkan fasilitas tempat berobat.
  2. Siti dikompress dan diselimuti saat sakit.
  3. Siti dirawat dokter dan perawat yang bertugas.
  4. Siti diberi obat dan vitamin
  5. Mereka senang berobat di Puskesmas

Ayo Menulis
Amati kembali teks “Siti Demam”! Tuliskan kalimat-kalimat yang menunjukkan masalah! Tuliskan juga cara mengatasinya!
Masalah dan Cara Mengatasinya
MasalahCara Mengatasi
Siti demam dan badanya panas
  1. Ibu mengompres Siti dengan air hangat.
  2. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis.
Siti masih merasa demam saat bangun tidur.
  1. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas.
  2. Dokter memberi Siti obat dan vitamin.
  3. Siti harus menjaga kesehatan.

Ayo Mencoba

Sebagai warga negara yang baik kita wajib menjaga kesehatan kita. Jika warga sehat, negara akan berkembang dengan baik. Bagaimana jika sebaliknya?

Siswa dianjurkan agar memilih jajanan yang sehat. Apa yang dimaksud dengan jajanan sehat? Apa saja contoh jajanan sehat? Mengapa kita harus memilih jajanan sehat? Apa manfaatnya untuk kesehatanmu?
Jajanan Sehat

Carilah jawaban pertanyaan di atas! Jadilah wartawan! Carilah teman untuk kamu wawancarai! Catat hasil wawancaramu pada tempat tersedia!

Hidup sehat adalah salah satu hak sekaligus kewajiban sebagai warga negara. Setiap warga negara harus menjaga kesehatannya. Seorang siswa juga berkewajiban menjaga kesehatannya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan memilih jajanan yang baik untuk kesehatan mereka.

Siswa bermain peran. ada yang berperan menjadi wartawan yang bertugas bertanya, dan ada yang berperan sebagai nara sumber yang bertugas menjawab pertanyaan. Siswa bekerja secara berpasangan.

Mereka akan memainkan peran secara bergantian. Siswa yang berperan menjadi wartawan harus
mencatat semua jawaban nara sumber. Jawaban dari kedua siswa dalam tim tersebut dijadikan satu dan dijadikan bahan membuat kesimpulan hasil wawancara.

Hasil Wawancara :
Pembukaan :
Jalanan adalah makanan atau minuman siap santap yang dijual oleh penjaja jalanan, pedagang asongan, atau warung.(1) Jajanan biasanya dijual di tempat umum misalnya di sekolah-sekolah.(2)

Apa yang dimaksud jajanan sehat?
Jajanan sehat adalah jajanan memiliki komposisi gizi yang baik dan berimbang.(3) Selain itu jajanan sehat juga harus bersih, tidak mengandung bahan pengawet, pewarna buatan dan bahan tambahan.(4)

Apa saja contoh jajanan sehat.
Jenis jajanan anak bermacam-macam.(5) Beberapa contoh jajanan sehat yang ada di sekolah diantaranya adalah : kue cubit, pizza mini, dan martabak mini.(6)

Mengapa kita harus memilih jajanan sehat?
Semua jajanan di sekolah terlihat enak! (7) Namun tidak semua jajanan yang terlihat enak itu baik untuk tubuh kita. (8) Kita harus pintar memilih jajanan, agar badan selalu sehat. (9) Kalau salah makan, bisa-bisa terkena penyakit.(10)

Beberapa manfaat memilih jajanan sehat antara lain sebagai berikut;(11) Pertama mengetahui mana makanan sehat yang harus dipilih dan mana makanan yang harus dihindari.(12)  Kedua memiliki kebiasaan makan yang baik dan sehat . (1$) Ketiga terhindar dari penyakit akibat jananan tidak sehat.(15).

Penutup :
Jajanan sehat adalah jajanan yang aman, bermutu dan bergizi serta memastikan bahwa tidak ada unsur pangan yang tidak aman dan berbahaya. (16) Dengan membeli jajanan sehat maka tubuh kita akan sehat.(17)

Ayo Bercerita
Bagaimana perasaanmu saat mewawancarai teman? Bagaimana perasaanmu ketika diwawancarai teman? Apa pendapat temanmu tentang manfaat memilih jajanan sehat? Ceritakanlah hasil wawancaramu di depan kelas!

Sebaiknya saat menyampaikan cerita siswa :
  1. Ada kontak mata, lancar, menarik perhatian pendengar, suara terdengar seluruh kelas
  2. Menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata terucap dengan benar, intonasi sesuai kalimat
  3. Ada pembukaan, menyebutkan pengertian, contoh, dan alasan memilih jajanan sehat, serta ada penutup
  4. Jumlah kalimat cerita di atas 15 kalimat
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:51 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.