Home » » Pembelajaran 1 Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Pembelajaran 1 Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia. Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara.

Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat.

Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.

Ayo Membaca
Lingkungan Hijau

Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar.

Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang.

Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu berdiskusi dengan teman-temannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.

Garis bawahi masalah yang ada pada teks dengan rapi! Garis bawahi kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah!
Lingkungan Hijau
Ayo Menulis
Apakah kita berhak mendapatkan lingkungan sejuk? Apa yang menjadi masalah di lingkungan tempat tinggalmu? Bagaimana cara menyelesaikannya? Diskusikan dengan kelompokmu! Tulislah hasil diskusimu pada tempat tersedia!

Semua warga negara berhak atas lingkungan yang sehat dan sejuk. Lingkungan yang sehat dan sejuk akan membuat lingkungan lebih nyaman untuk ditempati. Namun saat ini banyak pohon ditebang sehingga lingkungan menjadi gersang.

Lingkungan menjadi gersang karena banyak penebangan pohon. Pohon ditebang untuk diambil kayunya. Sayangnya mereka tidak mengganti tanaman yang ditebang sehingga lingkungan menjadi gersang.

Lahan yang gersang dapat diperbaiki dengan cara menanam pohon bersama, membuat program setiap siswa memiliki sekurang-kurangnya satu pohon di rumah/sekolah, memelihara pohon yang ada, tidak menebang pohon tanpa alasan kuat.

Ayo Mencoba
Dayu menggunakan buku untuk menutupi kepalanya. Ia ingin memakai topi yang sederhana dan murah. Bantulah Dayu membuat topi! Gunakan kertas koran bekas! Perhatikan urutannya!
  1. Ambil selembar kertas koran/karton.
  2. Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah.
  3. Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga.
  4. Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.
  5. Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan.
  6. Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!

Berikut video cara membuat topi dari kertas/karton

Ayo Berkreasi
Buatlah topi menggunakan kertas koran bekas! Buatlah sesuai ukuran kepalamu! Usahakan rapi dan dapat dipakai!

Ayo Berlatih
Setiap orang wajib menjaga lingkungannya agar nyaman. Salah satu cara agar lingkungan nyaman adalah dengan menanam pohon. Lingkungan di tempat tinggal Dayu akan ditanami pohon. Pohon yang akan ditanam adalah pohon angsana. Hari ini, kecamatan akan membagikan bibit pohon angsana. Kecamatan akan membagikannya ke seluruh kelurahan. Di kecamatan tempat tinggal Dayu ada 10 kelurahan.

Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan?

Banyaknya kelurahan : 10
Banyaknya bibit : ?
Jatah untuk 1 kelurahan : ?

Langkah penyelesaian :
  1. Tentukan banyaknya bibit. Banyaknya bibit diwakili oleh bilangan yang harus habis dibagi 10.
  2. Tentukan jatah pohon setiap kelurahan (banyaknya bibit dibagi dengan banyaknya kelurahan)
Banyak Bibit
Jatah Pohon
Banyak Kelurahan
800:80=10
Kemungkinan lain:
Banyak Bibit
Jatah Pohon
Banyak Kelurahan
1.000:100=10

Ayo Mencoba
Cobalah membuat cerita seperti cerita Dayu dan bibit pohon angsananya! Tentukan banyak kelurahan! Tentukan banyak bibit pohon yang ada di kecamatan! Tentukan jatah setiap kelurahan!

Hari ini, Pemerintah kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima akan membagikan 900 bibit pohon mahoni. Pemerintah Kecamatan Ambalawi akan membagikannya ke seluruh desa. Di kecamatan Ambalawi tempat tinggalku ada 6 desa yaitu Kole, Mawu, Nipa, Rite, Talapiti, dan Tolowata

Banyaknya desa : 6
Banyaknya bibit : 900
Jatah untuk 1 kelurahan : ?
Banyak Bibit
Jatah Pohon
Banyak Desa
900:150=6
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:27 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.