Home » » Pembelajaran 6 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga

Pembelajaran 6 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga

Ayo Membaca
Wabah Demam Berdarah
Ayah Dayu terserang demam berdarah. Tubuhnya demam tinggi dan menggigil kedinginan. Kepalanya terasa berat. Perutnya mual dan ingin muntah. Ada bintik-bintik merah di kulitnya. Tetangga Dayu pun segera membawanya ke rumah sakit.

Demam berdarah penyakit berbahaya dan mudah menular. Nyamuk demam berdarah adalah penyebar penyakit demam berdarah.

Seluruh warga membersihkan lingkungan. Mereka membersihkan lingkungan untuk memberantas sarang nyamuk demam berdarah. Seluruh warga bekerja dengan bergotong-royong. Mereka melakukan 3 M yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur. Mereka juga melakukan pengasapan.
Gerakan 3 M
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Apa masalah yang ada pada teks? Ayah Dayu terserang demam berdarah..
  2. Apa yang dilakukan warga untuk mengatasinya? Seluruh warga membersihkan lingkungan.
  3. Apa yang dimaksud dengan menguras? Menguras adalah mengeluarkan air dari wadahnya. Misalnya menguras bak mandi.
  4. Apa yang dimaksud dengan menutup? Menutup artinya menjadikan suatu wadah menjadi tidak terbuka. Misalnya menutup segala tempat yang bisa menampung air.
  5. Apa yang dimaksud dengan mengubur? Mengubur adalah memasukan ke dalam lubang tanah kemudian menutupnya kembali.

Ayo Bercerita
Amati kembali teks Wabah Demam Berdarah! Bekerjalah dengan teman di sebelahmu! Garis bawahi kalimat yang menunjukkan kewajiban! Jika kamu memenuhi kewajiban, hak apa yang kamu dapatkan? Sampaikan temuanmu di depan kelas!

Kalimat yang menunjukkan kewajiban adalah :
  1. Seluruh warga membersihkan lingkungan. 
  2. Mereka membersihkan lingkungan untuk memberantas sarang nyamuk demam berdarah. 
  3. Seluruh warga bekerja dengan bergotong-royong. 
  4. Mereka melakukan 3 M yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur. 
  5. Mereka juga melakukan pengasapan.

Jika kita memenuhi kewajiban tersebut di atas tentunya akan memperoleh lingkungan yang sehat sehingga terhindar dari penyakit demam berdarah.

Ayo Berdiskusi
Dalam bertetangga kita wajib tolong-menolong. Semua orang harus membantu orang lain yang kesulitan. Ketika Ayah Dayu sakit demam berdarah, tetangganya yang membawanya ke rumah sakit.
Rumah Sakit
Lani dan Udin segera ke rumah sakit untuk menemani Dayu. Di sana mereka melihat Dayu sedang duduk sendirian dengan muka sedih. Dayu merasa sedih karena ayahnya sakit. Ia juga memikirkan pesanan bibit bunga sedap malam. Ia dan ibunya seharusnya menyiapkan pesanan itu.

Apa yang sebaiknya Lani lakukan? Apa yang akan Lani sampaikan kepada Dayu? Lakukan hal-hal berikut:
  1. Bekerjalah dalam kelompok.
  2. Buatlah perkiraan rencana yang akan Lani lakukan.(Lani akan menghibur Dayu yang sedang sedih karena ayahnya sakit demam berdarah)
  3. Persiapkan kalimat yang ingin disampaikan.
  4. Gunakan kalimat penyelesaian masalah. Dayu harus bersabar menghadapi cobaan yang sedang dialami. Dayu tidak perlu mengkhawatirkan kondisi ayahnya karena sudah ditangani oleh oleh dokter rumah sakit. Teman-teman siap membantu Dayu menyiapkan pesanan bunga sedap malam.
  5. Peragakan bersama teman-temanmu.

Ayo Berlatih
Hari ini Dayu harus menyiapkan pesanan bibit bunga sedap malam. Lani membantu Dayu menyiapkan semuanya. Lani senang dapat membantu Dayu. Lani pun senang dapat membuat Dayu bergembira lagi.

Ada 800 buah bibit sedap malam yang harus dikirim. Ibu Dayu sudah menyiapkan beberapa kotak kardus. Setiap kardus harus berisi bunga sedap malam yang sama banyak.

Berapa kardus yang dibutuhkan? Berapa banyak bibit dalam setiap kardus? Buatlah 2 kemungkinan jumlah kardus yang dibutuhkan dan banyaknya bibit dalam setiap kardus!
800 = 2 x 400
800 = 4 x 200

Ayo Mencoba
Dapatkah kamu menggunakan permasalahan di atas dengan jumlah bibit yang berbeda? Tentukan banyak bibit yang harus dikirim! Tentukan banyak kardus yang digunakan! Tentukan banyak bibit dalam setiap kardus!
11.000=2x500
21.000=4x250
31.000=5x200
41.000=8x125
51.000=10x100
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:29 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.