Home » » Pembelajaran 6 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah

Pembelajaran 6 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah

Ayo Membaca
Rumahku Bersih dan Nyaman

Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan.

Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit. Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.
Rumah Bersih
Simaklah masalah-masalah berikut ini! Sampaikan saranmu di depan kelas! Lakukan secara berkelompok!
  1. Lani ingin lantai rumahnya selalu bersih. Saat pulang sekolah ia melihat lantai rumahnya kotor. Saran apa yang dapat kamu berikan kepada Lani? Sebaiknya siti langsung mengepel lantai ketika melihat lantai rumahnya kotor.
  2. Edo ingin rumahnya rapi. Bibi selalu merapikan rumah Edo. Sudah satu minggu bibi pulang kampung. Rumah Edo tampak berantakan. Apa saranmu untuk Edo? Saat bibi pulang kampung sebaiknya Edo merapikan rumahnya sendiri.
  3. Dayu ingin kamarnya rapi. Ia tidak bisa merapikan kamarnya sendiri. Apa yang seharusnya Dayu lakukan? Dayu sebaiknya berlatih merapikan kamarnya sendiri jika ingin kamarnya rapi..
  4. Ibu Beni ingin meja makan di rumahnya bersih. Beni hampir selalu meninggalkan sisa makanan di meja. Apa yang seharusnya Beni lakukan? Edo sebaiknya tidak menyisakan makanan di meja jika ingin meja makan di rumahnya bersih.
  5. Siti ingin rumah yang menyenangkan. Ia sedang bersedih. Ayah dan ibu Siti sedang menengok nenek di kampung. Bagaimana seharusnya Siti bersikap? Siti sebaiknya jangan bersedih jika ingin rumahnya menyenangkan meskipun ayah dan ibunya sedang tidak berada di rumah.

Ayo Menulis
Bagaimana saran teman-temanmu? Bagus bukan? Apakah kamu masih ingat saran-saran temanmu?Tuliskan satu saran pada tempat yang tersedia! Jelaskan maksud saran tersebut!

Saran : Sebaikya merapikan kamar setelah bangun tidur

Maksudnya : Saat kita bangun tidur sebaiknya kamar dibereskan kembali. Misalnya saja selimut kembali dilipat, sprei ditata kembali sehingga kamar terlihat rapi.

Ayo Berlatih
Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah.
Bermain
Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin? Tuliskan jawabanmu di tempat yang tersedia! Buatlah lima kemungkinan!
  1. 400 + 200 = 600
  2. 450 + 150 = 600
  3. 300 + 300 = 600
  4. 420 + 180 = 600
  5. 350 + 250 = 600

Ayo Mencoba
Andai banyaknya kelereng tidak 600, tentukan bilangan lainnya! Lalu buatlah perhitungannya!
  1. 430 + 170 = 600
  2. 250 + 350 = 600
  3. 310 + 290 = 600
  4. 220 + 380 = 600
  5. 280 + 320 = 600

Ayo Berdiskusi
Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi. Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara? Diskusikan dengan temanmu, kemudian tulislah hasil diskusimu!

Kewajiban Udin dan Mutiara
  1. Merapikan buku-buku yang telah digunakan untuk belajar.
  2. Membersihkan dan merapikan tempat tidur saat bangun tidur.
  3. Merapikan kembali mainan setelah digunakan.
  4. Menyapu ruangan yang kotor.
  5. Menyingkirkan benda-benda yang sudah tidak berfungsi atau tidak diperlukan lagi.
  6. Meletakan barang-barang pada tempatnya.
  7. Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
  8. Bersih dari sampah sebelum tidur
  9. Merapikan ruangan langsung setelah digunakan
  10. Mencuci alat makan yang telah digunakan

Hak Udin dan Mutiara
  1. Memperoleh tempat tinggal yang layak.
  2. Merasa aman dan terlindung dari bencana alam.
  3. Dapat beraktifitas dengan nyaman.
  4. Dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
  5. Mendapatkan tempat bermain yang sesuai.
  6. Dapat beristirahat dengan baik.
  7. Mendapatkan rumah yang bersih dan sehat.
  8. Terlindung dari terik matahari, cuaca dan lain sebagainya.
  9. Mendapatkan tempat belajar yang baik.
  10. Mendapatkan tempat tidur yang baik.

Ayo Bercerita
Kamu sudah mengetahui kewajiban dan hak berkaitan dengan rumah. Apakah kamu sudah melaksanakannya di rumahmu? Kamu tentu pernah melaksanakan kewajiban dan hak berkaitan dengan rumah. Ceritakan di depan kelas!
Aku tinggal di rumah bersama kedua orang tua dan saudara-saudaraku. Beberapa kegiatan yang saya lakukan di rumah diantaranya adalah : merapikan tempat tidur setelah bangun tidur. Saya juga mencuci alat-alat makan setelah digunakan. Setaip hari minggu aku dan keluargaku membersihkan rumah bersama-sama.

Rumahku yang bersih membuat aku dapat bermain, belajar dan beristirahat dengan baik. Dengan istirahat yang cukup dan makanan bergizi yang diberikan kedua orang tuaku aku dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:44 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.