Home » » Pembelajaran 1 Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Pembelajaran 1 Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Ayo Membaca
Rahasia Anak Pintar
Setiap anak di kelasmu pintar dan baik hati. Ada anak yang pintar olahraga atau menari. Ada juga yang pintar matematika atau bahasa. Ada yang pintar menyanyi atau berteman dengan semua orang.

Apakah kamu dapat pintar tanpa berusaha? Semua anak ingin pintar, tetapi belum tahu caranya. Jika ingin pintar, inilah rahasianya. Dengarkan saat guru menjelaskan. Kerjakan tugas-tugas tepat waktu. Banyaklah membaca dan berlatih. Jangan mudah menyerah. Bertanyalah kepada gurumu. Atur juga waktu belajarmu dengan baik. Selain itu, bertemanlah dengan banyak orang.

Amati teks “Rahasia Anak Pintar”! Garis bawahi kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah! Sebutkanlah!
Anak Pintar
Beberapa kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah antara lain sebagai berikut :
  1. Dengarkan saat guru menjelaskan. 
  2. Kerjakan tugas-tugas tepat waktu. 
  3. Banyaklah membaca dan berlatih. 
  4. Jangan mudah menyerah. 
  5. Bertanyalah kepada gurumu. 
  6. Atur juga waktu belajarmu dengan baik. 
  7. Bertemanlah dengan banyak orang.

Ayo Mencoba
Bisakah kamu memberi saran agar temanmu memperoleh haknya? Bacalah pernyataan berikut! Tuliskan saran-saranmu!
  1. Udin ingin pandai tentang alam sekitar. Ia tidak memiliki banyak buku.  Sebaiknya Udin sering mengunjungi perpustakaan, sebab di sana terdapat banyak buku pengetahuan dan dapat dipinjam.
  2. Lani ingin mengikuti lomba bulu tangkis. Raketnya rusak. Sebaiknya Lani membeli raket baru atau jika tidak mampu, sebaiknya Lani meminjam pada temannya yang memiliki raket.
  3. Dayu mendapat kesempatan menari di depan tamu. Guru menari Dayu sedang sakit. Sebaiknya Dayu berlatih menari sendiri atau meminta bantuan Guru lain untuk mengajari menari. 
  4. Siti bertugas membaca puisi saat upacara Sumpah Pemuda. Ia belum tahu cara membaca puisi yang baik. Sebaiknya Siti mulai berlatih membaca puisi yang baik. Siti dapat berlatih secara langsung, maupun melihat video orang yang membaca puisi.
  5. Edo ingin berhasil dalam belajar. Edo selalu sibuk dengan bermain. Sebaiknya Edo mengurangi waktu bermain dan lebih mementingkan belajar daripada bermain.

Ayo Berlatih
Beni membantu Ibu Guru merapikan lemari kelas. Ia melihat persediaan kertas kelas yang tinggal sedikit. Semula tersedia 500 lembar kertas. Sisa kertas hanya 40 lembar. Waktu belajar masih tiga bulan. Mereka membutuhkan kertas untuk beberapa kegiatan kelas. Beni berpendapat mereka wajib menghemat kertas. Haruskah ibu guru membeli kertas baru? Apa saranmu?

Saranmu :
Sebaiknya Bu Guru tidak perlu membeli kertas baru karena untuk kegiatan kelas bisa menggunakan kertas bekas.

Bantulah Beni menentukan banyak kertas di awal dan yang terpakai. Perhatikan contoh berikut
kertas tersediakertas terpakaikertas tersisa
50046040

Buatlah lima kemungkinan lain! Tentukan banyak kertas di awal! Tentukan banyak kertas terpakai!
1.600-560=40
2.500-460=40
3.400-360=40
4.550-510=40
5.650-610=40

Ayo Mencoba
Buatlah satu kemungkinan permasalahan lain! Tentukan banyaknya kertas tersisa! Lalu buat perkiraan kertas tersedia di awal dan kertas terpakai!

Udin membeli 2 rim kertas. setelah ia gunakan untuk membuat tugas sekolah, kertas yang tersisa adalah 120 lembar. berapa lembar kertas yang ia gunakan untuk membuat tugas sekolah? Buatlah lima kemungkinan lain! Tentukan banyak kertas di awal! Tentukan banyak kertas terpakai!
1.1.000-880=120
2.800-680=120
3.900-780=120
4.850-730=120
5.950-830=120
Kamu berhak mendapatkan kertas. Kamu memiliki kewajiban untuk berhemat.

Ayo Menari
Setiap siswa wajib aktif di sekolah. Dayu berlatih menari di sekolah secara rutin. Lani dan teman-temannya sangat senang melihat Dayu menari. Mereka juga ingin pandai menari. Mereka harus rajin berlatih. Mereka berlatih menari dengan gerakan kaki dasar. Kamu bisa berlatih seperti Lani
dan teman-temannya. Amati gambar berikut! Cobalah lakukan!

Latihan Gerakan Kaki
Latihan Gerakan Kaki
  1. Tegak berdiri, lalu berputar ke kanan dengan berjalan perlahan 8 hitungan
  2. Meloncat ke kiri 2 kali, lalu berputar ke kiri 4 hitungan Meloncat ke kanan 2 kali, lalu berputar ke kanan 4 hitungan. Ulangi gerakan sampai 4 hitungan
  3. Melompat ke kiri 2 kali, lalu berputar ke kiri 4 hitungan. Melompat ke kanan 2 kali, lalu berputar ke kanan 4 hitungan. Ulangi gerakan sampai 4 hitungan
  4. Kembali ke gerakan pertama
  5. Kamu dapat menciptakan gerakan kaki sesuai keinginanmu

Ayo Mencoba
Agar pandai menari kamu harus semangat berlatih. Berkreasilah dengan gerakan-gerakan yang Dayu
lakukan! Buatlah gerakan yang dinamis dan energik sehingga menjadi gerakan tari! Peragakan sambil menyanyikan lagu daerahmu!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.