Home » » Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda

Pembelajaran 2 Subtema 2 Wujud Benda

Ayo Membaca
Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!
Ibu Guru:Anak-anak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
Siti:Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?
Ibu Guru:Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.
Udin:Bola basket lebih berat, Bu!
Ibu Guru:Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.
Siti:Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?
Ibu Guru:Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini.
Alat Ukur Berat
Ayo Berlatih
Perhatikan pengukuran massa benda berikut ini! Lingkari pernyataan yang benar!
No.KeteranganGambar
aBalok Y mempunyai massa yang lebih besar dari Balok H.
Balok
bGelas ukur yang berisi air mempunyai massa yang lebih besar dari gelas ukur yang kosong.
Gelas
cBotol B mempunyai massa yang lebih besar dari botol A. Botol B mempunyai berat yang lebih besar dari botol A.
Botol
dBola yang kempes mempunyai massa yang lebih kecil dari bola yang tidak kempes.
Bola
eEnam apel mempunyai massa yang sama dengan satu semangka. Oleh sebab itu, tiga apel mempunyai berat sama dengan satu semangka.
Apel

Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di manamana sama. Namun, berat benda dapat berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di tempat itu. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. Contohnya massa tubuh di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat tubuh di bumi dengan di bulan berbeda. Berat tubuh astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi.

Dalam percakapan sehari-hari dan hitungan matematika, orang sering menyamakan istilah berat dengan massa. Seperti kita sering mendengar orang mengatakan, berapa beratmu? Adapun yang benar, berapa massamu?

Yang diukur pada timbangan adalah massa bukan berat. Namun, karena istilah berat sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan.

Ayo Mengamati
Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu? Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.
Volume Akuarium

Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B. Pelajarilah tentang volume benda! Lakukan percobaan berikut bersama teman dalam kelompokmu!

Alat dan Bahan
  1. Gelas ukur
  2. Benda padat yang dapat dimasukkan ke dalam gelas ukur
  3. Air
  4. Balon (2 buah)

Langkah-Langkah Percobaan
  1. Isilah gelas ukur dengan air. Masukkan benda padat ke dalamnya.
  2. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda padat!
Benda Padat
  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu! Setelah benda padat dimasukan ke dalam gelas ukur volume air bertambah.
  2. Isilah gelas ukur dengan air sebanyak 300 mililiter. Kemudian tambahkan hingga 600 mililiter. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda cair!
Volume Benda Cair
  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah air ditambahkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu! Setelah air ditambahkan ke dalam gelas volume air dalam gelas bertambah.
  2. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda gas!
Volume Benda Gas

  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah udara ditiupkan ke dalam balon? Tuliskan pengamatanmu! Balon mengembang setelah ditiup karena udara mengisi seluruh ruang dalam balon.

Kamu telah melaksanakan percobaan di atas! Coba lengkapi kalimat di bawah ini!
Benda di sekeliling kita terdiri atas benda hidup dan benda tak hidup Benda mempunyai tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Benda mempunyai ciri-ciri, yaitu memiliki masa dan ruang (volume)
Ayo Mengamati
Dayu sedang memperhatikan aneka bola berikut ini! Pernahkah kalian melihat ketiga jenis bola tersebut? Dapatkah kamu menyebutkan ketiga jenis bola tersebut? Manakah bola yang mempunyai massa paling besar? Bagaimana dengan volumenya? Manakah bola yang mempunyai volume paling besar?

Ayo Mencoba
Kamu telah mengamati jenis bola di atas! Ayo, coba memantulkan ketiga jenis bola tersebut ke lantai! Bola manakah yang memantul paling tinggi?

Setelah kamu dapat menentukan bola yang memantul kembali paling tinggi, gunakan bola tersebut untuk berlatih memantul dan menangkap bola.
Memantulkan Bola
  1. Latihan 1. Memantulkan bola kepada teman
  2. Latihan 2. Memantulkan bola ke lantai
  3. Latihan 3. Memantulkan bola sambil berjalan

Ayo Bercerita
Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.

Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan. Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan memapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.

Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter. Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah kamu mempunyai pengalaman menolong teman atau orang lain?

Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!

Ayo Menulis
Kamu telah menyimak cerita temanmu. Cerita tentang pengalaman menolong orang lain. Mengapa kita perlu menolong orang lain? Coba tuliskan alasanmu!
Manusia tidak bis hidup sendirian, manusia membutuhkan manusia yang lainnya. Tolong menolong juga menumbuhkan kerukunan antara sesama manusia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:47 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.