Home » » Pembelajaran 3 Subtema 2 Wujud Benda

Pembelajaran 3 Subtema 2 Wujud Benda

Ayo Mengamati
Benda Padat
Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut digolongkan sebagai benda padat? Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!
1. Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!
2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!

Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya.  Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.

Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat itu disebut juga dengan gaya.

Ayo Mencoba
Kamu telah menuliskan pendapatmu berdasarkan pengamatan. Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat.

Mengetahui Sifat Benda Padat
Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.

A. Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik

B. Langkah-Langkah Percobaan
  1. Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
  2. Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.
No.Nama BendaBentuknya Berubah Sesuai TempatBentuknya Tetap Walaupun Tempatnya BerubahDapat DigenggamTidak Dapat Digenggam
1.Pensilxx
2.Karet Penghapusxx
3.Kerikilxx
4.Kelerangxx
5.Rautan Pensilxx
Kamu telah melakukan percobaan. Hasil percobaanmu telah diperoleh. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda padat? Benda padat mempunyai sifat
  1. Bentuk benda padat tetap/tidak dipengaruhi wadahnya
  2. Benda padat dapat digenggam karena bentuknya padat

Ayo Berlatih
Sebutkan benda yang digunakan untuk mengukur jarak dari rumahmu ke sekolah! Berapakah jarak yang ditempuh dari rumahmu ke sekolah? Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu.

Rumah Dayu berjarak 6 km dari sekolah. Jarak dari sekolah ke pasar 7 km. Berapa jarak yang ditempuh Dayu dari rumah ke pasar?
Rumah Dayu
Jarak yang ditempuh Dayu dari rumah ke pasar adalah 6 km + 7 km = 13 km

Selesaikan soal di bawah ini!
1. Udin dan Beni akan berlomba lari. Jarak yang akan ditempuh 350 m. Lomba pun segera dimulai. Saat Udin telah sampai ke garis akhir, Beni baru menempuh 200 m. Berapa meter sisa jarak yang harus ditempuh Beni sampai ke garis akhir?
350 m - 200 m = 150 m
2. Jarak rumah Edo ke sekolah 2.500 m. Jarak rumah Siti ke sekolah 4.740 m. Berapa meter perbedaan jarak rumah Siti dan Edo dari sekolah?
4.740 m - 2.500 m = 2.240 m
3. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya, ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?
3 km - 2 km = 1 km (1.000 m)
4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik bus. Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus telah menempuh jarak dari Jakarta ke Bandung sejauh 50.000 m. Berapa km sisa jarak yang harus ditempuh bus tersebut?
50.000 m = 50 km
130 km - 50 km = 80 km
5. Bantulah Siti menentukan jarak dari rumah ke sekolah!
Rumah Siti
Jarak rumah Siti ke sekolah 3 kali jarak dari rumah ke pasar. Jarak dari pasar ke rumah 100 m. Berapakah jarak yang harus ditempuh Siti dari rumah ke sekolah?
3 x 100 m = 300 m

Ayo Bernyanyi
Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati ruang (volume). Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.
Barisan Musik
Ciptaan A.T. Mahmud

Dengar suara musik, mengawali pawai
Seruling mengalun dan genderang bertalu
Pemainnya lincah, seragamnya elok
Sambil berbaris memainkan lagu

Suasana pun riang, siapa pun senang
Sorak sorai para penonton terkesan

Bum cas, bum cas, bum bum bum
Bum cas cas, bum cas cas,
bum bum bum bum
Trek tek tek bum bum 2x
Trek bum trek bum cas
bum bum bum
Gerakkanlah kakimu dengan dua jenis gerakan. Gerakan yang lemah lembut dan gerakan yang kuat! Lakukan dengan iringan lagu di atas. Lakukan gerakan kaki yang telah diajarkan sebelumnya!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.