Home » » Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Ciri Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Ciri Ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Makhluk hidup bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam. Makhluk hidup tumbuh. Manusia ketika bayi tubuhnya kecil lalu berangsur-angsur tumbuh menjadi besar.

Makhluk hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia, ibu melahirkan bayi. Ini membuktikan manusia berkembang biak. Memerlukan makanan dan air. Setiap makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Makhluk hidup memiliki ciri peka terhadap rangsangan. Misalnya ketika melihat
sinar matahari, secara spontan kita akan menutup mata.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut!
Ciri Makhluk Hidup
Apakah kamu masih ingat dengan ciri-ciri makhluk hidup? Apa saja ciri-ciri makhluk hidup yang kamu temukan dari gambar tersebut?
No.Ciri-Ciri Makhluk HidupKegiatan Pada Gambar
1.Tumbuhan memerlukan airIbu menyiram tanaman
2.Hewan memerlukan makananAyah dan siti memberi makan ayam
3.Ayam berkembangbiakGambar jerami untuk ayam bertelur dan ada gambar induk ayam beserta anaknya.
4.Manusia berkembangbiakAda keluarga Siti: Ibu, ayah, dan Siti
5.Ayam memerlukan minumanAda tempat minum
6.Ayam bergerakAyam nampak menuju makanan
Ayo Berlatih
Amati kedua gambar berikut ini.
Manusia dan Hewan
Apakah persamaan dari kedua gambar tersebut? Tuliskan hasil pengamatanmu pada tempat yang tersedia!
  1.  Pada gambar tersebut menunjukan manusia dan ayam sama-sama membutuhkan makanan.
  2. Pada gambar juga menunjukkan manusia dan ayam berkembang biak.

Ceritakan juga gambar tersebut berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup yang telah kamu ketahui.
Pada gambar tersebut menunjukkan ciri makhluk hidup membutuhkan makanan ditunjukkan dengan anggota keluarga yang sedang berada di ruang makan dan Induk ayam beserta anaknya sedang mencari makan.

Gambar tersebut juga menunjukkan ciri makhluk hidup berkembangbiak yang ditunjukkan dengan anggota keluarga yang berjumlah empat orang dan induk ayam beserta anaknya.

Ayo Bernyanyi
Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak dan tumbuh. Ayam berasal dari telur yang menetas menjadi anak ayam. Kemudian, anak ayam tumbuh menjadi ayam dewasa. Setelah dewasa, ayam betina menghasilkan telur kembali.

Anak ayam sangat lucu untuk dilihat dan dimainkan. Tetapi, hati-hati induk ayam akan marah jika kita mengganggu anaknya. Kita dapat melihat anak ayam yang lucu sambil menyanyikan lagu tentang anak ayam. Mari bernyanyi lagu anak ayam!
Lagu ANak Ayam
Ayo Mencoba
Masih ingatkah kamu dengan panjang pendek bunyi? Dapatkah kamu memberi tanda panjang dan
pendek bunyi pada lagu tersebut? Apa simpulanmu tentang panjang pendek bunyi pada lagu “Anak Ayam”?
Lagu ANak Ayam

Ayo Berlatih
Tuhan menciptakan makhluk hidup untuk saling memberikan manfaat. Ayam sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Daging dan telur ayam dapat memenuhi kebutuhan manusia. Pengembangbiakan adalah cara untuk menghasilkan daging dan telur ayam dalam jumlah banyak. Untuk itu dibuatlah sebuah peternakan. Peternakan dapat menghasilkan ternak ayam dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang singkat.

Berikut ini adalah contoh daftar jumlah telur yang dihasilkan beberapa peternakan setiap bulan.
No.PeternakanJumlah Telur Yang Dihasilkan
1.Peternakan A3.000 butir
2.Peternakan B1.500 butir
3.Peternakan C3.500 butir
4.Peternakan D2.000 butir
5.Peternakan E2.500 butir
Peternakan siapa yang paling banyak menghasilkan telur per bulan? Peternakan siapa yang paling sedikit menghasilkan telur per bulan?

Urutkan peternakan berdasarkan banyaknya telur yang dihasilkan per bulan. Mulailah dari peternakan dengan hasil telur per bulan paling sedikit.
  1. Peternakan B
  2. Peternakan D
  3. Peternakan E
  4. Peternakan A
  5. Peternakan C

Masih ingatkah kalian dengan cara membaca nama dan lambang bilangan? Pasangkan nama dan lambang bilangan dengan cara menghubungkan titik dengan garis!
Nama Bilangan

Agar lebih mudah membaca bilangan, kamu juga dapat menggunakan aturan nilai tempat.
Nilai Tempat

Makhluk hidup tumbuh. Manusia ketika bayi tubuhnya kecil lalu berangsur-angsur tumbuh menjadi besar. Begitupun hewan dan tumbuhan mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran tubuh.

Makhluk hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia, ibu melahirkan bayi. Ini membuktikan manusia berkembang biak. Berkembang biak artinya menghasilkan keturunan. Hewan pun berkembang biak. Ada hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur. Begitupun tumbuhan juga berkembang biak. Tujuan berkembangbiak adalah melestarikan jenisnya
agar tidak punah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:22 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.