Home » » Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Ciri Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Ciri Ciri Makhluk Hidup

Ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Tumbuh artinya bertambah ukuran baik berat maupun tinggi. Pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh makanan dan juga kebiasaan berolahraga. Olahraga ada bermacam-macam cara. Salah satunya adalah dengan permainan.

Ayo Mencoba
Bermain Kuda-Kudaan
Bermain Kuda-Kudaan merupakan salah satu kegiatan olahraga. Permainan kuda-kudaan dapat membantu memperkuat tangan dan kaki. Permainan ini juga melibatkan gerak yang
merupakan salah satu ciri makhluk hidup.

Carilah temanmu yang memiliki berat badan seimbang. Lalu, tentukan terlebih dahulu yang akan menjadi penunggang dan kuda. Kamu bisa menentukannya dengan cara suit. Anak yang menjadi kuda akan menggendong temannya dari garis start. Saat diberi aba-aba, berjalan atau berlarilah sampai garis finish.
Bermain Kuda Kudaan
Pasangan yang lebih dulu mencapai garis finish adalah pemenangnya. Ulangi kegiatan dengan pergantian peran kuda dan penunggangnya.

Ayo Berdiskusi
Setelah bermain permainan kuda-kudaan lakukan kegiatan pendinginan. Sambil melakukan pendinginan, diskusikan beberapa hal berikut ini dengan temanmu.

1. Mengapa permainan Kuda-Kudaan dapat membantu memperkuat tangan dan kaki!
Saat bermain kuda-kudaan, tangan mengangkat beban, sementara kaki menahan keseimbangan tubuh. Melalui kegiatan bermain kuda-kudaan tangan dan kaki dilatih untuk mengangkat beban. Jika dilakukan secara rutin dan benar, maka kegiatan ini akan membantu memperkuat tangan dan kaki.

2. Apa saja yang harus dilakukan agar dapat memenangkan perlombaan Kuda-Kudaan?
Hal-hal yang perlu dilakukan agar memenangkan perlombaan adalah memiliki badan yang kuat, kerja sama yang baik antara yang menggendong dan yang digendong, dan konsentrasi saat melakukan perlombaan.

Untuk dapat bermain kuda-kudaan dengan baik diperlukan badan yang sehat dan kuat. Tuliskan hal-hal yang akan kamu lakukan untuk menjaga agar tubuhmu tetap sehat dan kuat!
  1. Menjaga asupan makanan
  2. Berolahraga dengan teratur
  3. Tidur secukupnya
  4. Menjaga kesehatan rumah dan lingkungan.

Ayo Bercerita
Ceritakan hasil tulisanmu di depan temantemanmu! Ceritakan pula caramu menjaga kesehatan tubuh sebagai sikap bersyukur atas karunia-Nya!

Menjaga Kesehatan Tubuh
Menjaga pola makan merupakan cara menjaga kesehatan tubuh. Berolahraga juga merupakan cara menjaga kesehatan tubuh. Tuhan sudah menciptakan makhluk dengan bentuk terbaik. Tugas kita adalah memelihara dan menjaganya.
Menjaga Kesehatan
Menjaga kesehatan tubuh merupakan cara bersyukur kepada Tuhan. Apakah kamu sudah termasuk siswa yang suka bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan?

Apakah ukuran tubuhmu bertambah tinggi dari kelas 1 sampai kelas 3 ini? Ya Bagaimana cara kamu mensyukuri proses pertumbuhan ini? Menjaga kesehatan tubuh dengan baik
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:18 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.