Home » » Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 1 Ciri Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 1 Ciri Ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang. Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda.

Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding.

Apakah tumbuhan juga bergerak?
Diskusikan dengan teman-temanmu!
Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun gerakannya sangat terbatas, hanya pada bagian tumbuhan tertentu. Tumbuhan bergerak, tapi tidak berpindah tempat. Tumbuhan
bergerak ke arah cahaya matahari dan akar bergerak ke bawah..

Makhluk hidup dapat bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup berbeda-beda. Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang.

Tumbuhan Bernapas
  1. Siapkan sebuah tanaman pada pot, lalu salah satu dahannya ditutup rapat dengan plastik.
  2. Letakkan pot tersebut di tempat yang terkena sinar matahari.
  3. Setelah itu akan terlihat ada embun pada plastik tersebut.

Carilah informasi pada buku atau diskusikan dengan gurumu! Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?
Tumbuhan bernapas dengan stomata.

Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!
Makhluk hidup bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam. Ikan bernapas dengan insang. Katak bernapas dengan kulit dan paru-paru. Cacing bernapas menggunakan kulitnya. Serangga bernapas dengan trakea.

Makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang. Tumbuh artinya bertambah ukuran tinggi dan beratnya.

Apakah tinggi badanmu bertambah dibandingkan saat kamu masih di kelas 1? Pernahkah kamu mengamati pertumbuhan hewan yang ada di sekitarmu? Ceritakan hasil pengamatanmu!
Perkembangan Makhluk Hidup

Makhluk hidup berkembang biak. Ada yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan. Kucing berkembangbiak dengan cara melahiraka. Anak kucing yang ketika lahir masih kecil akan tumbuh menjadi besar setelah diberi susu dan makanan oleh induknya. Anak kucing tumbuh menjadi kucing dewasa.

Makhluk hidup dapat berkembang biak. Cara berkembang biak makhluk hidup berbedabeda. Ada yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Ayo Berdiskusi
Isilah tabel berikut ini dengan nama hewan. Isilah sesuai kelompok yang tepat!
Nama Hewan Berkembang biak
MelahirkanBertelur
Kuda-
Kucing -
Ikan Mas -
Burung  -
Semut -
Cicak -

Makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk
makanan. Sebagian hewan juga memerlukan tumbuhan untuk makanan.

Proses pengolahan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Bahan untuk membuat makanan adalah air dan karbondioksida. Bahan-bahan diperoleh dari dalam tanah. Pengambilannya diserap tumbuhan melalui akar. Sedangkan karbondioksida diperoleh melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel).

Fotosintesis hanya terjadi pada tumbuhan yang berdaun hijau saja. Hal ini karena daun tersebut memiliki klorofil atau zat hijau daun. Klorofil diperlukan untuk proses pembuatan makanan. Klorofil bertugas mengikat cahaya.

Untuk menjaga tanah agar tetap subur dan dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan. Biasanya ditambahkan pupuk.sehingga jika tanahnya subur, maka tumbuhan dapat berkembang biak dan melakukan fotosintesis dengan baik.

Apakah tumbuhan memerlukan makanan?
Tentu, karena tumbuhan juga termasuk makhluk hidup. karena sudah jelas ciri-ciri makhluk hidup itu memerlukan makanan. dan cara tumbuhan membuat makanan adalah dengan proses fotosintesi

Apa makanan untuk tumbuhan?
Makanan tumbuhan adalah zat makanan yang dihasilkan/diperoleh dari proses fotosintesis.
Peka
Makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kepekaan makhluk hidup terhadap rangsang berbeda-beda.
Jika kita melihat sinar matahari atau sinar yang menyilaukan lainnya, dengan cepat kita akan menutup mata. Daun putri malu akan menutup daunnya jika disentuh. Buah pada pohon pacar cina akan meletus jika disentuh. Landak dan kaki seribu akan menggulung badannya jika disentuh.

Ayo Menulis
Setelah mengamati teks tersebut, coba kamu sebutkan kembali ciri-ciri makhluk hidup!
Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang.

Buatlah kalimat berdasarkan kata-kata berikut!
berkembang biak,  makanan, bernapas, tumbuh, bergerak.
  1. Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan.
  2. Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup.
  3. Kucing bernapas menggunakan paru-paru.
  4. Anak kucing tumbuh menjadi besar setelah menyusu pada induknya.
  5. Ikan bergerak menggunakan siripnya.

Ayo Mencoba
Manusia adalah makhluk hidup yang paling sempurna. Manusia dapat melakukan gerak dengan bermacam-macam cara. Perhatikan gambar berikut ini! Ikuti berbagai gerak berjalan dan berlari seperti gambar!
Gerak
Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 siswa! Ikuti tahapan kegiatan seperti berikut ini.
  1. Buatlah barisan di depan garis awal!
  2. Kegiatan pertama adalah berjalan maju dari garis start menuju garis finish!
  3. Berikutnya siswa berjalan mundur dari garis finish kembali menuju garis start!
  4. Kegiatan kedua adalah berlari maju dari garis start menuju garis finish!
  5. Dilanjutkan dengan berlari mundur dari garis finish menuju garis start!

Kekuatan kaki menjadi faktor utama keberhasilan dalam kegiatan perlombaan kombinasi gerak berjalan dan berlari. Dalam setiap perlombaan selalu ada yang menang dan kalah. Pemenang harus bersyukur dan tidak boleh sombong. Sebaliknya, yang kalah tidak boleh berkecil hati dan harus terus berusaha

Ayo Berlatih
Bersyukur pada Tuhan
Semua makhluk hidup yang ada di dunia adalah ciptaan Tuhan. Keragaman cara bergerak makhluk hidup juga karena kekuasaan Tuhan. Semua itu adalah karunia Tuhan yang harus disyukuri.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu cara mensyukuri karunia Tuhan. Menghargai kemampuan teman yang lain juga merupakan bagian dari sikap syukur kepada Tuhan. Bersyukur kepada Tuhan termasuk pengamalan sila pertama Pancasila.

Sila pertama berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa. Lambang sila pertama adalah bintang. Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Taat terhadap perintah Tuhan dilaksanakan dengan selalu menjalankan perintah Tuhan dengan baik. Selain itu juga harus saling menghargai kepercayaan orang lain.

Bersyukur adalah berterima kasih dengan semua yang diberikan Tuhan. Sikap selalu bersyukur adalah salah satu contoh pengamalan sila pertama Pancasila.

Apa saja hal yang dapat kamu lakukan untuk mensyukuri keragaman makhluk hidup?
Mensyukuri keragaman makhluk hidup salah satunya dengan menjaga kelangsungan hidup atau memelihara kelestariannya. Hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah:
  1. Tidak berburu liar
  2. Memelihara hewan peliharaan agar tetap sehat dan bergerak dengan baik.
  3. Memelihara hewan peliharaan dengan cara memberi makanan agar hewan dapat tetap hidup dan dapat berkembang biak dengan baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.