Home » » Pembelajaran 3 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan

Pembelajaran 3 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan

Ikan merupakan salah satu contoh makhluk hidup. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak
dengan cara berenang menggunakan sirip. Bentuk dan jenis ikan yang beraneka ragam dapat menjadi sumber ide dalam membuat sebuah karya gambar hias bermotif hewan.

Menggambar dekoratif hewan adalah menggambar hewan yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya aslinya. Bentuk dan warna pada gambar dekoratif terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan gambar aslinya masih nampak.

Gambar dekoratif biasanya digunakan untuk motif hias pada benda. Misalnya batik , ukiran kayu atau benda lainnya.
Dekoratif Motif Ikan
Keindahan gambar hias terletak pada warna, garis, dan bentuk motifnya. Gambar di atas adalah contoh gambar dekoratif ikan.

Cobalah hias gambar ikan di bawah ini dengan menggunakan berbagai garis! Kamu boleh menghias gambar ikan sesuai imajinasimu.
Gambar Ikan
Ayo Menulis
Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali waktu. Telur menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian, ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan mengalami pertumbuhan. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.

Ada berbagai macam jenis ikan. Cobalah mencari tahu jenis-jenis ikan! Apakah semua ikan memiliki ciri-ciri yang sama? Carilah minimal 5 informasi dengan cara bertanya pada teman atau guru.

Kamu juga dapat mencari informasi dari buku yang ada di perpustakaan. Kamu dapat mengerjakan tugas ini dengan cara berkelompok atau mandiri.

Jenis Jenis Ikan
Aneka Ikan
  1. Ikan koki ciri-ciri bentuknya bulat dengan ekor panjang, badannya warna-warni, dan bertubuh gendut. Ikan koki gerakannya sangat lambat.
  2. Ikan mas biasa dikonsumsi/dimakan, warnanya beragam ada hitam, kuning, dan merah. Ikan mas suka sekali berenang di permukaan air.
  3. Ikan tawes mempunyai bentuk badan agak panjang dan sedikit pipih dengan punggung meninggi yang ditumbuhi sirip bagian atas.
  4. Ikan mujair biasanya berwarna hitam, siripnya tajam, dan biasa dikonsumsi/dimakan. Ikan mujair memiliki tubuh gempal dan padat berisi. 
  5. Ikan lele memiliki patil untuk melindungi dіrі. Ikan lele tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir. Ikan lele emiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan

Ayo Bercerita
Sampaikan informasi yang kamu dapatkan di depan teman-teman! Bandingkan dengan informasi yang diberikan temanmu. Apakah ada informasi yang berbeda?

Ada beberapa jenis ikan yang sering ditemui di sekitar kita. Beberapa jenis ikan tersebut ada yang dijadikan sebagai lauk dan ada juga yang digunakan hanya sebagai hiasan. Misalnya ikan koki merupakan ikan hias yang bentuknya bulat dengan ekor panjang, badannya warna-warni.

Ikan mas biasa dikonsumsi. Ikan ini warnanya beragam ada hitam, kuning, dan merah. Sementara ikan tawes juga merupakan ikan yang sering dikonsumsi. Ikan jenis ini mempunyai bentuk badan agak panjang dan sedikit pipih.

Ikan yang paling banyak dijual di pasar salah satunya adalah ikan mujair. Ikan mujair biasanya berwarna hitam, siripnya tajam, dan biasa dikonsumsi/dimakan. Ikan mujair memiliki tubuh gempal dan padat berisi.

Satu jenis ikan konsumsi lainnya adalah ikan lele. Ikan lele memiliki patil untuk melindungi dіrі. Ikan lele tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir. Ikan lele emiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan.

Ayo Berlatih
Ada jenis ikan yang untuk dimakan. Ada juga jenis ikan untuk hiasan. Ikan hias biasanya disimpan dalam akuarium. Banyak orang yang menjual macam-macam ikan hias. Mari mencoba berlatih menghitung jumlah ikan hias yang dihasilkan oleh sebuah peternakan.

Contoh
Sebuah peternakan ikan hias dapat menghasilkan 120 ekor dalam waktu satu bulan. Berapa banyak ikan hias yang dihasilkan peternakan tersebut dalam waktu dua bulan?

Peternakan menghasilkan 120 ekor ikan hias dalam waktu satu bulan.
Dalam waktu dua bulan banyak ikan hias yang
dihasilkan adalah 120 + 120 = 240 ekor.
Dalam perkalian ditulis 2 × 120 = 240
Berlaku sifat pertukaran 2 × 120 = 120 × 2
120 = 100 + 20

Kalikan masing-masing bilangan dengan 2, lalu jumlahkan.
2 × 100 =  200
2 × 20   =    40 +
                 240

Kerjakan soal berikut sesuai contoh!
1. Udin memiliki 3 ember berisi ikan hias. Setiap ember berisi 320 ekor. Berapa banyak ikan hias Udin semuanya?

320 = 300 + 20
3 × 300 =  900
3 × 20   =    60 +
                 960

2. Sebuah toko ikan hias memiliki 7 akuarium. Setiap akuarium berisi 110 ekor ikan koki. Berapa banyak ikan koki semuanya?

110 = 100 + 10
7 × 100 =  700
7 × 10   =    70 +
                 770

3. Siti pergi ke peternakan ikan mas. Ia melihat ikan mas dalam 5 ember. Setiap ember berisi 300 ekor ikan mas. Berapa banyak ikan mas semuanya?

300 = 300 + 0
5 × 300 =  1.500
5 × 0   =           0 +
                  1.500

Selain dapat membantu meningkatkan taraf hidup nelayan dan petmbak ikan juga dapat memberikan keuntungan bagi diri kita. Ikan merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat ikan ada banyak yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi secara rutin.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.