Home » » Pembelajaran 2 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan

Pembelajaran 2 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan

Pertumbuhan pada hewan ditandai dengan bertambah besar, berat dan tinggi. Pertumbuhan hewan berbeda-beda. Ada perubahan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk misalnya ayam, dan ada juga hewan yang mengalami perubahan bentuk misalnya: kupu-kupu.

Pertumbuhan Kucing
Hari ini Siti senang sekali. Kucing peliharaan Siti melahirkan 5 anak kucing yang lucu. Anak kucing yang dilahirkan memiliki warna yang berbeda. Tiga anak kucing berwarna putih seperti induknya. Satu anak kucing berwarna hitam. Satu anak kucing lainnya berwarna belang.

Siti senang memelihara kucing karena kucing termasuk hewan yang pintar. Siti menyiapkan tempat tinggal kucing dan menjaga kebersihannya. Setiap hari Siti memberi makan, minum, dan memandikan kucingnya secara teratur.

Kucing peliharaan Siti tumbuh besar. Kucing Siti mengalami pertumbuhan. Siti menyayangi dan menjaga hewan peliharaannya.
Pertumbuhan Kucing
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!
  1. Mengapa Siti merasa senang? Siti merasa senang karena kucing peliharaanya melahirkan.
  2. Bagaimana cara kucing berkembang biak? Kucing berkembangbiak dengan cara melahirkan.
  3. Berapa banyak anak kucing milik Siti? Siti memiliki lima ekor anak kucing.
  4. Ada berapa jenis warna anak kucing? Ada tiga warna yaitu putih, hitam, dan belang.
  5. Apakah kamu suka memelihara kucing? Ya saya suka memelihar kucing.
  6. Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah? Ya.
  7. Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing? Makanan  dan Kesehatan kucing.

Ayo Berdiskusi
Perhatikan kembali teks bacaan tentang kucing peliharaan Siti. Diskusikan bersama temanmu! Mengapa anak kucing milik Siti memiliki warna yang berbeda dari induknya?
Anak kucing Siti berwarna macam-macam. Warna anak kucing tidak semuanya sama dengan warna induknya. Hal ini dikarenakan warna anak kucing dipengaruhi oleh warna induk jantan dan betina. Jadi tidak hanya warna induk betina saja yang muncul, tapi juga warna induk jantan, dan campuran keduanya.

Ayo Menulis
Kucing merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kulit kucing ditumbuhi
rambut. Kucing bernapas dengan paru-paru. Amati di sekitar sekolahmu. Adakah hewan yang memiliki kesamaan ciri-ciri dengan kucing?
Kucing memiliki ciri-ciri kulit berambut, berkembang biak dengan cara melahirkan, menyusui, dan berkaki empat. Beberapa contoh hewan yang memiliki kesamaan ciri dengan kucing diantaranya adalah sapi, kambing, monyet, kuda, dan kerbau. Kelompok hewan dengan kesamaan ciri tersebut disebut dengan mamalia.

Ayo Mencoba
Kuda memiliki ciri-ciri yang sama dengan kucing. Kuda termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kulit kuda juga ditumbuhi rambut. Anak kuda mengalami pertumbuhan sehingga menjadi kuda dewasa. Kuda memiliki badan dan tenaga yang sangat kuat. Kemampuan kuda dalam berlari pun sangat baik.
Hewan Kuda

Dapatkah kamu berlari dan melompat seperti kuda? Siapkan karet sebagai pengganti papan lompatan. Beri tanda permulaan berlari dan melompat. Pilihlah dua orang yang bertugas memegang karet. Cobalah berlari dan melompat. Tinggi karet dapat ditambah sampai batas yang dapat kamu lompati.
Bermain Lompat Tali
Sampai batas manakah kamu dapat melompat? Apakah kamu dapat memperhatikan bahwa kemampuan setiap orang berbeda? Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang dapat melompat setinggi pinggang juga kepala. Ada juga yang belum bisa melompat.

Kita harus menghargai perbedaan kemampuan teman kita. Mengajak berlatih bersama untuk meningkatkan kemampuan adalah hal baik yang dapat kamu lakukan. Mengajak berlatih bersama merupakan salah satu sikap saling menghargai kemampuan teman. Jika kita selalu menjaga sikap saling menghargai, maka kita dapat menjalin pertemanan dengan baik.

Tuhan sangat meyayangi anak yang suka menolong. Tuhan juga sangat senang terhadap anak yang menghargai temannya. Menyayangi dan menghargai teman termasuk melaksanakan perintah Tuhan.

Menyayangi dan menghargai teman juga termasuk pengamalan sila-sila Pancasila. Tahukah kamu menghargai dan menyayangi termasuk pengamalan sila Pancasila yang mana?

Berdiskusi
Kamu melihat temanmu mengalami kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...
Kita harus menghargai perbedaan kemampuan teman kita. Ketika ada teman yang kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali sebaiknya kita membantunya agar dia dapat mengikuti permainan.

Saling menghargai dan menyayangi adalah sikap yang harus dilakukan. Semua perbedaan ini diciptakan oleh Tuhan yang harus kita syukuri sebagai ucapan terima kasih kita padaNya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:22 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.