Home » » Pembelajaran 2 Subtema 3 Energi Alternatif

Pembelajaran 2 Subtema 3 Energi Alternatif

Gerak Angin sebagai Energi Alternatif
Udin dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Mereka memilih bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup.

Angin diperlukan untuk menerbangkan layang-layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang.

Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.
Kapal
Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB). Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.

Ayo Berlatih
Cobalah mewawancarai teman atau orang dewasa di sekitarmu!
Tanyakan beberapa hal berikut ini!
  1. Apakah mereka mengetahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB)?
  2. Darimana mereka mengetahui hal tersebut?
  3. Apa keuntungan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif?
  4. Apa kesulitan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif?

Tuliskan laporan hasil wawancara pada tempat yang tersedia!
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang ternyata mereka sudah mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu. Mereka mengetahui PLTB dari beberapa sumber seperti buku dan juga dari Internet. Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu memang sangat mengunungkan. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu memiliki sumber energi yang jumlahnya besar dan terus menerus ada di alam. Namun sayangnya untuk menghasilkan energi alternatif dari Angin membutuhkan biaya yang sangat besar. Sampai dengan saat ini masih belum banyak digunakan karena membutuhkan biaya yang besar.

Sampaikan laporan hasil wawancara di depan teman-temanmu!

Ayo Mencoba
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang mudah didapat dari alam. Angin juga dapat digunakan untuk menerbangkan layang-layang. Bermain layang-layang sangat menyenangkan.

Bermain layang-layang menggunakan tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga dapat digunakan untuk permainan lainnya.

Mari mencoba bermain tali. Membentuk huruf menggunakan tali sambil menggerakkan badan. Ikutilah gerakan berikut ini!
Gerak Mengayun
  1. Siapkan dua pasang bambu seukuran pensil untuk masing-masing pemain.
  2. Ikatkan tali pada ujung pensil. Ukuran tali lebih panjang dari pensil
  3. Gerakan pertama adalah berlatih menggerakkan tali. Caranya adalah menggerakkan tangan ke kiri dan ke kanan.
  4. Gerakan kedua meliukkan badan dari kiri ke kanan. Sambil meliukkan badan, tangan menggerakkan bambu ke kiri dan ke kanan. Lakukan kegiatan kombinasi gerakan berikut! Gerakan badan seperti menirukan gerak daun tertiup angin
  5. Gerakan keempat berjalan sambil meliuk dan mengayun tali. Langkah pertama mulai dari kaki sebelah kiri. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Badan meliuk ke arah kiri. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kiri. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.
  6. Gerakan kelima kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Badan meliuk ke arah kanan. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kanan. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.

Ayo Membaca
Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang.

Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar.

Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak.
Bermain
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.

Ayo Berlatih
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain. Sebutkan 5 kewajibanmu saat bermain!
  1. Meminta ijin kepada orang tua sebelum berangkat bermain bersama teman.
  2. Bermain sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  3. Bermain dengan hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan atau hal-hal yang merugikan.
  4. Membersihkan mainan atau merapikan mainan setelah digunakan.
  5. Mematuhi tata tertib saat bermain dengan teman.

Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Menerima hak dan melakukan kewajiban sesuai kemampuanmu. Agar semua hal dapat berjalan dengan baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:56 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.