Home » » Pembelajaran 3 Subtema 3 Energi Alternatif

Pembelajaran 3 Subtema 3 Energi Alternatif

Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB). Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.

Ayo Berlatih
Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan diagonal.
Energi Alternatif
Pilihlah 5 kata dari hasil tersebut!
Jelaskan artinya sesuai dengan pemahamanmu!
  1. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik
  2. Energi listrik adalah energi yang digunakan untuk menghidupkan peralatan.
  3. Turbin adalah mesin yang roda penggeraknya berporos dan digerakkan oleh aliran air, uap, atau udara
  4. Minyak adalah cairan yang tidak larut/bercampur dalam air dan terasa licin apabila dipegang.
  5. Matahari adalah benda angkasa berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas pada bumi pada siang hari
  6. Angin adalah udara yang bergerak.
  7. Generator adalah alat atau mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik.
  8. Air adalah cairan jernih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau yang terdapat dan diperlukan dalam kehidupan manusia

Gerak air termasuk salah satu energi alternatif. Semakin kuat gerak air, semakin besar pula energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum. Pernahkah kamu melihat kincir air?

Ayo Berkreasi
Perhatikan gambar berikut!
Kincir
Buatlah gambar kincir air! Gunakan gambar bidang untuk membuat gambar kincir.

Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air.

Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.

Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan Kondisi tidak baik disebut juga kedaluwarsa. Perhatikan gambar berikut!
Kadaluwarsa
Lihatlah tanda 18/07/08. Artinya, minuman sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan Juli
tahun 2008. Ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan.

Ayo Berlatih
Amati contoh berikut!
Kemasan
Cobalah berlatih mengamati waktu penggunaan yang ada pada kemasan berikut ini!
  1. Minuman tersebut baik digunakan sebelum bulan Desember 2017.
  2. Minuman tersebut baik digunakan sebelum tanggal 24 November 2018..
  3. Minuman tersebut baik digunakan sebelum bulan Mei 2019.
  4. Minuman tersebut baik digunakan sebelum Tanggal 17 Septemmber 2020..
  5. Minuman tersebut baik digunakan sebelum bulan Desember 2020
  6. Jika hari ini bulan Oktober tahun 2017. Berapa bulan sisa waktu untuk minuman tersebut? .(Oktober - Desember 2017 = 3 bulan)
  7. Jika hari ini tanggal 10 November tahun 2018. Berapa hari sisa waktu untuk minuman tersebut? (10 November 2017 - 12 Nopember 2017 = 2 hari)
  8. Jika hari ini tanggal 17 November 2017. Maka, sisa waktu untuk minuman tersebut adalah ...(17 November 2017 - 17 Januari 2018 = 3 bulan)

Perhatikan batas waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapat memberi energi bagi tubuh
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.