Home » » Pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi

Pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi

Saat mengikuti kegiatan jasmani tiba-tiba tubuh Siti lemas dan hampir jatuh. Wajahnya nampak pucat. Pak guru segera membawa Siti ke ruang Unit Kesehatan Sekolah atau UKS. Sambil berjalan ke UKS Pak Guru menanyakan apakah Siti sudah sarapan. Ternyata Siti belum sarapan. Itulah sebabnya tubuh Siti menjadi lemas tidak bertenaga.

Sesampainya di ruang UKS, Siti disuruh berbaring. Sementara Pak Guru membuatkan teh manis. Kemudian, Pak Guru menyuruh Siti minum teh manis tersebut. Pak Guru menjelaskan kepada Siti bahwa tubuh kita butuh energi

Ayo Membaca
Matahari Sumber Energi Terbesar
Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Tuhan menciptakan bermacam-macam sumber energi. Air dan udara adalah sumber energi. Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan. Makanan menghasilkan energi bagi tubuh. Jadi, tumbuhan dan hewan juga sumber energi.

Sumber energi lainnya yang ada di bumi adalah matahari. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi.

Tanpa matahari, tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. Dari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.
Fotosintesis
Selain membantu proses fotosintesis, sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Tuliskan informasi yang terdapat pada paragraf pertama! Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Air, udara, tumbuhan dan hewan adalah sumber energi.
  2. Paragraf keberapakah terdapat informasi tentang sumber energi ? Paragraf pertama.
  3. Apa manfaat energi panas matahari? Tuliskan 3 contoh! Sebagai sumber energy yang tak terbatas, sebagai pembangkit listrik tenaga matahari , membantu proses pengeringan, membantu proses fotosintesis, dan membantu kesehatan tulang
  4. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis? ari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen.
  5. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di bumi? Karena cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi.

Ayo Bercerita
Coba ceritakan kembali isi bacaan di atas! Gunakan bahasamu sendiri!
Sumber energi adalah semua benda yang menghasilkan energi. Air, udara, tumbuhan dan hewan adalah sumber energi. Sumber energi lainnya adalah matahari. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi.

Matahari membantu tumbuhan melakukan fotosintesis untuk makanan dan oksigen. Sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. Energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik melalui PLTS. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Ayo Bernyanyi
Matahari adalah sumber energi yang paling penting di bumi. Kita harus bersyukur atas karunia Tuhan karena adanya energi matahari. Ungkapan syukur dapat ditunjukkan melalui sebuah syair lagu.
Melalui lagu kita dapat mengungkapkan perasaan kita terhadap apa saja. Seperti lagu berikut ini yang
mengungkapkan rasa suka cita dan syukur atas adanya matahari sebagai sumber energi.

Ayo kita belajar menyanyikan lagu berikut! Jangan malu atau ragu. Bernyanyilah dengan percaya diri!
Lagu Matahari
Perhatikan perbedaan yang dapat dirasakan saat menyanyikan lagu tersebut! Cermati lagu pada bait pertama dan bait kedua. Adakah perbedaan rasa saat menyanyikannya?

Bandingkan dengan bait ketiga. Adakah perbedaannya! Bait ketiga lagu di atas memiliki perbedaan irama dengan bait pertama dan kedua.

Ayo Mengamati
Untuk membuktikan bahwa matahari adalah sumber energi panas, Siti melakukan percobaan. Siti menyiapkan segumpal kapas dan sebuah kaca pembesar. Lalu Siti meletakkan kapas di atas sebuah wadah. Siti memegang kaca pembesar di atas kapas. Siti mengumpulkan sinar matahari ke kaca pembesar dan mengarahkan kumpulan cahaya itu ke kapas. Beberapa waktu kemudian kapas mulai mengeluarkan asap dan terbakar.

Pada percobaan di atas, kita mengetahui bahwa cahaya matahari tidak langsung membakar kapas. Butuh waktu lama sampai kapas dapat terbakar. Kegiatan sehari-hari juga membutuhkan waktu.

Ada kegiatan yang lama dan ada kegiatan yang singkat. Perhatikan gambar berikut ini! Beri tanda centang (√) pada gambar kegiatan yang waktunya lebih lama! Beri tanda silang (X) untuk kegiatan yang lebih singkat!
Kegiatan
Kalian sudah dapat membedakan mana kegiatan yang lebih lama dan mana yang lebih singkat. Carilah contoh lainnya!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.