Home » » Pembelajaran 2 Subtema 1 Sumber Energi

Pembelajaran 2 Subtema 1 Sumber Energi

Hari ini, Siti tidak lupa sarapan sebelum pergi ke sekolah. Siti merasa kuat dan semangat berangkat sekolah. Makanan dan minuman yang Siti makan memberi energi bagi tubuhnya. Energi inilah yang membuat Siti dapat melakukan kegiatan. Seperti saat ini, Siti akan melakukan senam. Yuk, senam bersama Siti!

Ayo Mencoba
Ayo, lakukan kegiatan jasmani untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian mulailah gerakan senam irama seperti gambar berikut. Gerakan yang akan kita pelajari adalah kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun dengan menggunakan alat. Alat yang digunakan pada kegiatan ini adalah simpai.

Pertama, lakukan gerakan berjalan, diawali dengan kaki kiri melangkah ke depan. Lalu tangan kanan mengayunkan simpai ke depan. Kemudian kaki kanan melangkah ke depan. Simpai diayunkan ke belakang seiring langkah berjalan. Setelah itu kedua kaki merapat berdiri.
Gerakan Melangkah

Setelah itu kedua lutut ditekuk, simpai diayunkan ke atas. Kemudian simpai diayunkan ke belakang lutut diluruskan kembali. Badan tegap kembali.
Gerakan 2
Gerakan senam irama tersebut merupakan sebuah rangkaian. Lakukan gerakan ini tanpa terputus-putus.

Setelah mengetahui rangkaian kombinasi gerakan tersebut, lakukanlah bersama-sama dengan iringan musik instrumental yang temponya pelan, seperti musik klasik.

Setelah selesai melakukan kegiatan senam, kita butuh istirahat dan minum. Istirahat dan minum dapat mengembalikan energi yang telah terpakai.

Ayo Berlatih
Selesai senam Siti dan teman-teman kembali ke kelas. Mereka segera minum dan istirahat sejenak. Tidak lama kemudian, Siti dan teman-teman sudah segar kembali. Pak Guru mengajak mereka bermain menyusun huruf. Huruf disusun membentuk kata. Kosa katanya berhubungan dengan sumber energi.

Setelah kata terbentuk, mereka pun membuat kalimat. Ayo, susun huruf-huruf berikut ini menjadi kata!
Menyusun Kata
Sekarang, buatlah kalimat dari setiap kata tersebut!
  1. Istirahat dan minum dapat mengembalikan energi yang telah terpakai
  2. Energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik.
  3. Proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen.
  4. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas.
  5. Air dan udara adalah sumber energi

Siti dan temannya telah menyusun kata dan membuat kalimat. Pak Guru melanjutkan pelajaran. Pak guru menjelaskan bahwa air juga sumber energi.

Ketika diminum, maka air akan memberi energi. Tubuh kita memerlukan air sampai 3 liter setiap
hari.

Tubuh kita akan lemah jika kekurangan air. Sehingga kita harus memiliki persediaan air bersih yang cukup di rumah.

Tidak di semua tempat tersedia air bersih yang cukup. Di beberapa tempat, orang bahkan harus membeli air untuk keperluan sehari-hari.

Karena itu kita wajib menghemat penggunaan air di rumah. Matikan keran air sesudah digunakan. Jangan menghamburkan air untuk keperluan yang tidak penting. Kalau minum air matang harus dihabiskan. Masih banyak lagi contoh kewajiban di rumah dalam menghemat energi.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu! Bagaimana cara yang baik dalam menggunakan energi!

Karena kebutuhan akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi dari tahun ke tahun. Karena hal tersebut  maka kita perlu melakukan penghematan energi supaya tidak terjadi kekurangan energi. Cara yang baik dalam menggunakan energi antara lain :
  1. Menggunakan energi seperlunya; 
  2. Tidak membuang-buang/boros energi;
  3. Menjaga ketersediaan energi dengan baik.

Bacakan hasil diskusimu di depan teman-teman!

Ayo Mengamati
Setelah berdiskusi, amatilah gambar berikut ini! Tentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban menghemat air! Beri tanda centang (√) untuk gambar yang tepat. Beri tanda silang (X) untuk gambar yang tidak tepat!
Hemat Air
Nah, ingat ya bahwa menghemat energi itu adalah suatu kewajiban! Kebutuhan akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi dari tahun ke tahun. Karena hal tersebut  maka kita perlu melakukan penghematan energi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:20 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.