Home » » Pembelajaran 6 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Pembelajaran 6 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Alat Transportasi Khusus
Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat tranportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Beras, gula, dan terigu diangkut oleh truk. Pasir dan semen juga diangkut oleh truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Mobil ambulans digunakan untuk mengangkut orang sakit. Di dalam mobil ambulans, ada alat-alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirene. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan. Sirene memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harus segera tiba di tempat yang dituju.

Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mobil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene. Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat.

Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya. Pelajari lagi macam-macam alat transportasi khusus. Bersyukur dan berterima kasihlah kepada orangorang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.

Ayo Menulis
Kamu sudah belajar tentang alat transportasi khusus. Alat transportasi khusus apa saja yang kamu ketahui? Apa manfaatnya? Tuliskan dengan kalimatmu sendiri!

Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus sesuai dengan kebutuhan. Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang adalah truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Mobil ambulans digunakan untuk mengangkut orang sakit. Mobil ambulans juga dilengkapi sirene dan alat-alat kesehatan. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan untuk memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan agar ambulans segera tiba di tempat yang dituju.

Mobil pemadam kebakaran digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene. Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.

Ayo Bercerita
Kita sudah mengenal bermacam-macam alat transportasi. Pilihlah salah satu alat transportasi kesukaanmu! Kapan kamu terakhir menggunakannya? Apa manfaatnya untukmu? Ceritakan kepada temanmu!

Pagi itu, sekitar jam 6 tanggal 5 November 2018, paman menelpon Ayah mengabarkan kalau kakek sudah meninggal. Sementara jenasah masih di rumah sakit.  Aku ikut ayah ke rumah sakit untuk menjemput jenazah kakek. Saya duduk di dekat pintu. Sementara kakak dan ayah  ada di sebelah saya. Di depan kami, jenazah kakek tertutup kain putih.

Ambulans merupakan salah satu kendaraan khusus. Boleh menerjang lalu lintas dan ngebut. Sejak keluar pintu rumah sakit, sopir sudah tancap gas. Tapi sopirnya memang sudah lihai. Kami sempat khawatir cara sopir mengemudi yang membuat saya ketar-ketir. Saya khawatir kalau-kalau jenazah jatuh dan menimpa kami. Namun kekhawatiran saya tidak terbukti. Alhamdulillah, setelah beberapa menit diaduk-aduk di dalam ambulans, kami sampai juga di rumah almarhum kakek.

Ayo Berdiskusi
Ayah Siti sedang mengendarai mobil di jalan raya. Tiba-tiba, terdengar sirene ambulans. Siti mengingatkan ayah. Ayah menepi dan memberi jalan untuk ambulans. Ayah menghormati dan menghargai orang yang sakit.

Orang yang sakit harus segera ditolong. Pernahkah kamu melihat ambulans yang membunyikan sirene di jalan raya? Apakah semua mobil menepi seperti mobil ayah Siti? Apa yang seharusnya dilakukan oleh mobil-mobil itu?

Diskusikan pengalamanmu dengan temanmu! Tulislah kesimpulan diskusimu pada tempat tersedia.
Hasil diskusi
Ambulans merupakan kendaraan khusus yang digunakan untuk membawa orang sakit. Orang sakit harus segera ditolong  Sebagai pengguna jalan harus menghormati orang yang sedang sakit dengan cara memberi jalan untuk ambulans. 

Ayo Mencoba
Ambulans dan mobil pemadam kebakaran adalah alat transportasi khusus. Apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh pengendara mobil lain ketika mobil itu membunyikan sirene?
Ambulans dan Mobil Pemadam Kebakaran
Membunyikan Sirene
Yang harus dilakukan mobil lainYang tidak boleh dilakukan mobil lain
Segera berikan jalan (menepi) dan  jika ambulance telah lewat, kembali pada barisan semula.Tetap berada di jalur lalu lintas dan tidak mau memberikan jalan untuk ambulans.

Ayo Berlatih
Di dalam mobil ambulans ada tempat tidur untuk orang sakit. Jika panjang mobil ambulans 250 cm dan lebarnya 150 cm, berapa ukuran tempat tidur yang bisa masuk ke ambulans? Buatlah dua kemungkinan ukuran tempat tidur!

Keliling ruangan ambulans: 250 + 150 + 250 + 150 = 800 cm

Ukuran tempat tidur yang bisa masuk:
Tempat Tidur
Keliling tempat tidur yang bisa masuk:
  1. 240 + 140 + 240 + 140 = 760 cm.
  2. 250 + 130 + 250 + 130 = 760 cm

Ayo Mencoba
Buatlah sebuah bangun datar! Tentukan ukuran sisi-sisinya! Hitunglah kelilingnya.
Layang
Keliling = 20 + 10 + 20 + 10 = 60 cm

Keliling pada suatu bangun datar adalah jumlah panjang dari garis tepi luar yang membentuk bangun datar tersebut. Jadi satuan dari keliling ini adalah hanya dalam satuan panjang saja (contoh : meter, kilo meter, centi meter, mili meter dan satuan panjang lainnya)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:01 AM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.