Home » » Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosial termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok dalam masyarakat.

Perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat tidak datang dengan sendirinya, melainkan ada faktor yang menyebabkannya terjadi. Pada dasarnya perubahan sosial budaya dalam masyarakat terjadi karena ada sesuatu yang dianggap sudah tidak memuaskan, kebosanan masyarakat terhadap sesuatu yang ada, dan juga karena menyesuaikan diri dengan faktor yang baru. Beberapa faktor penyebab perubahan sosial budaya antara lain sebagai berikut :
Faktor Penyebab dan Penghambat
  1. Bertambah dan Berkurangnya Penduduk. Jumlah penduduk yang besar di Indonesia menjadi permasalahan serius terutama di daerah perkotaan. Semakin besar jumlah penduduk, semakin banyak permasalahan yang dihadapi oleh suatu daerah. Pertambahan jumlah penduduk mempengaruhi jumlah lahan yang ditempati serta berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
  2. Penemuan Baru. Penemuan baru memang banyak membawa perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Misalnya ketika listrik ditemukan oleh Michael Faraday (1791–1867) pada tahun 1821 dunia mengalami banyak perubahan termasuk rangkaian penemuan sesudahnya.
  3. Pertentangan atau konflik dapat terjadi antara individu dan individu, antarakelompok dan kelompok, atau antara individu dan kelompok. Konflik yang terjadi dalam masyarakat juga dapat memunculkan terjadinya perubahan sosial. Sebagai contoh konflik antara pemerintah RI dan GAM (Gerakan Aceh Merdeka).
  4. Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi Revolusi atau pemberontakan dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya. Misalnya saja tahun 2011 lalu terjadi revolusi di Mesir. Demonstrasi besar-besaran terjadi di Mesir menuntut agar presiden Hosni Mubarak yang telah berkuasa 30 tahun untuk melepaskan jabatannya.
  5. Perubahan Lingkungan Alam. Perubahan yang terjadi pada lingkungan alam bahkan dapat menyebabkan masyarakat yang mendiami daerah tersebut terpaksa harus meninggalkan tempat tinggalnya.
  6. Perang. Perang akan membawa perubahan besar dan kecil dalam warga masyarakat yang terlibat perang. Hal ini terutama pada masyarakat yang kalah perang. Bangsa yang menang perang akan memaksakan kebudayaannya kepada negara yang kalah perang.Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain.
  7. Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain. Dalam masyarakat, pengaruh kebudayaan suatu masyarakat dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya pada masyarakat lain. Proses pengaruh kebudayaan lain yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya antara lain melalui : Difusi, Akulturasi, Asimilasi, Penetrasi, Invasi, dan Milenarisme.

Aktivitas Kelompok
1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang!
2. Lakukan pengamatan terhadap perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia melalui berbagai artikel dan media massa!
3. Apa yang hendak kamu ketahui dari pengamatan kalian?
4. Diskusikan contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia akibat dari : a. bertambah dan berkurangnya penduduk, b. penemuan baru, c. konflik, dan d. revolusi atau pemberontakan
PenyebabContoh Perubahan
Bertambah dan berkurangnya penduduk Pertambahan penduduk yang sangat cepat di Pulau Jawa menyebabkan terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat, terutama lembaga-lembaga kemasyarakatan. Misal orang mulai mengenal hak milik individual atas tanah, sewa tanah, gadai tanah, bagi hasil dan selanjutnya, yang sebelumnya tidak di kenal.
Penemuan baru Penemuan playstation yang dimainkan oleh anak-anak berakibat kurangnya pergaulan kepada masyarakat di sekitar lingkungan tersebut. Selain itu penemuan tersebut juga mengakibatkan permainan tradisional semakin ditinggalkan.
Konflik Konflik Sampit terjadi antara suku Dayak asli dan warga migran Madura dari pulau Madura. Konflik Sampit mengakibatkan lebih dari 500 kematian, dengan lebih dari 100.000 warga Madura kehilangan tempat tinggal. Banyak warga Madura yang juga ditemukan dipenggal kepalanya oleh suku Dayak.
Revolusi atau pemberontakan Gerakan reformasi diIndonesiayang terjadi pada tahun 1998 telah membawa berbagai dampak bagi bangsa Indonesia. Salah satunya adalahmasyarakat yang sebelum era reformasi dikekang kebebasannya dalam menyampaikan aspirasi, apalagi mengkritik pemerintahan, kini dapat menyampaikan aspirasi dan kritiknya tersebut dengan bebas.

5. Tulislah masing-masing perubahan sosial tersebut secara ringkas!
6. Carilah bahan referensi dari berbagai sumber untuk membantu kalian menemukan perubahan sosial budaya yang terjadi!
7. Presentasikan hasilnya di depan kelas!
8. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat menemukan dan mendeskripsikan berbagai perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat dilihat dari faktor penyebabnya!

Perubahan Sosial Budaya Masa Pendudukan Jepang
Perubahan sosial budaya yang terjadi akibat Indonesia dikuasai Jepang dapat kita bagi menjadi beberapa bidang diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Bidang Sosial. Dalam bidang sosial kemiskinan dan kelaparan terjadi di berbagai daerah. Tenaga kerja produktif yang ada di desa dipekerjakan pada beragam proyek. Akhirnya desa pun mengalami krisis karena tidak terurus.
  2. Bidang Ekonomi. Di bidang ekonomi terlihat bahwa rakyat hidup dalam kesulitan.Sumber daya dan hasil-hasil pertanian dibawa untuk kepentinganperang Jepang. Bahkan pada waktu itu rakyat hanya makan ubi dan dan bonggol pisang.
  3. Bidang Budaya. Bidang budaya terdapat dampak yang cukup baik karena Bahasa Indonesia berkembang luas. Hal ini sebagai dampak kebijakan Jepang yang melarang kebudayaan Barat (Belanda). Karya sastra bermunculan dengan nuansa perang dan kemerdekaan.
  4. Bidang Politik. Para pemimpin dilibatkan dalam beragam organisasi. Mereka pun memanfaatkan kesempatan itu untuk mempersiapkan kemerdekaan. Sehingga puncak dari perjuangan untuk merdeka dimulai dari masa ini.

Aktivitas Kelompok
Untuk membantu kalian memahami faktor yang menyebabkan perubahan sosial, lakukanlah kegiatan berikut!

1. Buatlah kelompok dengan anggota 3 – 4 orang!
2. Setelah kalian mengamati berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di Indonesia, diskusikan hal-hal berikut!
a. Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur?
Perubahan Sosial Budaya pada lingkungan alam yang suburPerubahan Sosial Budaya pada lingkungan alam yang kurang subur
  1. Jumlah penduduk kemungkinan akan meningkat karena banyaknya pendatang yang ikut tinggal di wilayah yang subur tersebut.
  2. Banyaknya penduduk yang beralih ke bidang pertanian karena tanah yang subur cocok untuk pertanian.
  1. Jumlah penduduk kemungkinan akan berkurang karena banyak pindah ke wilayah lain yang lebih subur.
  2. Penduduk banyak beralih ke usaha ekonomi selain pertanian karena tanah tidak cocok untuk bertcocok-tanam misalnya saja beralih ke bidang industri.
b. Apa saja perubahan sosial budaya akibat Indonesia berperang melawan penjajahan Belanda?

Beberapa perubahan sosial budaya selama perang melawan penjajah Belanda antara lain sebagai berikut :
  1. Terbentuknya status sosial dimana yang tertingi adalah Eropa lalu Asia dan Timur yang terakhir kaum Pribumi.
  2. Terjadinya penindasan dan pemerasan secara kejam Tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia seperti upacaraperlahan-lahan digantikan oleh tradisi pemerintah Belanda.
  3. Terjadi feodalisme sehingga rakyat pribumi dipaksa untuk tunduk atau patuh pada tuan tanah Barat atau Timur Asing sehingga kehidupan penduduk Indonesia mengalami kemerosotan.
  4. Tindakan pemerintah Belanda untuk menghapus kedudukan menurut adat penguasa pribumi dan menjadikan mereka pegawai pemerintah merutuhkan kewibawaan tradisional penguasa pribumi.
  5. Upacara dan tata cara yang berlaku di istana kerajaan juga disederhanakan dengan demikian ikatan tradisi dalam kehidupan pribumi menjadi lemah.
  6. Dengan merosotnya peranan politik maka para elit politik baik raja maupun bangsawan mengalihkan perhatiannya ke bidang seni budaya.
  7. Budaya Barat berkembang se1ara meluas bahkan merusak sendi-sendi kehidupan budaya tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
  8. Birokrat menggunakan bahasa Belanda sebagai simbolstatus mereka

c. Carilah contoh pengaruh masyarakat lain di sekitar tempat tinggal kalian yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya!
Contoh pengaruh masyarakat lain di sekitar tempat tinggal yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya adalah penggunaan bahasa pada masyarakat di daerah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Beberapa kecamatan di Kabupaten Cilacap di bagian barat ternyata menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa percakapan sehari-hari.
3. Kalian dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan mengasosiasikannya dengan kelompok lain!
4. Tulislah hasil diskusi kalian!
5. Presentasikan di depan kelas
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.