Home » » Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Perubahan dalam masyarakat dikenal juga dengan istilah perubahan sosial budaya. William Ogburn dalam Elly M Setiadi (2011) berpendapat bahwa batasan ruang lingkup perubahan sosial budaya, mencakup perubahan pada unsur-unsur kebudayaan baik yang bersifat materiil maupun yang bersifat nonmaterial (immaterial).

Masyarakat industri akan mengalami perubahan sosial budaya lebih cepat dibandingkan perubahan pada masyarakat agraris. Perubahan dapat terjadi pada hal-hal yang bersifat tradisional menjadi modern. Koentjaraningrat (1985) menjelaskan, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang. Modernisasi mencakup sistem nilai, cara berpikir, berperasaan dan bertindak, serta teknologi yang sesuai dengan kondisi zaman sekarang.

Selain dari perubahan sosial dan modernisasi di dalam masyarakat terdapat juga proses yang disebut globalisasi. Selo Soemardjan (1962) menjelaskan bahwa globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama secara cepat. Globalisasi melanda berbagai bidang baik bidang IPTEK, ekonomi, transportasi, politik ataupun budaya.

Kingsley Davis dalam Soerjono Soekanto (2014) mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup hal-hal seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan filsafat. Menurutnya perubahan sosial sebagai perubahan pada sistem sosial, struktur, dan fungsi masyarakat.

Perubahan budaya dapat menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat atau bisa jadi dalam masyarakat terdapat perubahan sosial yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan budaya. Namun yang harus diingat bahwa tidak semua perubahan budaya dapat menyebabkan perubahan sosial atau sebaliknya.

BidangKeterangan
Dilihat dari Waktunya
  1. Evolusi merupakan perubahan sosial yang memerlukan waktu lama dan diikuti oleh rentetan perubahan kecil yang terjadi secara lambat. Perubahan sosial pada masyarakat tradisional dapat dikategorikan mengalami perubahan lambat 
  2. Revolusi adalah perubahan sosal yang berlangsung dalam waktu yang cepat dan hal-hal mendasar dalam masyarakat ikut mengalami perubahan. Pada dasarnya perubahan sosial budaya yang cepat atau revolusi dapat terjadi tanpa direncanakan atau direncanakan terlebih dahulu. Sebagai contoh adalah revolusi industri.
Dilihat dari Pengaruhnya
  1. Perubahan yang pengaruhnya kecil artinya perubahan tersebut hanya dianut oleh sebagian kecil orang yang menyukainya saja sehingga perubahan ini tidak membawa pengaruh berarti bagi sebagian besar masyarakat. Contoh perubahan model atau gaya rambut dan model baju.
  2. Perubahan yang pengaruhnya besar adalah perubahan yang membawa perubahan dalam sendi-sendi kehidupan dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah  Industrialisasi membawa pengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Industrialisasi merupakan proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem mata pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.
Dilihat dari Perencanaannya
  1. Perubahan yang direncanakan atau planned change merupakan perubahan yang memang diinginkan dan dikehendaki oleh masyarakat atau pihak yang menginginkan perubahan. Misalnya saja pembangunan dapat dikatakan sebagai contoh perubahan sosial yang dikehendaki dan direncanakan.
  2. Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan adalah perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat. Misalnya saja bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir dan sebagainya akan membawa perubahan bagi masyarakat yang mengalaminya.

Aktivitas Kelompok
Untuk mengetahui perbedaan dan klasifikasi antara bentukbentuk perubahan sosial budaya, lakukanlah kegiatan berikut!
  1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3 – 4 orang!
  2. Amatilah gambar atau artikel dari berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik yang sudah ditugaskan oleh gurumu!
  3. Dari gambar atau artikel yang kalian peroleh guntinglah yang termasuk bentuk-bentuk perubahan revolusi, evolusi, perubahan yang pengaruhnya kecil, perubahan yang pengaruhnya besar, perubahan yang direncanakan, dan perubahan yang tidak direncanakan!
  4. Tempel dalam kertas HVS untuk menjadi kliping!
  5. Diskusikan dengan kelompok dan berilah tanggapan dari setiap gambar berupa : a. bentuk perubahan, b. deskripsi singkat dari gambar/artikel, dan c. argumen kalian
  6. Presentasikan hasil kerja kelompok kalian!
  7. Kumpulkan hasil kerja kelompok kepada guru untuk dinilai!

GambarDeskripasi
Konversi Gas
Bentuk Perubahan : Evolusi
Peralihan penggunaan minyak tanah menjadi gas
Deskripsi Singkat :
Salah satu lambatnya peralihan dari minyak tanah menjadi gas adalah karena faktor ketakutan masyarakat jika menggunakan gas. Masyarakat yang belum terbiasa menggunakan gas masih takut menggunakannya karena mereka mengira gas lebih mudah meledak jika dibandingkan dengan minyak tanah. .
Argumen :
Salah satu cara yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah ini adalah menaikkan harga minyak tanah sehingga masyarakat mulai beralih ke gas
Revolusi
Bentuk Perubahan : Revolusi
Revolusi Indonesia tahun 1945
Deskripsi Singkat :
Revolusi Nasional Indonesia adalah sebuah konflik bersenjata dan pertentangan diplomasi antara Republik Indonesia melawan Kerajaan Belanda. Rangkaian peristiwa ini terjadi mulai dari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Kerajaan Belanda pada 29 Desember 1949.
Argumen :
Revolusi ini berujung pada berakhirnya pemerintahan kolonial Hindia Belanda dan mengakibatkan perubahan struktur sosial di Indonesia, di mana kekuasaan raja-raja mulai dikurangi atau dihilangkan.
Baju
Bentuk Perubahan :
Perubahan yang pengaruhnya kecil
Deskripsi Singkat :
Model baju wanita terbaru desain keren, trendy dan modis, seperti baju atasan wanita, kemeja kaos dan jaket pastinya Kamu tidak ketinggalan zaman saat mengenakannya malahan membuat kamu tampil makin keren, stylish dan trendy. Motif baju bervariasi.sehingga dapat tampil modis berdasarkan bentuk wajah, lekuk
tubuh, warna kulit, serta tinggi badanmu.
Argumen :
Siapapun pasti akan terkagum-kagum dengan bentuk tubuh yang terlihat makin ramping dan jenjang saat menggunakan baju ini.
Bentuk Perubahan :
Perubahan yang pengaruhnya besar
Deskripsi Singkat :
Berbagai perubahan pada sistem pemerintahan Myanmar menjadikan ketegangan etnis semakin meningkat. Sejumlah perubahan terjadi di bawah kepemimpinan Thein Sein. Hubungan Myanmar dengan dunia internasional membaik. Namun, kerusuhan berdarah antara etnis Buddha dan etnis Muslim Rohinhnya yang menewaskan 90 orang di negara bagian Rakhine.
Argumen :
Banyak yang menganggap bahwa perubahan demokrasi di Myanmar tak banyak berarti, terutama terkait besarnya kekuasaan militer,
Imunisasi Polio
Bentuk Perubahan :
Perubahan yang tidak direncanakan
Deskripsi :
Banyaknya masyarakat yg menderita sakit polio maka pemerintah berupaya mengadakan perubahan , dengan cara menganjurkan masyarakat untuk membawa bayinya ke puskesmas guna di berikan vaksin polio. Mencegah polio dapat dilakukan dengan imunisasi, terutama pada anak usia bawah lima tahun (balita), melalui  imunisasi polio tetes maupun imunisasi polio suntik.  
Argumen :
Dengan adanya imunisasi polio diharapkan terjadi perubahan derajat kesehatan masyarakat.
Tsunami
Bentuk Perubahan :
Perubahan yang tidak direncanakan
Deskripsi :
Gelombang Tsunami Desember 2004 terjadi setelah gempa bumi di bawah laut, sekitar 100 kilometer sebelah barat pantai Sumatra, pukul 07.59 waktu setempat. Pusat gempa ada pada kedalaman sekitar 30 kilometer di bawah dasar laut. Ada dua lempeng kontinental yang bertumbukan. Pada garis sepanjang 1000 kilometer merupakan peristiwa yang sangat jarang terjadi.
Argumen :
Perbaikan di setiap sudut kota  membuat Aceh lebih baik lagi dari apa yang pernah terjadi sebelumnya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:16 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.