Home » » Melengkapi Teks Eksplanasi Teknologi Hijau di Era Globalisasi

Melengkapi Teks Eksplanasi Teknologi Hijau di Era Globalisasi

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya.

Semua informasi yang ada pada teks eksplanasi merupakan fakta yang benar-benar terjadi dan bukan karangan.  Ciri-ciri teks eksplanasi antara lain memuat informasi berdasarkan fakta, memuat informasi yang bersifat keilmuan, dan menjelaskan proses terjadinya fenomena alam/sosial. Ingat kembali struktur dari teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi terdiri dari.
  1. Paragraf 1: Pernyataan umum dari topik masalah yang akan disajikan. Paragraf ini Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
  2. Paragraf 2: Deret penjelas, berisi fakta, pembuktian, proses dari masalah yang disajikaan secara berurutan dan sistematis
  3. Pargraf 3: Simpulan dan pesan/kesan penulis tentang topik tersebut. Teks penutup yang bersifat pilihan, dan bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas.

Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Paragraf 1: Pernyataan umum
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Persoalan lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia.

Paragraf 2: Deret penjelas
Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki tenaga surya yang berlimpah. Dengan keadaan geografis di Indonesia yang setiap tahun dapat sinar matahari, salah satu alat yang optimal di Indonesia adalah “Panel Surya”.
Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Paragraf 3: Deret penjelas
Panel surya bekerja mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Saat ini penggunaan panel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk membuat panel surya cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan dapat ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.

Pargraf 4: Simpulan dan pesan
Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. Oleh sebab itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

*************************************************************************
Demikian teks eksplanasi mengenai Teknologi Hijau di Era Globalisasi. Usaha mencari sumber energi alternatif yang bersih, tidak berpolusi, aman, dan dengan persediaan yang tidak terbatas, sebagai pengganti bahan bakar fosil perlu terus diupayakan, di antaranya adalah energi surya. Di era globalisasi ini, dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang beragam tampaknya tidak bisa dihindari.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:30 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.