Home » » Langkah Langkah Membuat Buklet Sederhana

Langkah Langkah Membuat Buklet Sederhana

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Booklet merupakan sebuah media komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa, dan berbentuk cetakan. Tujuan akhir pembuatan booklet tersebut adalah agar masyarakat memahami pesan yang terkandung dalam media komunikasi tersebut.

Pembuatan booklet tidak terlalu mahal, dengan harga yang terjangkau membuat booklet banyak digunakan sebagai sarana promosi. Penulisan informasi pada booklet bisa dijelaskan secara lengkap sesuai dengan keinginan. Bahkan juga bisa menuliskan kelebihan yang terdapat pada suatu produk.

Dalam wirausaha, buklet dapat berfungsi sebagai salah satu media promosi. Pemilik usaha dapat memuat informasi, deskripsi, gambar, dan foto-foto tentang suatu produk. Buklet biasa terdiri atas cover, daftar isi, dan isi atau inti dari produk yang dipromosikan. Berikut ini cara membuat booklet sederhana.
Membuat Booklet
Langkah 1
Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman.. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4 Jumlah halaman 6 (3 lembar kertas)

Langkah 2
Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama seperti terlihat pada gambar di atas.

Langkah 3
Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku.

Langkah 4
Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi

Langkah 5
Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman

Langkah 6
Warnai gambar agar tampak lebih menarik

Booklet merupakan buku berukuran kecil yang berisi tulisan dan gambar-gambar. Ada yang mengatakan bahwa istilah booklet berasal dari buku dan leaflet, artinya media booklet merupakan perpaduan antara leaflet dengan buku atau sebuah buku dengan format kecil seperti leaflet. Struktur isinya seperti buku hanya saja cara penyajian isinya jauh lebih singkat daripada sebuah buku. Sedangkan Buku Saku hampir sama dengan booklet, hanya saja berukuran lebih kecil hingga bisa dimaksukkan kedalam saku.

Booklet sendiri memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Beberapa keunggulan dan kelemahan dari booklet antara lain sebagai berikut.

A. Keunggulan
  1. Booklet menggunakan media cetak sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media lainnya.
  2. Proses booklet agar sampai kepada obyek atau masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu
  3. Proses penyampaiannya juga bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada
  4. Informasi pada booklet lebih terperinci dan jelas, karena lebih banyak bisa mengulas tentang pesan yang disampaikannya.
B. Kelemahan
Selain memiliki keunggulan ternyata booklet juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan booklet antara lain sebagai berikut.
  1. Booklet ini tidak bisa menyebar ke seluruh masyarakat, karena disebabkan keterbatasan penyebaran booklet.
  2. Tidak langsungnya proses penyampaiannya, sehingga umpan balik dari obyek kepada penyampai pesan tidak secara langsung(tertunda).   
  3. Memerlukan banyak tenaga dalam penyebarannya
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.