Home » » Manfaat Kesehatan Secara Langsung dan Tidak Langsung Bagi Manusia

Manfaat Kesehatan Secara Langsung dan Tidak Langsung Bagi Manusia

Jantung adalah salah satu organ penting dalam peredaran darah pada tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Selain jantung, organ penting lainnya dalam peredaran darah pada tubuh manusia adalah paru-paru.

Paru-paru berfungsi menyuplai oksigen yang akan dibawa darah ke seluruh tubuh. Jadi, dengan bernyanyi secara langsung kamu telah melakukan upaya menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuh, khususnya jantung dan paru-paru.

Kesehatan organ peredaran darah sangat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika organ peredaran darah terganggu, tubuh kita menjadi tidak sehat. Padahal kesehatan sangat penting bagi kita.

Manfaat Kesehatan bagi Manusia
Kesehatan memang sangat bermanfaat. Kesehatan dapat membuat kita lebih menghargai hidup. Bagi kehidupan, kesehatab mempunyai manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

A. Manfaat Kesehatan Secara Langsung
Ada berbagai manfaat kesehatan yang kita peroleh secara langsung. di antaranya kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan semangat tanpa ada gangguan. Kita patut bersyukur karena telah diberikan hikmah dan nikmat kesehatan yang sangat berharga. Berikut adalah manfaat kesehatan yang secara langsung dapat kita nikmati.
  1. Mengurangi pengeluaran. Bayangkan jika kamu sedang sakit tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk ke rumah sakit dan membeli obat.
  2. Menambah pemasukan. Jika tubuh dalam keadaan sehat alami tentu kita dapat bekerja secara baik dan segar bugar seperti biasa. Hal ini tentu akan menambah pemasukkan dibandingkan kita sedang sakit.
  3. Menghemat waktu. Mengapa salah satu manfaat kesehatan adalah untuk menghemat waktu? Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan dan tugas yang akan tertunda jika kita sedang sakit. Bayangkan
  4. berapa banyak tugas yang akan tertunda jika kita sakit dan berapa
  5. banyak tugas yang akan kita kerjakan jika kita dalam keadaan sehat

B. Manfaat Kesehatan Secara Tidak Langsung
Manfaat kesehatan secara tidak langsung tidak kalah pentingnya dengan manfaat sehat secara langsung. Manfaat kesehatan secara tidak langsung di antaranya menjernihkan setiap pikiran, tindakan, dan mendorong kita untuk berbuat sesuatu yang positif. Selain itu, beberapa manfaat yang akan kita peroleh secara tidak langsung jika dalam kondisi sehat adalah sebagai berikut.
  1. Peluang untuk sukses. Sukses hanya dapat kita peroleh dengan dukungan kesehatan pada diri kita. Kegiatan harian kita tidak akan terganggu jika kita dalam keadaan sehat.
  2. Tabungan masa depan. Dengan sehat maka kita akan menabung untuk masa depan kita, tabungan ini dapat berupa kegiatan positif ataupun kegiatan amal yang kita lakukan sehari-hari.
  3. Kesempatan untuk berbagi. Kesehatan akan membuat kita lebih menghargai hidup. Oleh karena itu, kita akan diberi kesempatan lebih untuk berbagi antarsesama untuk berbuat pahala.

Ayo Menulis
1. Informasi apakah yang kamu dapat dari bacaan di atas? Tuliskan pada kolom berikut.
Manfaat kesehatan secara langsung dan secara tidak langsung. Manfaat kesehatan secara langsung meliputi mengurangi pengeluaran, menambah pemasukkan, dan menghemat waktu. Sedangkan manfaat kesehatan secara tidak langsung meliputi peluang untuk sukses, tabungan masa depan, dan kesempatan untuk berbagi.

2. Mengapa kesehatan organ peredaran darah itu penting? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat? Tuliskan dalam kolom berikut.
  1. Kesehatan peredaran darah sangat mempengaruhi tubuh kita. Apabila organ peredaran darah terganggu, aliran darah menjadi tidak lancar dan dapat menimbulkan penyakit. Dengan demikian tubuh menjadi tidak sehat.
  2. Upaya yang dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat: Olahraga dapat membuat organ peredaran darah tetap sehat. Misalnya, untuk menjaga kebugaran jantung, kamu dapat meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lancar.
Disadur dari:http://manfaat.co.id/manfaat-kesehatan
Kesehatan
Upaya yang bisa dilakukan setiap individu dalam menjaga organ peredaran darah adalah berolahraga. Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jantung, kamu perlu meluangkan waktu 30 menit setiap hari berolahraga. Kegiatan fisik yang dilakukan secara kontinu akan membuat aliran darah dalam tubuh kamu menjadi lancar. Olahraga juga akan membuat kamu terhindar dari kegemukan dan stres.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:21 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.