Home » » Menu Ikon pada Perangkat Lunak Pengolah Kata

Menu Ikon pada Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak Pengolah kata merupakan perangkat lunak berbasis aplikasi yang pada kenyataanya banyak beredar dan mempunyai ciri-ciri dan keunggulannya masing-masing. Microsaoft Word (Ms. Word) adalah perangkat lunak pengolah kata yang akan dibahas dalam bahan ajar ini, walaupun masih banyak program pengolah kata yang dipergunakan oleh para pengguna, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain ataupun yang berbasis open source.

Dalam hal ini Ms. Word lebih banyak menyediakan fasilitas kemudahan dalam penggunaannya, memberikan hasil yang maksimal dalam pengolahannya, kemudian tampilan yang menarik dalam keluarannya dan lain-lain. Program aplikasi Microsoft Word mempunyai ciri khas yaitu ikonnya berbentuk huruf W dan Ekstention-nya adalah doc. Word merupakan salah satu paket dari Microsoft Office yang direlease oleh perusahaan perangkat lunak dunia, Microsoft.

Program aplikasi pengolah kata (Microsoft Word) pada prinsipnya lebih banyak menekankan fitur dibidang pengaturan (formating), penyuntingan (editing), dan alat bantu (tools), serta kemudahan dalam bidang penyisipan (insert) baik teks maupun objek lain (bisa gambar atau foto) yang dapat memberikan makna yang berarti bagi program aplikasi pengolah kata.

Semakin tinggi versi sebuah program aplikasi pengolah kata, maka semakin canggih dan lengkap pula perintah-perintah yang dipunyai, bahkan selalu ditambahi (disempurnakan) dengan kelebihan (fitur) yang berhubungan dengan teknologi yang sedang berkembang (misalnya Internet) serta hubungan dengan program aplikasi lain dalam hal tukar menukar jenis file.

1. Menu Bar
Balok menu (menu bar) dalam Microsoft Word berada di bawah balok judul (title bar), sedangkan balok ikon (icon bar) berada di bawah balok menu. Adapun menu-menu yang ada di Microsoft Word tergantung pada pilihan yang ada di menu View + Toolbars.

Ikon-ikon yang aktif adalah Standard dan Formatting (default). Menu dan ikon pada Microsoft Word banyak sekali ragamnya, bahkan dapat diatur ulang (customize) sesuai kebutuhan pengguna.
Menu Bar
Di dalam menu bar terdapat sub menu-submenu yang sangat banyak sekali fungsinya untuk mengolah dokumen. Submenu-submenu tersebut berfungsi sebagai menu utama dalam pengolahan data, sebab tampilan ikon-ikon seperti toolbar standar, toolbar formatting dan toolbar drawing merupakan sebagian kecil dari fasilitas menu bar.

Ikon yang ada di toolbar-toolbar tersebut merupakan ikon yang sering kita gunakan dalam menggunakan Microsoft Word, namun apabila di dalam mengolah data tidak menemukan ikon di tolbar tersebut, kita dapat menggunakan menu bar sebagai kunci utama dalam mengolah data. Perintah Menu dan ikon tersebut antara lain.

2. Standard Toolbar 
Standard Toolbar merupakan kumpulan ikon-ikon standar yang disediakan oleh microsoft word secara otomatis.Akan tetapi ikon tersebut dapat kita tambahkan dan bisa kita kurangi sesuai dengan kebutuhan. Nama perintah Ikon dapat diketahui dengan cara mengarahkan pointer mouse pada ikon yang dituju/dipilih oleh kita, maka akan tampil nama dari ikon dipilih. Secara default toolbar standar terdiri dari ikon sebagai berikut:
Standard Toolbar
3. Formatting Toolbar
Formatting Toolbar merupakan kumpulan ikon-ikon yang disediakan oleh microsoft word untuk memformat pada dokumen yang sedang aktif.
Formating
4. Drawing Toolbar 
Drawing Toolbar merupakan kumpulan icon-icon yang disediakan oleh microsoft word untuk membuat dan memberikan efek gambar.
Drawing
Setelah kita mempelajari mengenai icon dan menu pada pengolah kata, baik itu yang berbayar maupun yang free alias gratis, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan (banyak) antara aplikasi pengolah kata yang berbayar maupun tidak berbayar, dengan kata lain apabila kita sudah terbiasa menggunakan aplikasi office 2007, maka apabila kita suatu saat bertemu dengan open office yang notabenya berbeda pembuat, maka kita tidak akan kaget lagi karena dari segi tampilan hampir-hampir mirip dan mempunyai fungsi yang hampir sama, tergantung dari diri kita sendiri apakah kita mau dan keberanian untuk meng explorer aplikasi tersebut.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.