Home » » Jenis Jenis Sumber Dana Bank

Jenis Jenis Sumber Dana Bank

Sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam memperoleh dana dalam rangka membiayai kegiatan operasionalnya. Sumber-sumber dana yang dapat diperoleh oleh bank dapat berasal dari ; dana yang berasal dari bank itu sendiri, dana yang bersumber dari masyarakat luas dan dana yang bersumber dari lembaga lainnya.

Dengan banyaknya sumber dana yang bisa diperoleh, bank harus pintar menentukan untuk apa dana tersebut digunakan, seberapa besar dana yang dibutuhkan, sehingga tidak salah dalam menentukan pilihan. Pemilihan sumber dana akan menentukan besar kecilnya biaya yang ditanggung.oleh karena itu pemilihan sumber dana bank harus dilakukan secara tepat.

Jenis-jenis Sumber Dana Bank
Sumber dana bank yang dapat dipilih disesuaikan dengan penggunaan dana bank nantinya. Adapun jenis sumber-sumber dana bank adalah Dana yang ersumber dari bank itu sendiri, Dana yang berasal dari masyarakat luas, dan Dana yang bersumber dari lembaga lain.
Sumber Dana Bank
A. Dana yang Bersumber dari Bank itu sendiri
Sumber dana yang bersumber dari bank itu sendiri merupakan sumber dana dari modal sendiri yaitu modal yang berasal darisetoran para pemegang saham. Secara umum dana yang bersumber dari bank itu sendiri terdiri dari:
  1. Setoran modal dari pemegang saham merupakan modal dari para pemegang saham lama atau pemegang saham yang baru. Dana yang disetor secara efektif oleh para pemegang saham pada waktu bank berdiri.
  2. Cadangan Laba Merupakan laba yang setiap tahun di cadangkan oleh bank dan sementara waktu belum digunakan. Cadangan laba yaitu sebagian dari laba bank yang disisihkan dalam bentuk cadangan modal dan cadangan lainnya yang akan dipergunakan untuk menutupi timbulnya resiko di kemudian hari.
  3. Laba bank yang belum dibagi, merupakan laba yang memang belum dibagikan pada tahun yang bersangkutan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk sementara waktu 

Keuntungan dari sumber dana sendiri adalah tidak perlu membayar bunga yang relatif lebih besar daripada jika meminjam ke lembaga lain. Sedangkan kerugiannya adalah waktu yang diperlukan untuk memperoleh dana dalam jumlah besar memerlukan waktu yang relatif lebih lama.

B. Dana yang Bersumber dari Masyarakat Luas
Untuk memperoleh sumber dana dari masyarakat luas, bank dapat menawarkan berbagai jenis simpanan. Pembagian ini dimaksudkan agar masyarakat yang akan menyipan dananya ke bank mempuyai banyak pilihan sesuai dengan tujuan masing-masing.

Sumber dana dari masyarakat luas dapat dilakukan dalam bentuk simpanan giro, simpanan tabungan, dan simpanan deposito. Dimana simpanan giro merupakan dana murah bagi bank karena bunga atau balas jasa yang dibayar paling murah jika dibandingkan simpanan tabungan dan simpanan deposito.

Kelebihan dana yang bersumber dari masyarakat luas adalah pencarian dana dari sumber ini relatif paling mudah jika dibandingkan dengan sumber lainnya dan pencarian dana dari sumber dana ini paling dominan, asalkan bank dapat memberikan bunga & fasilitas menarik lainnya.

Sedangkan kelemahannya adalah pencarian sumber dana dari sumber ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dari dana sendiri.

C. Dana yang Bersumber dari Sumber atau Lembaga Lainnya
Pencarian dari sumber dana ini relaitif labih mahal dan sifatnya hanya sementara waktu saja. Kemudian dana yang diperoleh dari sumber ini digunakan untuk membiayai atau membayar transaksi-transaksi tertentu. Perolehan dana dari sumber ini antara lain dapat diperoleh dari :
  1. Kredit likuiditas dari Bank Indonesia. Merupakan kredit yang diberikan bank Indonesia kepada bank-bank yang mengalami kesulitan likuiditasnya. Kredit likuiditas ini juga diberikan kepada pembiayaan sector-sektor tertentu. 
  2. Pinjaman antar bank (call money). Merupakan pinjaman yang diberikan kepada bank-bank yang mengalami kalah kliring di dalam lembaga kliring.Pinjaman ini bersifat jangka pendek dengan bunga yang relatif tinggi. 
  3. Pinjaman dari bank-bank luar negeri. Merupakan pinjaman yang diperoleh oleh perbankkan dari pihak luar negeri 
  4. Surat berharga pasar uang (SBPU). Dalam hal ini pihak perbankan menerbitkan SBPU kemudian diperjualkan kepada pihak yang berminat,baik perusahaan keuangan maupun nonkeuangan.

Kelebihan sumber dana dari sumber lembaga lain adalah  dapat diperoleh dengan cepat karena merupakan tambahan jika bank mengalami kesulitan dalam pencarian sumber dana pertama dan kedua di atas.  Sedangkan kelemahannya adalah pencarian dari sumber  dana ini relatif lebih mahal dan sifatnya hanya sementara waktu saja.

Sumber dana yang paling penting adalah dana yang berasal dari masyarakat luas. Hal ini disebabkan karena sumber dana dari masyarakat luas merupakan sumber dana yang paling utama bagi bank, mudah untuk mencarinya, tersedia banyak dimasyarakat serta persyaratannya tidak sulit.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.