Home » » Pembelajaran 4 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Pembelajaran 4 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Cuaca adalah kondisi udara yang terjadi di suatu daerah atau wilayah dalam periode waktu tertentu. Cuaca hanya terjadi dalam waktu singkat yaitu hanya beberapa jam yang disebabkan oleh adanya perbedaan suhu dan kelembaban (tingkat kebasahan udara).

Perbedaan suhu dan kelembaban tersebut dapat menciptakan cuaca berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lain yang dilatarbelakangi oleh sudut pemanasan matahari dikarenakan perbedaan lintang bumi. Selain itu cuaca juga dipengaruhi oleh corona yaitu aura plasma yang mengelilingi matahari dan bintang-bintang lainnya di angkasa.

Ayo Mencoba
Siti, Dayu, dan Lani bermain “Kumpul Kata”. Begitu banyak kata berserakan di meja. Mereka akan mengumpulkan kata-kata tentang cuaca. Ayo, kita bantu mereka mengumpulkan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca.
Cuaca
Ayo Bercerita
Setelah selesai mengumpulkan kata, buatlah kesimpulan pemahamanmu terhadap cuaca. Sampaikan pemahaman tersebut di depan kelas.

Cuaca adalah kondisi udara yang terjadi di suatu daerah atau wilayah dalam periode waktu tertentu. Terdapat beberapa jenis cuaca diantaranya adalah cuaca panas, cuaca cerah, cuaca berawan, cuaca hujan. Saat akan turun hujan langit mendung, hawa dingin. Setelah hujan tanah bumi dan tumbuhan menjadi basah.

Ayo Berdiskusi
Siti, Dayu, dan Lani melanjutkan diskusi. Mereka berdiskusi tentang asal daerahnya. Daerah yang menjadi asal-usul orang tua mereka. Dayu berasal dari Bali. Siti berasal dari Padang.

Setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda. Tahukah kamu makanan dan minuman khas daerahmu? Apa nama makanan dan minuman yang enak dinikmati pada saat cuaca hujan?

Biasanya, saat hujan, kita menyantap makanan atau minuman yang menghangatkan tubuh. Yuk, kita buatkan datanya. Data makanan dan minuman yang disantap saat cuaca hujan. Makanan khas sesuai daerah asalmu juga boleh.
Siti
Tabel Makanan dan Minuman yang Nikmat Disantap Saat Hujan
No.Nama SiswaDaerah AsalMakanan Khas
1.EdoMalukuPapeda
2.UdinJawa BaratCombro
3.DayuBaliSate Plecing
4.SitiJawa TengahGethuk
5.UcokSumatera UtaraKue Ombus-ombus
6.PatrickPapuaSate Ulat Sagu
7.JuliLampungKue Gegaduh
8.BejoJawa TimurRujak Cingur
9.SeptianSumatera SelatanTekwan
10.DaengSulawesi SelatanKue Jalangkote
11.NovendyDKI JakartaKerak Telor
12.DestaD. I. JogjakartaBakpia Pathuk

Makanan dan minuman khas Indonesia sangat beragam. Dapat dinikmati dalam berbagai suasana dan cuaca. Termasuk yang disantap saat cuaca hujan. Kita harus mensyukuri karunia Tuhan untuk hal ini. Kita memiliki beragam suku bangsa. Kita juga memiliki beragam budaya. Kita pun memiliki beragam jenis makanan dan minuman.

Ayo Berlatih
Udara setelah hujan masih terasa dingin. Ayo, kita melakukan aktivitas yang dapat menghangatkan tubuh.
  1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Tubuh akan lebih siap melakukan aktivitas fisik. Pemanasan dilakukan dengan senam ringan.
  2. Lakukan gerakan mengikuti lagu Kepala Pundak Lutut Kaki.
  3. Ulangi hingga beberapa kali.

Ayo, kita lakukan gerakan meniru kapal terbang. Kapal terbang tetap seimbang walau tertiup angin.. Berikut langkah-langkah melakukannya.
Gerak Pesawat
  1. Berdirilah dengan tegap.
  2. Rentangkan kedua tangan.
  3. Bertumpu dengan kaki kanan terlebih dahulu.
  4. Membungkuklah ke depan. Bersamaan dengan itu, kaki kiri diangkat lurus ke belakang.
  5. Lakukan dan pertahankan hingga hitungan kelima.
  6. Lakukan dengan kaki yang berbeda.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:10 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.