Home » » Pembelajaran 3 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Pembelajaran 3 Subtema 1 Keadaan Cuaca

Ayo Berlatih
Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi.

Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini. Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan
turun pada malam harinya.

Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga.

Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.

Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong.

Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.

Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian. Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun.
Nasi Goreng
Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.

Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong.

Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.

Ayo Berlatih
Tulislah lambang pecahan untuk soal-soal di bawah ini.
Pecahan
Ayo Membaca
Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.

Persahabatan Matahari dan Awan
Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah.

Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.

“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan.

“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.

“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.

“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.

“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan.

“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”

Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan, jawablah pertanyaan berikut ini.
  1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut? Matahari dan awan
  2. Apa yang membuat Matahari merasa kesal? Manusia yang tidak disiplin.
  3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal? Manusia sering seenaknya saja. Manusia sudah bangunkan pagi hari dengan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,
  4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang tidak disiplin? Jika saya menjadi matahari saya akan tetap menyinari, termasuk orang-orang yang tidak berdisiplin karena karena energi matahari sangat diburuhkan mereka.

Ayo Mengamati
Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita itu.

cerah . sinar . hujan, matahari . awan . terik
Cuaca
Ayo Bernyanyi
Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar indah.
Lagu Awan
Kulihat awan
Seputih kapas
Arak berarak dilangit luas
Andai kudapat
Kesana terbang
Akan kuraih kubawa pulang

Lagu anak merupakan lagu yang dirancang sedemikian rupa, baik lirik maupun melodinya sesuai kakarakteristik dan kebutuhan anak. Melodi lagu anak umumnya bertempo sedang dan banyak pengulangan. Sementara liriknya disusun menggunakan bahasa yang sederhana supaya mudah diucapkan dan maknanya mudah dipahami.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.