Home » » Pembelajaran 1 Subtema 4 Penghematan Energi

Pembelajaran 1 Subtema 4 Penghematan Energi

Menghemat Penggunaan Listrik.
Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.

Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.

Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat.

Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.

Ayo Berlatih
Kalian telah membaca wacana di atas. Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan hal-hal yang dilakukan Dayu dan keluarga untuk menghemat energi! Rumah dayu memiliki pepohonan yang sangat subur dan rimbun, jendela dan lubang anginnya banyak, dan terang pada pagi dan sore hari. Rumah dayu tidak membutuhkan pendingin ruangan sehingga menghemat energi listrik.
  2. Sebutkan manfaat yang diperoleh dengan menghemat energi! Dengan menghemat penggunanaan energi listrik kita akan mendapatkan banyak manfaat misalnya biaya tagihan listrik bulanan kita menjadi lebih ringan, menghemat penggunaan bahan bakar fosil, menjaga lingkungan alam agar tetap bersahabat, ikut berpartisipasi dalam mencintai bumi ini, dan masih banyak lagi.
  3. Mengapa menanam pohon termasuk kegiatan menghemat energi? Karena dengan menanam pohon maka suhu di sekitar kita menjadi lebih sejuk sehingga tidak perlu lagi menggunakan AC, Kipas Angin, Air Cooler dan semacamnya.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu! Apa yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik?Sampaikan hasilnya di depan teman-teman!

Beberapa cara menghemat energi listrik antara lain sebagai berikut :
  1. Menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi
  2. Membuka jendela pada siang hari dan tidak menyalakan lampu pada siang hari.
  3. Menyalakan peralatan listrik hanya saat digunakan saja (mengurangi waktu pemakaian).
  4. Mengganti lampu pijar dengan lampu neon ( lampu neon lebih hemat listrik)
  5. Menanam pohon di sekitar rumah supaya sejuk sehingga kita tidak perlu menggunakan penyejuk ruangan.
  6. Menggunakan matahari untuk mengeringkan cucian sehingga mengurangi penggunaan mesin cuci.
  7. Tidak membiarkan alat-alat listrik menyala jika tidak dipakai.
  8. Jika menggunakan pompa air otomatis, lengkapilah dengan tangki penampung air.

Sore hari angin bertiup lebih kencang. Dayu senang sekali bermain kincir angin buatannya. Dayu bermain di depan jendela kamarnya. Angin kencang membuat kincir angin berputar lebih kencang. Mainan kincir angin tidak memerlukan listrik. Dayu menghemat penggunaan listrik.

Ayo Berkreasi
Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.
Siapkan :
Alat dan Bahan
  1. Kertas lipat warna-warni (kertas origami)
  2. Lem
  3. Sedotan plastik tebal
  4. Gunting
  5. Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk lingkaran kecil
  6. Paku payung berwarna
  7. Penggaris

Langkah-langkah kegiatan:
Kincir Angin
  1. Baliklah kertas lipat origami.Buatlah garis miring/ diagonal pada kertas lipat tersebut. Beri tanda titik pada jarak 6 cm.
  2. Guntinglah ujung kertas mengikuti garis miring/ diagonal sampai tanda titik (6 cm).
  3. Tariklah semua ujung kertas yang sudah digunting ke bagian tengah.
  4. Tusukkan sedotan pada bagian tengah dengan paku payung sehingga menjadi batang kincir angin.
  5. Tempelkan kain flanel/ karton berbentuk lingkaran agar ujung paku payung tertutup.

Kincir angin buatan Beni dan Edo telah selesai. Kincir angin milik Beni lebih besar dari milik Edo. Kertas yang digunakan Beni lebih besar. Kertas yang digunakan Edo lebih kecil. Keduanya menggunakan kertas yang berbeda ukurannya.

Ayo Berlatih
Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Jadi keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah belajar cara menentukan keliling. Dapatkah kamu menentukan luas kertas Beni dan Edo?

Perhatikan kembali cara menentukan keliling dan luas dengan menggunakan alat ukur tidak baku.
Keliling
Setelah mengetahui kelilingnya kita dapat menghitung luas dengan menggunakan persegi satuan.
Lihatlah contoh berikut!
Luas Bangun Datar
Hitung perkirakan luas gambar berikut! Gunakan alat ukur tidak baku!
Luas2
Luas suatu bangun dapat ditentukan dengan menggunakan satuan baku dan satuan tidak baku. Alat ukur tidak baku merupakan alat ukur yang tidak mempunyai kepastian ukuran, artinya ketika kita mengukur luas permukaan suatu benda dengan dua alat ukur tidak baku yang berlainan, misalnya dengan buku dan daun kita akan mengukur luas permukaan sebuah meja, maka akan dihasilkan luas permukaan yang berbeda. Contoh lain dari alat ukur tidak baku seperti: korek api, kertas lipat, HVS, buah jeruk, pensil, atau tusuk gigi. Sementara, alat ukur baku merupakan alat ukur yang sudah pasti ukurannya, seperti penggaris dan meteran.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:19 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.