Home » » Pembelajaran 3 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang

Pembelajaran 3 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang

Bersepeda Bersama Teman. Hari ini Udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda. Tidak semua teman Udin ikut bermain menggunakan sepeda. Teman Udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda. Udin dan teman-teman melewati jalan raya.

Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu
lintas. Lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna. Yaitu merah, kuning, dan hijau.

Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus
berhenti.
Bersepeda
Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat Udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan sebelumnya!
  1. Apa kendaraan yang digunakan Udin dan teman-teman? (Sepeda)
  2. Mengapa teman Udin ada yang tidak ikut bermain? (Karena tidak dapat mengendarai sepeda)
  3. Apa saja warna yang ada pada lampu lalu lintas? (Rambu lalu lintas yang ditemui Udin dan teman-teman adalah lampu lalu lintas, rambu dilarang masuk, rambu dilarang belok kiri, dan rambu dilarang belok kanan.)
  4. Tuliskan arti setiap warna yang ada pada lampu lalu lintas!(Merah menandakan berhenti atau sebuah tanda bahaya, kuning menandakan hati-hati, dan hijau menandakan boleh memulai berjalan dengan hati-hati.)

Udin dan teman-teman menemukan banyak rambu lalu lintas. Diantara rambu tersebut ada rambu
dilarang masuk ke jalur tertentu. Ada pula rambu tidak boleh belok kanan. Ada pula rambu tidak boleh belok kiri. Cobalah menemukan lambang dan arti rambu lalu lintas! Hubungkan rambu lalu lintas dan artinya berikut ini!
Rambu
Berikut ini laporan kemampuan 10 anak dalam mengendarai sepeda. Laporan dibuat dalam bentuk diagram.
Diagram
Jawablah pertanyaan berdasarkan diagram tersebut!
  1. Berapa banyak anak yang dapat mengendarai sepeda? Teman Edo yang sudah dapat mengendarai sepeda ada 8 orang.
  2. Berapa banyak anak yang belum dapat mengendarai sepeda? Teman Edo yang belum dapat mengendarai sepeda ada 2 orang.
  3. Berapa beda antara anak yang dapat mengendarai sepeda dan yang belum dapat mengendarai sepeda? Bedanya antara teman yang sudah dapat mengendarai dan belum ada 6 orang.

Cobalah amati kendaraan yang ada di sekolahmu! Hitunglah banyak kendaraan yang ada di sekolahmu! Tuliskan data pada tabel berikut!
SepedaMotorMobil
IIII IIIIII IIIIIII

Sajikan hasil pengamatanmu dalam bentuk diagram!
Diagram2

Ayo Berkreasi
Pengemudi kendaraan harus mengetahui peraturan lalu lintas. Pengemudi kendaraan harus mentaati peraturan lalu lintas. Berikut ini ada gambar kereta api. Tahukah kamu apa sebutan untuk pengemudi
kereta api? Berilah hiasan agar gambar kereta api ini menjadi lebih menarik! Gunakan titik, garis, atau bidang untuk menghiasnya!
Kereta
Biasanya, lampu warna merah mengandung beberapa corak berwarna jingga, dan lampu hijau mengandung beberapa warna biru. Ini dimaksudkan agar orang-orang yang buta warna merah dan hijau dapat mengerti sinyal lampu yang menyala. Di Amerika Serikat, lampu lalu lintas memiliki pinggiran berwarna putih yang dapat menyala dalam kegelapan. Ini bertujuan agar orang yang mengidap buta warna dapat membedakan mana lampu kendaraan dan yang mana lampu lalu lintas dengan posisinya yang vertikal.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:41 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.