Home » » Pembelajaran 4 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang

Pembelajaran 4 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang

Kekayaan Indonesia. Indonesia dianugerahi perairan yang luas. Pemandangan bawah laut Indonesia sangatlah indah. Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di dunia.

Perairan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan bergizi.

Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola wisata.

Kebiasaan masyarakat di dekat laut berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di Indonesia sangat beragam wilayah tempat tinggalnya.
Keragaman
Keragaman wilayah tempat tinggal membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini menyebabkan beragam rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini pula menyebabkan beragam pakaian adat di Indonesia. Perbedaan ini membuat Indonesia menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai bacaan!
  1. Keragaman apa saja yang dapat kamu temukan dalam bacaan tersebut? (Keragaman yang ditemui dalam teks adalah keragaman rumah adat, pakaian daerah, wilayah tempat tinggal, kebiasaan, dan berbagai jenis ikan yang ada di perairan Indonesia.)
  2. Sikap manakah yang sesuai dengan semboyan negara Indonesia? ( Sikap yang sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah saat masyarakat Indonesia tetap hidup rukun dan damai, walaupun banyak perbedaan.
  3. Apa semboyan negara Indonesia? (Semboyan negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika)

Diskusikan bersama kelompokmu beberapa hal berikut!
Wawancarai teman sekelompokmu!
Tanyakan ikan kesukaan teman-temanmu! Gambarkan keragaman ikan kesukaan anggota kelompokmu! Sampaikan informasi keberagaman yang ada pada kelompokmu! Sampaikan pula sikap yang harus kamu lakukan! Sampaikan pula manfaat keragaman kesukaan yang dapat kamu temukan!
Ikan LeleIkan TawesIkan Gurami
IIII IIIIIII III
Keragaman kesukaan
Dari 16 orang teman lima orang menyukai ikan lele, tiga orang menyukai ikan tawes, dan 8 orang menyukai ikan gurami. Walaupun kesukann terhadap ikan dalam kelompokku beragam, kami tetap kompak mengerjakan tugas. Dengan adanya keragaman kesukaan terhadap ikan membuat kelompokku semakin beragam.

Menangkap ikan di laut ada aturannya. Aturan dibuat agar kekayaan laut tetap terjaga. Cara menangkap ikan yang aman dengan menggunakan jala. Pernahkah kamu menangkap ikan menggunakan jala? Cobalah melakukan permainan jala ikan berikut!

Ayo Mencoba
Cara bermain.
Menjaring Ikan
  1. Tentukan batasan untuk bermain. Berilah tanda dengan kapur. Semua harus selalu berada dalam batas garis yang sudah ditentukan.
  2. Tentukan empat orang pemain untuk bertugas sebagai jala. Sisa pemain akan bertugas menjadi ikan.
  3. Empat orang yang menjadi jala harus terus bergandengan tangan.
  4. Semua peserta dapat bergerak bebas dalam batas wilayah.
  5. Setelah diberikan aba-aba, jaring dapat bergerak menangkap ikan. Sebaliknya ikan bergerak menghindar dari tangkapan jala.
  6. Empat ikan yang tertangkap dapat dibentuk menjadi satu jaring tambahan. Dengan demikian, maka kini jaring menjadi dua buah.
  7. Dua jaring ini terus bergerak menangkap ikan. Setelah mendapat 4 ikan lagi, dibuat 1 jaring tambahan lagi. Begitu seterusnya sampai ikan-ikan di kolam habis.
  8. Ikan dalam jaring tidak boleh bergerak keluar. Ikan harus mengikuti gerakan jaring menangkap ikan lainnya.

Ayo Membaca
Selain permainan Jala ikan yang mengasyikkan. Menyantap ikan juga baik untuk kesehatan. Ikan mengandung banyak protein. Berikut ini berbagai ikan yang biasa dikonsumsi.
Ikan Konsumsi

Apakah kamu suka makan ikan tersebut? Di mana kamu dapat menemukan penjual ikan tersebut? Para nelayan menjual ikan hasil tangkapan di pasar ikan. Penjual ikan di warung dan pasar membeli ikan di pasar ikan.

Perhatikan gambar tersebut!
Ibu Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Perhatikan papan petunjuk arah pada gambar! Ke mana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat ini?
Papan Penunjuk
(Dari tempat berdiri Siti harus berjalan ke arah kanan)
Papan petunjuk tersebut termasuk rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis. Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut.
Macam Rambu
  1. Rambu peringatan Rambu jalan licin merupakan contoh rambu peringatan.
  2. Rambu larangan Rambu dilarang berhenti merupakan contoh rambu larangan.
  3. Rambu perintah Rambu wajib belok kiri merupakan contoh rambu perintah.
  4. Rambu petunjuk Rambu petunjuk arah merupakan contoh rambu petunjuk.

Ayo Berlatih
Lengkapi gambar berikut seperti perintah yang tersedia! Lengkapi agar menjadi rambu petunjuk arah yang benar!

1. Untuk menuju Taman Bermain harus belok kiri. Untuk menuju masjid Agung harus belok kanan. Untuk menuju sekolah Nusantara harus lurus mengikuti arah jalan.
Papan Penunjuk

2. Untuk menuju Kebun binatang harus belok kiri. Untuk menuju Rumah Sakit Indah harus belok kanan. Untuk menuju Pasar Ikan harus lurus mengikuti arah jalan.
Papan Penunjuk
Rambu petunjuk yaitu rambu lalu lintas yang berfungsi sebagai petunjuk arah atau tempat. Rambu petunjuk, dipasang di atas jalan. Namun ada juga rambu petunjuk dipasang di pinggir jalan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:45 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.