Home » » Tahapan Pengolahan Kerupuk Tulang Ikan

Tahapan Pengolahan Kerupuk Tulang Ikan

Pengolahan hasil samping dari hasil peternakan dan perikanan yang diolah menjadi produk pangan bertujuan untuk membuat produk pangan yang lebih variatif, dan memaksimalkan pengolahan hasil peternakan dan perikanan dengan prosedur pengolahan relatif mudah dan biaya yang terjangkau.

Berikut ini merupakan contoh pengolahan bahan hasil samping pengolahan ikan menjadi produk pangan cemilan dengan berbahan baku tulang ikan yang diolah menjadi kerupuk ikan, kerupuk akan diolah dengan teknik menggoreng. Kerupuk ikan ini dapat dinikmati sebagai teman makan nasi atau sebagai camilan.

1. Perencanaan
Perencanaan dalam pengolahan membuat kerupuk tulang ikan juga tetap harus dibuat, (lihatlah urutan perencanaan pada pengolahan ikan). Susunan tertib pekerjaan pada pengolahan kerupuk ikan :
  1. Menentukan bagian-bagian yang akan digunakan untuk membuat produk pangan hasil samping pengolahan hasil perikanan.
  2. Menyusun rancangan produk yang akan dibuat.
  3. Menyusun kebutuhan alat dan bahan disesuaikan dengan produk pangan hasil samping pengolahan dari hasil perikanan yang ingin dibuat.
  4. Menyusun jadwal pembuatan produk pangan hasil samping pengolahan hasil perikanan
  5. Menentukan tugas tiap individu.

2. Identifi kasi Kebutuhan
Kerupuk ikan adalah salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat. Beberapa kreasi makanan dari bahan bahan tulang ikan dapat kita buat salah satunya adalah kerupuk tulang ikan.

3. Ide gagasan.
Membuat “Kerupuk Tulang Ikan” dengan kreasi masing-masing.

4. Persiapan bahan dan alat
Mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan secara lengkap. Apakah itu dengan cara membeli atau meminjam teman/tetangga. Bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah Tepung kanji, tulang ikan, bawang merah, bawang putih, minyak goreng merica bubuk dan garam secukupnya. Sedangkan alat yang dibutuhkan diantaranya adalah blender, wajan, baskom, spatula, serokan, panci, dan kompor
Alat dan Bahan
5. Proses pembuatan
Beberapa langkah dalam proses pembuatan kerupuk ikan antara lain sebagai berikut :
Proses Pembuatan
  1. Awalnya tulang dan kepala lele dicuci sampai bersih, lalu Kemudian direbus selama beberapa jam sampai tulang menjadi lunak.
  2. Setelah itu, pada proses blender ini menjadi tahapan paling memakan waktu lama dibandingkan proses lainnya karena tekstur yang keras sehingga tidak mudah dihaluskan meski sudah direbus lama. Pemblenderan dilakukan sampai halus.
  3. Pemberian bumbu juga dilakukan saat tulang di blender atau dihaluskan agar bumbu lebih merata. Bahan bumbu yang digunakan terdiri atas bawang merah, bawang putih, garam, dan rempah-rempah yang dihaluskan.
  4. Selanjutnya adonan tulang yang telah halus dicampur tepung kanji, lalu ditambahkan air. Setelah itu, diaduk sampai rata dan adonan dibuat gulungan.
  5. Kemudian, dikukus selama 15 menit sampai pulen
  6. Setelah itu, gulungan dijemur di bawah sinar matahari selama setengah hari.
  7. Langkah selanjutnya dipotong tipis-tipis membentuk lingkaran. Kemudian, kerupuk kembali dijemur selama satu hari penuh sampai kering.
  8. Dilakukan penggorengan, kerupuk kemudian dikemas dalam plastik.

REFLEKSI KELOMPOK
Kalian telah melaksanakan praktik kegiatan pembuatan hasil samping pengolahan dari hasil perikanan dan peternakan menjadi produk pangan. Bagaimana hasilnya? Apakah kelompok kalian sudah mengerjakan kegiatan dengan baik? Evaluasilah kelompok pembuatan produk samping
pengolahan hasil perikanan dan peternakan menjadi produk pangan. Isilah lembar kerja di bawah ini dengan melengkapi tabel. Beri tanda ceklis (v) sesuai jawaban anda dan sertakan alasannya!
UraianBaikCukupKurangAlasan
Perencanaan - -Kebutuhan alat dan bahan disesuaikan dengan produk pangan
Persiapan - -Semua anggota melaksanakan tugasnya
Pelaksanaan - -Masih ada anggota kelompok yang  bekerja tidak sesua kesepakatan sebelumnya
Pelaporan - -Semua kegiatan dapat dilaporkan dengan baik
Kerja sama - -Ada beberapa anggota yang kurang bisa bejkerja sama
Disiplin - - Ada anggota kelompok yang kurang serius dalam bekerja
Tanggung jawab - -Semua melaksanakan tangung jawabnya

Tuliskan kesimpulan berdasarkan refl eksi di atas:
Berdasarkan refleksi di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan Pengolahan Hasil Samping Hasil Peternakan dan Perikanan dapat berhasil dengan baik walaupun masih ada sedikit kekurangan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.