Home » » Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi

Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut. Teks deskripsi dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film atau cerpen, majalah perjalanan, dan program televisi tentang jalan-jalan.

Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/ perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan.

Sedangkan objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu.

Jenis Teks Deskripsi
Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).

A. Teks Deskripsi Berdiri Sendiri
Teks deskripsi yang berdiri sendiri merupakan teks yang mendeskripsikan benda atau manusia secara tersendiri dan bukan menjadi bagian dari teks yang lain. Sebagai contoh teks deskripsi yang bersiri sendiri adalah seperti di bawah ini.

Teks Deskripsi tentang Kelinci
Kelinci adalah hewan yang umum dijumpai di peternakan, masyarakat indonesia sendiri telah mengenal kelinci sejak abad 18. Pada tahun 1972 ditemukanlah kelinci lucu yang pertama di indonesia tepatnya di pulau sumatra.

Kelinci tergolong kedalam kelas mamalia yang artinya memiliki darah panas yang mana berkembang.biak dengan cara beranak atau melahirkan. dalam sekali berkembang biak kelinci dapat menghasilkan 4 ekor anak sekaligus. keistimewaan dari kelinci adalah gigi mereka kan terus tumbuh selama mera masih hidup

Sebenarnya kelinci dapat ditemukan di berbagai belahan dunia seperti di benua eropa dan afrika, Hewan lucu nan menggemaskan ini memiliki habitat dan tempat tinggal di hutan hujan dan sabana. namun pada abad ini kelinci juga sudah mulai dibudidayakan untuk diambil manfaatnya.

Secara umum kelinci dapat dibagi menjadi dua jenis yakni. Kelinci liar dan kelinci hias atau peiharaan. Sedangkan menurut rasnya kelinci dapat dibagi menjadi berbagai jenis seperti anggora, marmut, australian dan lain sebagainya.

B. Teks Deskripsi yang Menjadi Bagian dari Teks yang lain
Teks deskripsi yang menjadi bagian dari teks yang lain merupakan teks deskripsi yang terdapat pada bagian teks yang lain, misalnya saja dalam sebuah novel. Teks deskripsi dalam novel tentang seorang tokoh membantu penulis memberikan gambaran watak atau karakter tokoh.
Bilbo
Misalnya JRR. Tolkien memberikan satu contoh yang baik sekali untuk mendeskripsikan karakter tokoh Bilbo. Mari kita cermati salah satu paragrafnya. (Deskripsi ini diambil dari karya JRR. Tolkien, The Lord of The Ring: The Fellowship of The Ring edisi terjemahan Bahasa Indonesia)
Bilbo kaya raya dan berwatak aneh. Selama enam puluh tahun ia menjadi keajaiban di wilayah Shire, semenjak ia menghilang dan mendadak kembali lagi. Harta kekayaan yang dibawanya dari lawatannya kini sudah menjadi legenda setempat, dan penduduk di sana percaya, meski apapun yang dikatakan orang-orang tua, bahwa Bukit di Bag End penuh dengan terowongan-terowongan yang tumpah-ruah oleh harta karun. Dan bukan kekayaan itu saja yang membuat Bilbo tersohor, tetapi juga umur panjangnya menimbulkan kekaguman. Perjalanan waktu kelihatannya tidak banyak pengaruhnya pada Mr. Baggins. Di usia sembilan puluh, ia hampir sama saja dengan waktu berusia lima puluh. Ketika usianya menginjak sembilan puluh sembilan, mereka menyebutnya awet muda; namun mungkin lebih tepat dikatakan ia tak berubah. Beberapa orang menggelengkan kepala dan menganggap ini terlalu berlebihan; rasanya tidak adil bahwa ada orang yang (kelihatannya) bisa terus awet muda dan (kabarnya) punya kekayaan tak terhingga. (Tolkien, 2003: 33)
Itulah dua buah contoh teks deskripsi berdasarkan bentuknya. Jadi berdasarkan bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua yaitu teks deskripsi yang berdiri sendiri dan teks deskripsi yang menjadi bagian dari teks yang lain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.