Home » » Melaporkan Pengamatan Sifat-sifat Campuran dan Komponen Penyusunnya

Melaporkan Pengamatan Sifat-sifat Campuran dan Komponen Penyusunnya

Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis materi di lingkungan sekitarmu. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas. Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.

A. Zat tunggal
Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.
  1. Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. Contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.
  2. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. Contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.

B. Zat Campuran
Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.
  1. Zat Campuran Homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. Contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).
  2. Zat campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. Contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.

Ayo Berlatih
Buatlah kesimpulan tentang materi berdasarkan uraian di atas. Buatlah kesimpulan dalam bentuk bagan tentang materi lengkap dengan jenis materi berdasarkan komponen penyusunnya beserta contohnya. Bentuk bagan seperti contoh berikut.
Klasisikasi Materi
Ayo Mencoba
Setiap kelompok membuat dua percobaan. Untuk melakukan dua percobaan, anggota kelompok dibagi dua. Dua percobaan yang harus dilakukan setiap kelompok yaitu membuat larutan air gula dan air kopi. Adapun bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.

1. Peralatan
a. Gelas plastik transparan
b. Sendok plastik

2. Bahan
a. Air
b. Gula putih
c. Kopi bubuk

Langkah-langkah percobaan sebagai berikut.
  1. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk gula hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
  2. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk kopi hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.
  3. Bandingkan hasil kedua larutan bersama teman satu kelompokmu.
  4. Buat laporan hasil percobaanmu dengan menuliskan hal-hal berikut. a. Nama anggota kelompok. b. Percobaan yang dilakukan., c. Alat dan bahan yang digunakan., dan d. Hasil percobaan.
  5. Presentasikan laporan yang kalian buat di depan kelompok lain. Kemudian, kumpulkan hasil laporan kepada Bapak/Ibu Guru.

Kamu bisa menuliskan laporan pada kolom berikut.
Laporan Hasil Percobaan
Anggota Kelompok :Wawan, Siti, Dayu, Iwan, Made, Budi
Percobaan yang dilakukan :Membedakan  campuran homogen dan campuran heterogen
Alat dan bahan percobaan :Alat
a. Gelas plastik transparan
b. Sendok plastik

Bahan
a. Air
b. Gula putih
c. Kopi bubuk
Perbedaan antara Larutan Gula dan Larutan Kopi
a. Sifat larutan gula :Sifat larutan gula: tercampur sempurna.
b. Sifat larutan kopi :Sifat larutan kopi: tidak tercampur sempurna.
Kesimpulan :
Larutan gula merupakan zat campuran homogen sedangkan larutan kopi merupakan zat campuran heterogen.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....