Home » » Manfaat Persatuan dan Kesatuan untuk Membangun Kerukunan Hidup.

Manfaat Persatuan dan Kesatuan untuk Membangun Kerukunan Hidup.

Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing. Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung persatuan dan kesatuan.

Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.
Gotong Royong
Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.
No.Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Perilaku yang Tidak Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan
1.Menjalankan kewajiban sebagai anggota keluarga dengan tulus dan ikhlasMelakukan kegiatan dengan terpaksa atau setelah ditegur orang tua
2.Menghormati perbedaan (agama, suku, daerah, adat, dan kebudayaan) dalam masyarakat.Selalu mempermasalahkan perbedaan (agama, suku, daerah, adat, dan kebudayaan) dalam masyarakat.
3.Mengutamakan kepentingan umum.Mengutamakan kepentingan pribadi.
4.Saling menghormati antar sesama anggota masyarakatSaling ejek dan mengaggap suku sendiri yang terbaik
5.Bermain dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, ras, ataupun daerahBermain dengan teman yang memiliki persamaan suku, agama, ras, ataupun daerah

Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 6ºLU-110LS dan 95ºBT dan 141ºBT, yaitu dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.

Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Ayo Mengamati
Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.
Iklan Persatuan
Ingatkah kamu yang dimaksud dengan iklan? Tuliskan dalam kolom berikut.
Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum

Ayo Berlatih
Carilah contoh iklan dari media cetak. Gunting iklan tersebut, lalu ceritakan isinya di depan teman-temanmu. Tempelkan iklan yang kamu peroleh dalam kolom berikut.
Iklan Flordina
Wings Food meluncurkan Floridina, Minuman Bulir Buah Jeruk Utuh. Kesegaran bulir utuh dan asli Florida Orange yang kaya manfaat. Floridina dihadirkan dalam kemasan botol plastik ukuran 360 ml, dengan bentuk yang handy sehingga bisa dibawa kemana-mana.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:26 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.