Home » » Ciri Ciri Bahasa Iklan Elektronik

Ciri Ciri Bahasa Iklan Elektronik

Televisi merupakan media iklan elektronik yang paling efektif. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk, kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.

Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga jenis iklan elektronik adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Salah satu unsur yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan adalah kalimat iklan. Perhatikan contoh iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.
Bahasa Iklan
“Segar nyatanya memang menyegarkan”

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas. Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.

Contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jika lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.

Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan.

Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
  1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
  2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
  3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
  4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

Ayo Berlatih
Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang mampu menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.

1. Produk yang diiklankan:
Mi Sedap Instant
Mi sedap
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas

2. Produk yang diiklankan:
Bimbingan Belajar
Iklan Quiper
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menonjolkan informasi yang dipentingkan, dan jelas

3. Produk yang diiklankan:
Mobil
Iklan Mobil
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, pilihan kata yang tepat, dan jelas

Dalam pembuatan iklan sangat dibutuhkan adanya kerja sama antara jasa pembuat iklan dan pemilik produk yang diiklankan. Semua pihak terkait hendaknya dapat bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan iklan yang bagus.

Kerja sama tidak hanya dibutuhkan dalam dunia usaha seperti usaha periklanan. Kerja sama juga dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerja sama sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.