Home » » Kegiatan Mengisi Kemerdekaan Negara Indonesia

Kegiatan Mengisi Kemerdekaan Negara Indonesia

Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia didapatkan dengan cara yang tidak mudah dan tidak murah. Bertahun-tahun para pemimpin bangsa ini berupaya dengan berbagai macam cara untuk melepaskan diri dari penjajahan bangsa lain. Ribuan nyawa manusia juga telah melayang dalam upaya ini.

Kini, Indonesia telah merdeka dan berdaulat. Namun, banyak hal yang harus dilakukan untuk mengisinya dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia yang seutuhnya seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa ini. Generasi penerus bangsa harus mengupayakan agar pembangunan manusia seutuhnya ini dapat dilakukan terus-menerus dengan berbagai cara.

Cara-cara yang dapat dilakukan antara lain adalah mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Hal ini dapat dimulai dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai dasar negara dan mengenal budaya bangsa sendiri. Rasa cinta tanah air dan bangsa dapat dipupuk dan dilakukan dengan kegiatan-kegiatan sederhana, seperti mengunjungi berbagai daerah di Indonesia dan mengenal cara hidup dan nilai-nilai masyarakatnya.

Selain itu, kemerdekaan harus diisi dengan membangun kualitas manusia Indonesia. Para pemuda hendaknya dapat menggunakan masa kemerdekaan bangsa dengan menuntut ilmu setinggi-tingginya dan berkarya untuk membangun negara sendiri. Berbagai ilmu dan teknologi hendaknya dikuasai untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara dan untuk menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, temukan kosakata baku dan tidak baku. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi dengan teman lainnya. Perhatikan cara-cara menggunakan kamus
  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya pembangunan.
  2. Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
  3. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pe”.
  4. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pem”. Kata tebal akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari.
Kata Baku dan Tidak Baku
Kosakata BakuArtiKosakata Tidak BakuArti
MerdekaBebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri:--
GenerasiMasa orang-orang satu angkatan hidup: --
KualitasDerajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu:Kwalitas-
TeknologiMetode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapanTekhnologi-
SejahteraAman sentosa dan makmur; selamat (terlepas dari segala macam gangguan);Sejahtra-

Ayo Menulis
Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, kemukakan pendapatmu tentang sumbangsih atau kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam rangka mengisi kemerdekaan RI! Tuliskanlah pendapatmu pada peta pikiran di bawah ini. Lalu, diskusikanlah pendapatmu di dalam kelompok kecil.
Mengisi Kemerdekaan
Kesimpulan :
Kita dapat mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sebagai seorang siswa  kita dapat mengisi kemerdekaan dengan belajar dengan tekun.

Ayo Mengamati
Amati gambar-gambar berikut yang menunjukkan kegiatan pembangunan! Pembangunan sarana dan prasarana di berbagai bidang berikut dilakukan untuk menunjang kegiatan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan manusia guna mencapai kesejahteraan.
Pembangunan
Ayo Berlatih
Pernahkah kamu melihat kegiatan pembangunan yang ada di lingkungan sekolah dan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu rasakan? Bagaimana masyarakat sekitarmu menanggapi pembangunan tersebut?

Di masyarakat, terdapat kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan nasional. Ada juga, kegiatan yang tidak mendukung kegiatan pembangunan nasional, baik pembangunan fisik maupun nonfisik. Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.
  1. Faktor pendukung pembangunan nasional.
  2. Faktor penghambat pembangunan nasional.

Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.
  1. Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.
  2. Diskusi: bisa dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.
  3. Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti guru atau sejarawan.

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
Faktor Pendukung Pembangun Indonesia
  1. Sumber Daya Alam. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar di luar Jawa, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas.
  2. Sumber Daya Manusia. Penduduk yang besar pada satu sisi dapat memdorong pembangunan  karena,pertama,perkembangan itu memungkinkan pertambahan tenaga kerja dari masa kemasa.

Faktor Penghambat Pembangunan Indonesia
  1. Sumber daya manusia. SDM yang berkualitas rendah dan juga keahlian dan kewirausahaan yang rendah menghambat pembangunan.
  2. Sumber Daya Modal (investasi). Investasi di Indonesia masih rendah padahal modal sangat dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut.
  3. Teknologi mang masih rendah. Penggunaan teknologi yang rendah menyebabkan ketidakefesien dan produktifitas yang rendah.
  4. Perkembangan Penduduk. Jumlah penduduk yang besar tapi tidak berkualitas karena tidak disertai pendidikan terjadilah masyarakat yang tidak produktif dapat menjadi beban bagi pembanguan.
  5. irokrasi Buruk. Indonesia masih menghadapi masalah besar dalam bidang kemiskinan yang sebagian besar disebabkan oleh korupsi yang merajalela dalam pemerintahan.

Presentasikan hasil pencarianmu bersama teman sekelompokmu di depan kelas dengan percaya diri. Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan tersebut di tempat yang disediakan di bawah ini.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....