Home » » Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Molekul adalah gabungan dari minimal dua atom atau lebih, baik atom-atom yang sejenis maupun atom-atom yang tidak sejenis. Berdasarkan jenis atom pembentuknya, molekul dibedakan menjadi: molekul unsur, yaitu molekul yang tersusun oleh atom-atom sejenis dan molekul senyawa, yaitu molekul yang tersusun oleh atom-atom yang tidak sejenis.

Pada umumnya, bentuk molekul sangat kecil hingga tidak bisa dilihat dengan kasat mata, namun molekul tetap dapat dilihat dengan cara hibridasi dan mikroskop gaya atom. Ilmu yang mempelajari tentang molekul dinamakan fisika molekuler atau kimia molekuler.

Kima molekuler membahas hukum yang berisi aturan interaksi antar molekul, sedangkan fisika molekuler membahas tentang hukum yang isinya aturan terkait struktur dan sifat molekul. Molekul diklasifikasikan menjadi dua golongan yakni molekul unsur dan senyawa.

1. Molekul Unsur
Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk atau tercipta dari hasil gabungan atom atau unsur yang sejenis. Apabila berbicara tentang molekul unsur, unsur dinamakan berdasarkan dengan jumlah unsur gabungannya. Misalnya dwiatom merupakan gabungan dari 2 atom, triatom yakni molekul yang dibentuk dari 3 atom, tetraatom yaitu terbentuk dari 4 atom, dan yang terdiri dari 3 ataul lebih disebut dengan molekul poliatomik. Contoh molekul unsur yaitu O₂ (oksigen), O₃ (ozon), P₄ (fosfor), H₂ (hydrogen), dll.

2. Molekul Senyawa
Merupakan molekul yang tercipta atau terbentuk dari gabungan atom atau unsur yang jenisnya berbeda. Jika semua senyawa dapat dikatakan molekul, semua molekul tidak dapat dikatakan senyawa. Misalnya CO₂ (karbon dioksida yang terbentuk dari gabungan 1 atom karbon dan 2 atom oksigen), Co (Karbon monksida, 1 atom karbon dengan 1 atom oksigen), H₂O (Air yang terbentuk dari 2 atom hydrogen dengan 1 atom oksigen), dll.

Contoh Molekul
MolekulRumus KimiaAtom PenyusunStrukturKegunaan

U
N
S
U
R
Gas OksigenO2Dua atom oksigen
Oksigen
Pernapasan Pembentukan ozon
Gas HidrogenH2Dua atom hidrogen
Hidrogen
Pembuatan lampu
Gas NitrogenN2Dua atom nitrogen
Nitrogen
Pupuk urea
Gas KlorinCl2Dua atom klorin
Klorin
Pembuatan kertas
IodinI2Dua aton iodin
Iodin
Obat luka
FosforF4Empat atom fosfor
Fosfor
Korek api
Belerang (Sulfur)S8Delapan atom belerang
Belerang
Obat gatal

S
E
N
Y
A
W
A
AirH2ODua atom hidrogen, satu atom oksigen
Air
Sumber kehidupan
Karbon-dioksidaCO2Satu atom karbon, dua atom oksigen
Karbondioksida
Penyegar minuman ringan
AmoniakNH3Satu atom nitrogen, tiga atom hidrogen
Amoniak
Pupuk
GlukosaC6H12O6Enam atom carbon, dua belas atom hidrogen, enam atom oksigen
Glukosa
Sumber energi bagi tubuh
AlkoholC2H5OHDua atom karbon, enam atom hidrogen, satu atom oksigen
Aolkohol
Antiseptik
Asam AsetatCH3COOHDua atom karbon, empat atom hidrogen, dua atom oksigen
Asam Asetat
Cuka makan
Perbedaan Unsur dan Senyawa
  1. Zat penyusun. Zat penyusun antara unsur dan senyawa berbeda, dimana unsur hanya menggunakan satu zat saja atau zat tunggal yang bersifat murni. Sedangkan senyawa disusun atas unsur-unsur yang berbeda dengan jumlah yang berbeda pula. 
  2. Sifatnya. Sifat unsur dan senyawa bisa dikenali dari zat penyusunnya. Unsur mempunyai sifat yang lebih sederhana dibandingkan dengan senyawa dan unsur tidak bisa dipisah-pisahkan lagi karena unsur merupakan zat tunggal yang murni. Sedangkan senyawa mempunyai sifat bisa dipisahkan berdasarkan zat penyusunnya. 
  3. Proses terbentuknya. Unsur terbentuk karena proses alami yang terjadi pada alam. Sedangkan senyawa terbentuk karena adanya proses kimia yang membuat unsur saling menyatu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:56 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....