Home » » Berlatih Memainkan Alat Musik Melodis Pianika

Berlatih Memainkan Alat Musik Melodis Pianika

Dari berbagai alat musik yang ada, secara umum terbagi ke dalam tiga jenis alat musik , yaitu jenis alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis. Pengelompokkan ini khususnya dilakukan berdasarkan fungsi dari alat musik tersebut dalam suatu iringan musik. Pada tulisan ini hanya akan membahas mengenai slat musik melodis saja.

Alat musik melodis adalah alat musik yang bernada. Alat musik melodis memiliki susunan tinggi rendahnya nada yang teratur. Selain itu alat musik melodis mempunyai fungsi untuk membuat lagu sehingga orang akan cepat mengetahui lagu yang dimainkan. Beberapa contoh alat musik melodis diantaranya adalah rekorder, harmonika, dan pianika.

Cara memainkan alat musik melodis ini bermacam-macam, yang dipetik, ditiup, digesek, dihisap dan ditekan. Tergantung alat musik yang dimainkan itu apa. Berikut ini adalah beberapa cara memainkan alat musik melodis tersebut untuk.
  1. Dipetik, contohnya seperti kecapi, mandolin, gitar, dan sasando. 
  2. Ditiup, contohnya seperti seruling dan pianika. 
  3. Ditekan, contohnya seperti akordion dan piano. 
  4. Digoyang, contohnya seperti angklung. 
  5. Digesek, contohnya seperti biola. 
  6. Dihisap, contohnya seperti harmonika.

Berlatih Memainkan Pianika
Sesuai dengan cara bermainnya ini tak sedikit orang yang mengira bahwa pianika adalah alat musik Harmonika. Tak hanya memiliki kemiripan dengan Harmonika, nyatanya pianika juga sering dikaitkan dengan piano karena memang memiliki bentuk yang hampir sama jika dilihat secara sekilas.

Alat musik yang satu ini bentuknya mirip keyboard memainkannya. Kalau keyboard cukup ditekan langsung keluar bunyinya karena memakai listrik. Pianika perlu ditiup dulu baru deh ditekan tuts-nya, kalau hanya ditekan saja tidak akan keluar suaranya

Pianika termasuk alat musik melodis sederhana yang mudah dipelajari. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup dan jari-jemari tangan kanan berfungsi menekan tuts. Sedangkan tangan kiri berfungsi untuk memgang pianika. Sebaiknya gunakan penjarian dengan nomor, misalnya nomor 1 untuk ibu jari, nomor 2 untuk jari telunjuk, nomor 3 untuk jari tengah, nomor 4 untuk jari manis, dan nomor 5 untuk kelingking.
Penjarian PIanika
Setelah belajar penjarian maka selanjutnya adalah belajar cara mengolah teknik pernafasan yang baik dan juga benar. Ketika belajar maka biasakan jangan menghirup atau mengeluarkan nada secara bersamaan atau serentak. Usahakan anda melakukan pernafasan dengan perlahan agar pernafasan yang anda miliki dapat teratur dan menghasilkan sebuah nada atau suara yang lemah dan juga lembut tidak acak – acakan.

Setelah menguasai teknik penjarian saat memainkan alat musik pianika, latihlah jari-jarimu agar dapat dengan lancar memainkan alat musik tersebut. Berikut ini salah satu contoh lagu daerah yang dapat digunakan untuk melatih jari-jarimu.
Ayo Mama Maluku
Ketika belajar cara bermain pianika tentu saja anda harus memiliki konsentrasi yang cukup tinggi dan pernafasan yang baik. Konsentrasi ini dibutuhkan untuk menyinkronkan antara gerakan jari jemari ketika menekan tuts pianika dengan cara meniup pipa yang harus dilakukan secara lembut dan merata serta memiliki sebuah power.

Menyenangkan memang saat bermain alat musik bersama teman-teman. Harmonisasi nada dari permainan musik sendiri dengan musik ansambel tentunya berbeda. Musik ansambel menghasilkan nada yang kuat dan indah.

Memainkan musik ansambel membutuhkan kerjasama antara pemain musik. kekompakan bermain musik akan tercipta jika sering berlatih. Jangan pernah saling menyalahkan jika ada kesalahan saat berlatih memainkan alat musik. Kesalahan adalah hal yang wajar. Jadikan aktivitas bermain alat musik sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Jika latihan dilakukan dengan tekun tentunya hasilnya akan memuaskan. Untuk menambah rasa percaya diri dalam penguasaan lagu tersebut silahkan tampilkan kebolehan di depan kelas. Sebelum melakukan pertunjukkan mintalah ijin kepada guru yang bersangkutan. Supaya kegiatan belajar yang lainnya tidak terganggu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....