Home » » Menulis dan Memeragakan Teks Prosedur

Menulis dan Memeragakan Teks Prosedur

Setelah mempelajari struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur  pada bagian akhir diharapkan dapat menyusun teks prosedur secara mandiri dengan baik dan benar.. Untuk dapat menyusun teks tersebut tentunya dibutuhkan pengetahuan tentang teks prosedur. Berikut ini dijelaskan kembali beberapa unsur dari teks prosedur.

Teks prosedur adalah teks yang di dalamnya berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu. Secara garis besar, struktur teks prosedur terdiri dari pendahuluan, alat dan bahan, langkah-langkah, dan kesimpulan.
  1. Bagian Pendahuluan (Pernyataan tujuan). Bagian ini menyebutkan apa yang dibuat atau dilakukan. Pada bagian ini penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau kegiatan yang akan dibuat panduannya, dengan menggunakan pilihan kata yang mampu menarik perhatian
  2. Alat dan bahan yang digunakan. Teks prosedur cara membuat sesuatu diperlukan alat dan bahan. Misalnya resep makanan, membuat hiasan, atau membuat yang lain. Alat dan bahan dirinci sampai ukuran yang akurat karena untuk menghasilkan produk yang baik.
  3. Langkah-langkah. Langkah-langkah dalam teks prosedur merupakan inti dari tujuan teks prosedur. Langkah-langkah berisi tahapa-tahap kegiatan/ urutan kronologis (termasuk hal yang perlu diperhatikan; jika panduan untuk permainan, berikan aturan permainannya).
  4. Kesimpulan. Cara membuat penutup teks prosedur adalah dengan merujuk kembali ke hal-hal pokok yang disebutkan dalam pendahuluan dan ulang kembali dengan kata yang lain (sinonim) atau ucapan selamat atau memotivasi orang untuk melakukan. Ucapan selamat menikmati keindahan, kenyamanan, kelezatan hasil kegiatan yang dilakukan).

Tujuan teks prosedur menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca / pemirsa dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat. Berdasarkan tujuannya teks prosedur dibagi menjadi tiga jenis yaitu (a) teks prosedur untuk memandu cara menggunakan/ memainkan suatu alat (cara memainkan suatu alat musik, cara menggunakan alat, (b) teks prosedur untuk memandu cara membuat (ada bahan, cara, dan langkah), dan (c) teks prosedur untuk memandu cara melakukan sebuah kegiatan (cara menari, cara melakukan senam)

Ciri teks prosedur dari segi isinya ada tiga: (a) panduan langkahl-angkah yang harus dilakukan, (b) aturan atau batasan dalam hal bahan/ kegiatan dalam melakukan kegiatan, (c) isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).

Ciri bahasa yang digunakan (a) kalimat perintah karena pada teks prosedur pembaca berfokus untuk melakukan suatu kegiatan, (b) Selain kalimat perintah juga diberikan saran, dan larangan agar diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat, (c) penggunaan kata dengan ukuran akurat ( ¼ tepung, 5 buah rimpang kunyit), (d) menggunakan kelompok kalimat dengan batasan yang
jelas (rebus hingga menjadi bubur, lipat bagian ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki).

Menulis Teks Prosedur
1. Judul
  • Dapat berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/ dilakukan
  • Dapat berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu

2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
  • Dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan
  • Dapat berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan penulisan

3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur
  • Dapat berupa daftar/rincian
  • Dapat berupa paragraf
  • Pada teks prosedur tertentu, misalnya prosedur melakukan sesuatu, tidak diperlukan bahan/alat

4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar
  1. Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran
  2. Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan: pertama, kedua, ketiga, dst.
  3. Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan waktu: sekarang, kemudian, setelah itu,
  4. dst.

Tahapan biasanya dimulai dengan kata yang menunjukkan perintah: tambahkan, aduk, tiriskan, panaskan, dll.

Cara Membuat Rendang
StrukturBagian teks/ paragraf
TujuanRendang merupakan salah satu masakan khas dari daerah Minangkabau, dan rendang ini telah mendapatkan peringkat pertama dalam dafatar 50 hidangan terlezat di dunia versi CNN International. Rendang adalah makanan dengan bumbu dan rempah- rempah yang banyak. Tujuan membuat rendang ialah untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas sekaligus mengenalkan kepada dunia bahwa rendang makanan terlezat didunia. Langsung kita simak cara membuat rendang di bawah ini.
Bahan dan
alat
Bahan:
  1. Daging sapi atau kerbau (1 kg potong persegi, sekitar 20 potong)
  2. Santan kelapa (2 liter)
  3. Daun Jeruk (4 lembar)
  4. Serai (1 batang)

Bahan pelengkap
  1. Kelapa serundeng yang sudah disangrai terlebih dahulu
  2. 1 ons Hati sapi potong dadu kecil kemudian rebus

Bumbu yang dihaluskan:
  1. Bawang merah (4 buah)
  2. Bawang putih (2 siung)
  3. Lengkuas muda (75 gr)
  4. Jahe (25 gr)
  5. kunyit (15 gr)
  6. Garam (1/2 sdm)
  7. Cabai giling (1 sdm atau sesuai selera)
  8. Biji pala (1/2 buah)
  9. Kemiri (4 buah)
  10. Merica (1 sdt)
  11. Gula pasir (1 sdm)
Langkah
  1. Potong daging menjadi beberapa bagian lalu dicuci hingga bersih. Lakukan pengeprakan pada Daging agar lebih tipis sehingga pada saat pengolahan daging lebih mudah matang. Hindari pemotongan daging yang terlalu tebal karena nantinya bumbu akan sulit meresap dan daging menjadi keras
  2. Rendam daging dengan bumbu yang tadi telah dihaluskan, paling sedikit selama 1 jam. Biarkan air daging keluar dan tunggu hingga kering.
  3. Tuangkan santan, kemudian masukkan semua bumbu kecuali bumbu pelengkap, dan aduk hingga rata.
  4. Dengan api sedang, masak santan di atas wajan. Sekali-kali aduk sampai minyak dari santan mengambang ke permukaan, kurang lebih selama 20 menit. Agar santan tidak pecah lakukan gerakan menimba pada saat anda mengaduk santan sehingga nantinya santan akan merata. 
  5. Siapkan wajan besar lalu masukan daging beserta dengan santan sebanyak 300 cc. Lakukan sampai daging terendam oleh air santan.
  6. Tuang kembali air santan sebanyak 100 cc. Aduk sampai air pada santan menguap.
  7. Aduk terus dan tambahkan kembali sisa dari air santan dengan sekali tuang. Kecilkan api, masak sampai daging rendang dan bumbu mengeluarkan minyak.
Membuat Rendang
  1. Usahakan terus diaduk-aduk agar rendang tidak menempel pada wajan, tunggu sampai rendang berubah warna menjadi kecoklatan dan mengering.
  2. Campurkan bahan pelengkap kedalam rendang kemudian aduk lagi sampai merata
  3. Masak sampai daging menjadi empuk, paling lama satu setengah jam. Pastikan semua air santan menguap dan rendang pun jadi.
PenutupCara membuat rendang di atas pastinya sangat mudah dan praktis. Resep di atas juga tidak hanya untuk membuat rendang dari daging sapi saja, tapi juga bisa digunakan untuk membuat rendang yang lainnya. Selamat mencoba.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....