Home » » Cara Menggiring Bola dalam Permainan Basket

Cara Menggiring Bola dalam Permainan Basket

Menggiring bola adalah upaya menguasai bola sambil bergerak dengan cara memantul-mantulkan bola di tempat, memantulkan bola sambil berjalan dan memantulkan bola sambil berlari menuju ke depan/ke lapangan lawan. Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah dengan satu tangan (kiri/kanan). Tujuan menggiring bola adalah untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, dan memperlambat tempo permainan.

Menggiring bola basket sering juga disebut mendrible, Drible artinya suatu gerakan memantul-mantulkan bola basket dengan satu tangan menuju daerah pertahanan lawan. Beberapa aktivitas menggiring bola anatar lain menggiring bola ditempat, menggiring bola sambil berjalan, dan menggiring bola sambil berlari.

1. Menggiring Bola di Tempat
Menggiring bola ditempat dilakukan dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Amati dan peragakan gerakan menggiring bola di tempat dalam permainan bola basket berikut ini.
  1. Sikap awal seperti menangkap atau menerima bola. Kemudian lengan bagian atas tegak lurus dengan lantai, lengan bawah sejajar dengan lantai, pergelangan tangan lemas atau tidak kaku.
  2. Cara mendorong bola dipantul-pantulkan di depan, samping kiri, dan kanan dengan jari-jari tangan terbuka (bukan dipukul-pukul).
  3. Pandangan ke bola lalu akhirnya ke segala arah.

2. Menggiring Bola Sambil Berjalan
Menggiring bola basket juga dapat dilakukan sambil berjalan. Cara melakukannya sama dengan cara memantulkan bola di tempat kemudian dilanjutkan sambil berjalan ke berbagai arah.

3. Menggiring Bola Sambil Berlari
Cara melakukannya sama seperti memantulkan bola di tempat, hanya pantulan bolanya seirama dengan kecepatan lari, penguasaan bola selalu dalam jarak yang dapat dikuasai.

Gerakan menggiring bola basket dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan menggiring bola basket, Dalam kegiatan diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menggiring bola basket antara lain berikut ini.

a) Menggiring Bola Di Tempat
Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan cara memantulkan bola di tempat terlebih dahulu. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.
Menggiring Bola di tempat
  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan.
  3. Kemudian  pantul-pantulkan bola dengan tangan kanan di tempat.
  4. Jika sudah lancar di tempat, maka lakukan gerak menggiring bola sambil berjalan, kemudian dilanjutkan dengan berlari.

b) Menggiring Bola Mundur, Maju, dan Menyamping
Latihan enggiring bola dapat dilakukan dengan gerakan maju, mundur, dan menyamping secara bergantian dalam satu rangkaian latihan. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.
Menggiring Bola Maju dan Mundur
  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan didepan dada.
  3. Kemudian lakukan menggiring bola sambil bergerak mundur.
  4. Jika sudah lancar menggiring bola mundur, maka lanjutkan dengan gerakan sambil bergerak menyamping ke arah kanan dan kiri.

c) Menggiring Bola Zig Zag.
Latihan menggiring bola dapat dilakukan dengan cara melewati rintangan berupa bangku atau cones. Gerakan ini juga dinamankan gerakan menggiirng bola secara zig-zag. Amati dan peragakan aktivitas menggiring bola dalam permainan bola basket berikut ini.
Menggiring Bola Zig Zag
  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan di depan dada.
  3. Tempatkan cones/kursi sebanyak 4 sampai 5 buah dalam jarak 15 – 20 meter.
  4. Kemudian lakukan menggiring bola secara zig-zag (berkelok-kelok) melalui rintangan sambil berjalan.
  5. Jika sudah lancar melakukan menggiring sambil berjalan, maka lakukan menggiring bola sambil berlari dengan melewati rintangan.
  6. Pembelajaran ini dilakukan secara perorangan atau kelompok dan dilakukan 3 – 5 kali putaran.

Cara melakukan dribble tersebut harus dipahami dan dikuasai setiap pemain bola basket agar kualitas dribble yang baik dan benar. Di dalam pelaksaaaannya dribble dapat dilakukan dengan dribble bola tinggi dan dribble bola rendah. Dribble bola tinggi (setinggi pinggang) dan dribble bola rendah (setinggi lutut). Dribble bola setinggi pinggang digunakan untuk kebutuhan maju cepat ke depan lurus. Sedangkan dribble readah digunakan untuk menerobos atau berbelok-belok sainbil mengontrol bola.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:40 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....