Home » » Penyajian Data Masukan dan Data Keluaran

Penyajian Data Masukan dan Data Keluaran

Berbeda dengan negara di belahan Bumi utara dan selatan yang mengalami 4 musim. Negara-negara yang berada tepat di garis tengah Bumi seperti di Indonesia, hanya mengalami dua musim, yaitu panas dan hujan. Indonesia memiliki dua musim karena posisi Indonesia berada di garis Khatulistiwa.
Saat musim hujan terjadi, curah hujan tinggi. Hal ini juga berdampak pada nelayan. Jika curah hujan tinggi, Pak Ali yang bekerja sebagai nelayan tidak dapat melaut, ia hanya dapat bekerja memperbaiki jaring ikan yang rusak. Beberapa jaring dapat diperbaikinya. Berikut data banyak jaring yang dapat diperbaikinya selama 4 hari kerja.

Data MasukData Keluar
1 2
2 4
3 6
4 8
  1. Berdasarkan tabel yang ada, berapa banyak jaring yang dapat diperbaiki Pak Ali setiap harinya? Buktikan. 8 : 4 = 2.
  2. Jika Pak Ali menambah waktu bekerja selama 7 hari, berapa banyak jaring yang dapat diperbaikinya? 7 x 2 = 14.

Ternyata, untuk menyajikan data dapat pula disajikan dalam bentuk gambar.Buatlah tabel masukan dan keluaran berdasarkan gambar segitiga.
Segitiga
GambarBanyak Segitiga Satuan
1 1 x 3 - 2 = 1
2 2 x 3 - 2 = 4
3 3 x 3 - 2 = 7
4 4 x 3 - 2 = 10
5 5 x 3 - 2 = 13
Temukan pola yang ada pada kolom gambar dan banyak segitiga satuan. Data keluar adalah data masuk x 3 - 2. Berapa segitiga yang terbentuk pada gambar 5?13.

Saat musim hujan terjadi, masyarakat yang biasa tinggal di pinggir bantaran sungai sangat rawan terkena bencana banjir. Salah satu cara yang dilakukan adalah memindahkan pemukiman mereka agar jauh dari bantaran sungai. Berikut data rumah baru siap huni untuk korban bencana banjir yang hidup di pinggir bantaran sungai. Data ini diambil pada setiap 2 bulan untuk melihat jumlah rumah yang siap huni.
Pemukiman
Buatlah tabel data masuk dan data keluar berdasarkan data gambar tersebut!
MasukanKeluaran
1 1 x 2 + 3 = 5
2 2 x 2 + 3 = 7
3 3 x 2 + 3 = 9
4 4 x 2 + 3 = 11

Temukan pola yang ada pada kotak dat masuk dan kotak data keluaran!. Data keluar adalah data masuk x 2 + 3.

Siswa kelas 6 menggelar kegiatan bakti sosial untuk anak korban banjir. Setiap anak diberikan peralatan sekolah berupa 2 buku dan 3 pensil. Berapa banyak peralatan sekolah yang diberikan jika terdapat 45 anak korban banjir? Buku = 45 x 2 = 90, pensil = 45 x 3 = 135.

Gambarkan data peralatan sekolah yang diberikan untuk 5 orang anak di peta grid berikut ini!
Grid

Suatu soal atau pertanyaan merupakan suatu masalah apabila soal atau pertanyaan tersebut menantang untuk diselesaikan atau dijawab, dan prosedur untuk menyelesaikannya atau menjawabannya tidak dapat dilakukan secara rutin. Pemecahan masalah adalah proses yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Memperhatikan apa yang akan diperoleh siswa dengan belajar memecahkan masalah, maka wajarlah jika pemecahan masalah adalah bagian yang sangat penting, bahkan paling penting dalam belajar matematika.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:26 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....