Home » » Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia

Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia

Kita tinggal di planet Bumi. Di planet Bumi terjadi siang dan malam, perbedaaan waktu, dan lain-lain. Wilayah Indonesia memiliki pembagian daerah waktu yang berbeda-beda. Perbedaan waktu ini akan memengaruhi kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

Secara astronomis, Bumi terdiri atas garis bujur dan garis lintang. Garis bujur adalah garis imajinasi yang menghubungkan Kutub Utara & Kutub Selatan Bumi. Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu.

Bumi berputar pada porosnya. Hal ini disebut sebagai rotasi. Bumi berotasi satu kali putaran penuh membentuk lingkaran 360 derajat selama 24 jam. Untuk berputar 1 derajat Bumi membutuhkan waktu 4 menit. Bila Berputar 15 derajat maka Bumi membutuhkan waktu 1 jam. Jadi,setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15 derajat akan mempunyai perbedaan waktu 1 jam.

Wilayah Indonesia terletak pada garis bujur 95 derajat BT - 141 derajat BT. Setiap wilayah waktu terdiri dari 15 derajat garis bujur. Setiap wilayah waktu mempunyai selisih waktu 1 jam. Pembagian wilayah waktu di Indonesia terdiri atas Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) , dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Adapun penjelasan mengenai tiga bagian waktu di Indonesia adalah
  1. Waktu Indonesia Barat (WIB). WIB mempunyai acuan waktu pada garis bujur 105 derajat BT. Wilayah yang termasuk Waktu Indonesia Barat adalah Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Pulau Jawa, Pulau Madura, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. WIB mempunyai selisih waktu tujuh jam lebih awal dari GMT. Jadi, bila di Jakarta pukul 07.00 WIB pagi maka di Greenwich pukul 00.00 GMT dini hari.
  2. Waktu Indonesia Tengah (WITA). WITA mempunyai acuan waktu pada garis bujur 120 derajat BT. Wilayah yang termasuk WITA adalah pulau Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. WITA mempunyai selisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT. jadi bila di Mataram pukul 08.00 Wita pagi hari maka di Greenwich pukul 00.00 GMT dini hari.
  3. Waktu Indonesia Timur (WIT). WIT mempunyai acuan waktu pada garis bujur 135 derajat BT. Wilayah yang termasuk WIT adalah Pulau Papua, Kepulauan Maluku, dan pulau pulau di sekitarnya. WIT mempunyai selisih waktu 9 jam lebih awal dari GMT. Jadi, bila Ambon pukul 09.00 WIT pagi hari, maka di Greenwich Pukul 00.00 GMT dini hari.
WIBWITAWIT
Pembagian Waktu
Batusangkar, Sumbar
Pukul 05.00 WIB
Mamuju, Sulawesi Barat
Pukul 06.00 WITA
Jailolo, Maluku Utara
Pukul 07.00 WIT
Sayup-sayup terdengar ayam berkokok. Buyung menggeliat malas untuk membuka matanya. Sejuk pagi masih terasa. Tetapi Buyung harus segera bangun untuk menunaikan ibadah pagi dan bersiap-siap ke sekolah.Alang mengayuh sepedanya perlahan. Tidak terlalu jauh jarak dari rumah ke sekolahnya. Cukup 20 menit mengayuh, ia sudah tiba di sekolah. Masih ada waktu 10 menit, sebelum bel masuk berbunyi. Alang selalu ingin datang lebih awal, agar ada waktu sejenak untuk bermain dengan teman-teman sebelum mulai belajar.Ferdy membaca sekilas soal di kertasnya dengan tersenyum. Hari ini ulangan matematika pada jam pertama. Kemarin sore, Ferdy sudah belajar dengan teman-temannya. Ia yakin, soal yang diberikan Pak Sammy dapat dikerjakannya dengan mudah.
Waktu menunjukkan pukul 19.00 WIB, 20.00 WITA, 21.00 WIT
Batusangkar,  Sumbar
Pukul 19.00 WIB
Mamuju, Sulawesi Barat
Pukul 20.00 WIT
Jailolo, Maluku Utara
Pukul 21.00 WIT
Buyung menyendok nasi dan sayur ke piringnya. Buyung dan keluarganya makan malam bersama, menikmati masakan ibu. Pada waktu makan malam, mereka biasa bertukar cerita tentang kegiatan hari itu. Buyung bersyukur, ayah jarang pulang malam dari tempatnya bekerja. Waktu makan malam selalu menjadi waktu keluarga yang dinanti.Alang tekun mengerjakan PR nya. Tidak terlalu banyak PR hari ini, dan Alang sudah mencicil tugasnya sejak beberapa hari yang lalu. Satu jam lagi Alang sudah harus bersiap-siap tidur. Pada hari sekolah, ibu tidak mengizinkan
Alang menonton televisi. Alang paham, karena ibu ingin ia konsentrasi untuk belajar.
Hujan rintik masih terdengar di luar. Dingin udara malam mulai terasa. Ferdy sudah akan berselimut di tempat tidurnya. Kantuk mulai datang, namun Ferdy masih mencoba untuk menyelesaikan membaca beberapa halaman bukunya. Ia terbiasa membaca buku sebelum tidur. Namun, Ferdy tidak membaca sambil tiduran.
Garis lintang adalah garis imajinasi yang melingkari Bumi, seolah membelah Bumi menjadi belahan Bumi bagian utara atau Lintang Utara (LU) dan belahan Bumi bagian selatan atau Lintang Selatan (LS). Garis lintang tersebut digunakan sebagai pedoman pembagian iklim suatu wilayah.

Sementara itu, garis bujur adalah garis imajinasi yang membujur seolah membelah Bumi menjadi belahan barat atau Bujur Barat (BB) dan belahan timur atau Bujur Timur (BT). Garis bujur digunakan sebagai pedoman perbedaan waktu suatu wilayah.

Jika kita amati, belahan garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berpusat pada 0 derajat dan melalui Kota Greenwich dekat London, Inggris. Oleh karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.

Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Sehingga saat Bumi berputar 1 derajat Bumi membutuhkan waktu 4 menit. Bila Berputar 15 derajat maka Bumi membutuhkan waktu 1 jam. Berdasarkan perhitungan itulah setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15 derajat akan mempunyai perbedaan waktu 1 jam.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:39 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.