Home » » Soal Evaluasi Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Soal Evaluasi Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Tema 7 subtema tiga Ayo memimpin untuk kelas vi berisi beberapa mata pelajaran. Bahasa indonesia dengan kompetensi dasar menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. PPKn dengan standar kompetensi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.

Matematika dengan kompetensi dasar menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian. SBdP dengan standar kompetensi menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan. IPS dengan standar kompetensi menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya).

IPA dengan standar kompetensi melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut. PJOK dengan standar kompetensi mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. Berikut ini adalah contoh soal evaluasi tema 7 subtema 3 Ayo memimpin.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Perubahan benda dapat dipengaruhi oleh suhu. Kapankah kamu lebih mudah membuka jendela, saat udara dingin atau saat udara panas? Mengapa?
Jendela lebih mudah dibuka saat udara dingin, karena saat udara dingin jendela akan menyusut, sehingga gesekan dengan bingkai jendela lebih kecil sehingga lebih mudah dibuka.

2. Bagaimana jaket bekerja? Mengapa kita bisa tetap merasa hangat saat udara dingin?
Jaket berfungsi sebagai isolator panas, panas tubuh yang keluar akan tertahan oleh jaket sehingga tubuh kita tetap hangat.

3. Sebutkan contoh benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator. Kamu harus menyebutkan paling sedikit masing-masing 5 contoh.Konduktor : wajan, panci, sendok, garpu,pisau dan sendok.
isolator : kayu, plastik, kain, kertas, karet, keramik

4. Apa manfaat lembaga ekonomi dan budaya? Berikan contohnya.
Lembaga ekonomi adalah suatu lembaga yang memiliki kegiatan di bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Lembaga keuangan yaitu suatu badan yang bergerak dibidang keuangan dengan tujuan untuk menyediakan jasa untuk nasabah ataupun masyarakat. Kementerian Negara BUMN adalah  singkatan dari Badan Usaha Milik Negara, yaitu badan usaha yang sebagian besar modalnya berasal dari negara.
Lembaga Ekonomi

Lembaga budaya adalah lembaga publik dalam suatu negara yang berperan dalam pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, lingkungan, seni, dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara. Contoh lembaga budaya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Sebagai lembaga budaya, Taman Mini Indonesia Indah telah berhasil dalam tujuannya sebagai representasi kebhinekaan sekaligus kekayaan khasanah budaya Indonesia. Melalui kegiatan rekreasi, Taman Mini Indonesia Indah mendekatkan masyarakat Indonesia maupun asing pada budaya Nusantara.

5. Apa yang harus diperhatikan saat membuat teks pidato?
  • Teks pidato memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut.
  • Sebagian besar isi pidato berisi ajakan atau bujukan sesuai topik.
  • Topik yang disampaikan menginspirasi pendengar.
  • Pidato memuat fakta pendukung (manfaat kegiatan, tujuan, nilai kepemimpinan, semangat bekerjasama).

6. Membanggakan budaya sendiri dan merendahkan budaya lain bukan merupakan pengamalan persatuan dan kesatuan. Mengapa?
Perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika dapat dilakukan di berbagai lingkungan kehidupan yaitu dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Perilaku membanggakan budaya sendiri dan merendahkan budaya lain akan menimbulkan perpecahan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.
7. Buatlah 2 soal tentang peluang untuk 4 warna kancing.
  • Terdapat 4 kancing baju yang berwarna berbeda. Terdapat warna putih, hitam, ungu dan hijau. Jika seorang penjahit ingin mengambil warna hijau, tentukan peluang terambilnya warna hijau!
  • Suatu baju terdiri dari 4 kancing, masing-masing kancing berwarna merah, biru, hijau, kuning. Jika 2 buah kancing akan diambil, peluang terambilnya kancing berwarna ungu atau hijau adalah?

8.Apa yang kamu ketahui tentang lagu Bolelebo? Jelaskan maknanya!
Lagu "Bolelebo" merupakan lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu ini bercerita tentang kecintaan pengarang lagu terhadap tanah kelahirannya. Lagu yang mengisahkan tentang kerinduan orang-orang timur pada kampung halamannya. Walaupun kebanyakan orang yang ada di Tanah Timur merantau dari tempat kelahirannya, tapi tetap menganggap bahwa kampung halaman adalah tempat terbaik.

9. Apa yang kamu rasakan saat bernyanyi Bolelebo? Mengapa?

Pada saat menyanyikan lagu Bolelebo kita merasa senang karena bisa menyanyikan lagu daerah lain (ntt) dan dengan menyanyikan lagu itu kita telah mengamalkan persatuan dan kesatuan.
10. Bagaimana sikapmu saat menyanyikan lagu Bolelebo?
  • Saat bernyanyi memperlihatkan sikap badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk dan wajah tegak.
  • Saat mengambil nafas tidak berbunyi, posisi dada tetap terjaga saat mengeluarkan udara, saat mengambil nafas, tulang rusuk bagian bawah mengembang.
  • Pengucapan jelas, tidak ada kerancuan dari kata yang diucapkan
  • Ketepatan nada, lamanya nada dibunyikan, serta keras lembutnya nada sesuai dengan kebutuhan.
  • Ekspresi sesuai dengan makna lagu
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.