Home » » Jenis Jenis Program Utilitas

Jenis Jenis Program Utilitas

Program utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar, dan lain-lain.

Program Utilitas merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan dalam sistem komputer. Seperti membantu pengoperasian mesin dalam komputer di antaranya mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat (copy file), membuat atau menghapus proteksi (keamanan) suatu sistem software, memperbaiki bagian file pada disk yang rusak, menguji kebenaran kinerja dari komputer, dan lain-lain. lain.

Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Karena fungsinya, perangkat lunak utilitas umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk pengguna yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik.

Contoh  Program Utilitas
A. Program Backup dan Restore
Backup dapat diartikan sebagai proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

Restore dan recovery adalah proses penting setelah backup. Backup akan menjadi sia-sia bila proses pengembalian dan perbaikan data sistem sulit dilakukan. Banyak software yang ada di pasaran (baik gratis maupun berbayar) yang memberikan kemudahan backup data. Dengan software yang sama biasanya proses restore dan recovery data akan lebih mudah dilakukan. Beberapa software backup memiliki fasilitas penjadwalan otomatis proses backup. Fitur ini sangat bermanfaat untuk digunakan karena menjamin proses backup selalu dilakukan dengan teratur.

Utilitas untuk melakukan backup data yang ditujukan untuk membuat duplikat arsip untuk menghindari terjadinya kehilangan data bila perangkat penyimpanan tidak dapat berfungsi. Contoh utilitas backup dan restore yang cukup populer adalah Norton Ghost (dari Symantec) Comodo Backup, dan Easus Todo Backup.
  1. Norton Ghost merupakan aplikasi khusus untuk mem-backup data, baik backup harddisk secara keseluruhan maupun salah satu partisi harddisk saja yang selanjutnya disimpan sebagai image/file (*GHO). Fungsi Norton Ghost adalah melakukan backup dan restore harddisk baik untuk stand alone PC maupun antar network. Pemakaian Ghost untuk network dibedakan dengan status sebagai komputer slave dan master.
  2. EASEUS Todo Backup. Salah satu aplikasi backup data adalah EASEUS Todo Backup. Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows seperti Windows 7, Windows 8, Wndows 8.1 dan juga Windows XP. EASEUS Todo Backup memiliki fungsi untuk membackup disk serta dapat membantu memulihkan harddisk Anda. Cara kerja sistem backup aplikasi ini adalah memudahkan para pengguna serta membantu memulihkan ketika penyimpanan mengalami permasalahan.
  3. Comodo Backup dapat berjalan pada sistem operasi Windows. Untuk versi gratis Anda akan diberikan kapasitas sebesar 10 GB dan hanya berlaku sampai dengan 90 hari. Jika lebih dari 90 hari Anda akan dikenakan biaya tertentu. Aplikasi ini terintegrasi langsung secara online, sehingga membuat penggunannya mengupload langsung menuju penyimpanan berbasis cloud.
Program Utilitas
B. Program Pemulihan Data
Program utilitas pemulihan data digunakan untuk mengembalikan data yang secara fisik telah rusak atau berubah Data dapat dirusak oleh virus, perangkat lunak yang buruk, kegagalan perangkat keras, dan fluktuasi daya listrik yang terjadi ketika data sedang ditulisi/diubah. Contoh:Get data Back< ADRC Data Recovery, dan Avira Unerase Personal  
  1. Get Data Back adalah aplikasi untuk mengembalikan data yang hilang pada Hardis, MMC, Flashdisk dan mendia penyimpanan lainnya. Aplikasi ini biasanya Saya pakai untuk mengatasi komputer pasien yang datanya hilang akibat kehapus, keformat, dan terkena virus. Aplikasi Get Data Back sangat ampuh daripada aplikasi sejenis yaitu Recuva. Meskipun tidak 100% menjamin data akan kembali dengan normal, dan file tidak rusak tetapi setidaknya data-data ada yang kembali.
  2. ADRC Data Recovery Tools. ADRC Data Recovery Software Tools berisi koleksi alat untuk mengembalikan data dari jenis harddisk dan file system yang beredar. Softwarenya di design dengan tampilan yang mempermudah user.  Berfungsi pemulihan file dengan kompleksitas minimum sehingga orang bisa memulihkan data dengan mudah. Memberikan kontrol penuh untuk mengembalikan file yang terhapus, back up disk image, restore dari disc image, copy file dari hard disk yang bad sector, harddisk cloning, dan backup.
  3. Avira Unerase Personal. Avira UnErase Personal software gratis  simple yang bisa mengembalikan file terhapus, recovery data dari hard disk, flash disk, atau memory card. Kompatibel dengan Windows XP, Windows Vista and Windows 7.

C. Program Kompresi Data
Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu. Program utilitas kompresi berfungsi untuk memperkecil ukuran sebuah dokumen sehingga dapat menghemat pemanfaatan ruang penyimpanan, serta mempermudah pendistribusian.Contoh:winrar Free ,7-Zip, dan IZArc..
  1. 7-Zip adalah program aplikasi utilitas open source pengarsip, yang berguna untuk mengompres dan mengesktrak file. Versi terbaru program ini adalah 7-Zip 9.20, yang dirilis pada tanggal 18 November 2010. Software 7-Zip dibuat dan dikembangkan oleh Igor Pavlov. 
  2. WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware.
  3. IZArc adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi utama sebagai pengompres berkas. Pekerjaan ini sangat membantu ketika ada sejumlah berkas yang berukuran besar akan dikirim ke komputer lain via e-mail atau untuk mengarsipkan sejumlah berkas yang sangat banyak, sehingga dapat menambah tempat kosong pada ruang harddisk.

D. Program Partisi
Partisi adalah pengaturan data pada harddisk. Atau bisa juga proses pembagian ruang-ruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk, kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut, digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi. Program  utilitas untuk mengatur partisi dalam sebuah hardisk.Contoh:Easius partition manager, Active@ Partition Manager, dan Partition Logic.
  1. EaseUS Partition Master. EaseUS Partition Master seperti software – software sebelumnya EaseUS Partition Master juga menawarkan kemudahan management hard disk untuk windows (xp,7atau vista) fitur utama dari software ini adalah Partition manager (create,delete, test,convert,support RAID ,dll), Disk & Partition Copy Wizard, dan Partition Recovery Wizard.
  2. Active@ Partition Manager. Active@ Partition Manager software untuk kebutuhan management hdd versi standar atau dengan kata lain pas untuk pengguna OS windows!, buat partisi, buat logical drive, format partisi (FAT16, FAT32, NTFS),hapus partisi, dan ubah attribut partisi.
  3. Partition Logic. Partition Logic satu lagi buat yang suka maen di DOS untuk partisi hdd, dan punya banyak kemudahan baik untukk boot pakai CD/DVD/ USB /Floppy untuk boot dari USB download yang ini USB untuk yang mau boot dari CD download .ISO link dibawah ya, untuk => (floppy)

E. Program utilitas Burning Disk
Burning Disc adalah proses perekaman file dengan menggunakan media penyimpanan berupa keping CD dalam format MPEG (Motion Picture Expert Group) atau format DAT. Program utilitas untuk membuat data dalam piringan dvd ataupun cd. Contoh:Nero, Daemon Tool Litedaemon, dan Ashampoo Burning Studio.
  1. Nero merupakan software untuk CD/DVD burner termuka yang menyediakan versi gratis dari Nero terbaru di tahun 2012 ini yaitu Nero Multimedia Suite 9.2.6 full version. Nero Multimedia Suite terbaru ini sudah kompatibel dengan Windows 7. 
  2. Daemon Tools Litedaemon tools lite 4 cd burn gratis. Daemon tool lite adalah program sederhana dan efektif untuk membuat disk file gambar sederhana dan emulating virtual CD / DVD drive. Daemon tool lite juga memiliki fungsi dasar back up yang melindungi gambar dan password, mengkompres gambar dan mengelola koleksi gambar. Software ini juga mampu membuat 4 virtual devices beberapa gambar secara bersamaan.
  3. Ashampoo Burning Studio. Software lainnya yang powerfull namun tetap mudah digunakan untuk CD dan DVD burning yang berfokus pada disc fast without komplikasi. Versi ini mempertahankan semua keuntungan dan kelebihan dari versi sebelumnya ditambah lagi dengan tambahan baru dari multi-disc file backups.

F. Program Utilitas Duplikat File
Program Utilitas duplikat file adalah utilitas untuk mempercepat dan mempermudah proses duplikat/copy file. Contoh Tera Copy, ExtremeCoppy, dan Fast Coppy.
  1. TeraCopy adalah program sederhana yang berguna yang memungkinkan pengguna mengatur program mereka dengan lebih efisien. program gratis ini digunakan untuk mengirim dan menyalin berkas, meniru tindakan Windows Files Explorer tapi dengan cara yang lebih mengalir dan elegan.
  2. ExtremeCopy adalah program duplikat file yang mampu menyalin dan memindahkan file dengan cepat. Penggunaannya yang sederhana dan mirip dengan Windows Explorer. Aplikasi ini dapat meningkatkan kecepatan dari 20% hingga 120% lebih cepat. ExtremeCopy dapat diintegrasikan ke dalam Windows.
  3. Fastcopy adalah Aplikasi duplikat file dengan kecepatan tinggi yang memberikan kita kontrol penuh terhadap transfer file berdasarkan operasi pemindahan file satu demi satu dengan kode biner. Kecepatan pemindahan file bisa diatur sesuai kebutuhan.

Kebanyakan program utilitas ini dibuat secara khsus untuk melakukan fungsi tertentu pada suatu area komputasi secara spesifik, seperti memformat harddisk, atau melakukan pengecekan konektifitas jaringan. Namun dalam perkembangannya sejumlah perangkat lunak utilitas terkadang pula dipaketkan dalam satu paket utilitas yang ditujukan untuk beragam kebutuhan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:19 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....