Home » » Menyunting dan mengabstraksi Menjaga Rumah Tetap Nyaman

Menyunting dan mengabstraksi Menjaga Rumah Tetap Nyaman

Rumah merupakan cerminan perilaku penghuninya. Memastikan tempat tinggal selalu dalam keadaan bersih dan nyaman sangatlah penting bagi kelangsungan kehidupan keluarga yang sehat. Tak peduli kecil ataupun besar, kebersihan merupakan kunci utama terciptanya rumah yang nyaman untuk ditinggali. Tak hanya sebagai pelindung dari pengaruh luar seperti angin, hujan dan kotoran, rumah adalah fasilitas sosial utama dalam suatu rumah tangga.

Rumah nyaman dan sehat tak perlu mewah atau berlebihan. Rumah sehat bisa ditinjau dari dua kategori, sehat fisiologis dan secara psikologis. Secara fisik, rumah harus bisa memberi perlindungan dari panas, hujan, dan gangguan cuaca lainnya. Karena berfungsi memberi perlindungan, temu saja rumah harus kuat, bahan bangunannya aman dan berkualitas.

Secara psikologis, tiap orang smembutuhkan keleluasaan gerak. Di negara-negara maju, ruang gerak seseorang dibuat lebih longgar. Di negara kita masih sulit diterapkan. Sangat disarankan memiliki ruang gerak atau ruang yang memberi privasi bagi setiap penghuni rumah. Ini juga untuk menghindarkan seseorang dari situasi yang menimbulkan stres. Berikut ini abstraksi Teks “Cara Sederhana Menjaga Rumah Tetap Nyaman”
Menjaga Rumah Tetap Nyaman

Cara Sederhana Menjaga Rumah Tetap Nyaman

Rumah adalah tempat di mana kita bebas dan nyaman melakukan apa yang kita mau. Karena itu sudah seharusnya bersih-bersih rumah menjadi aktivitas wajib.

Bersih-bersih rumah atau merapikan barang bisa terlihat begitu mudah, namun ada beberapa hal yang tampak sepele namun penting. Tak jarang hal-hal tersebut membuat suasana menjadi tidak nyaman. Ada beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan.

Sulit dijangkau bukan berarti sulit dibersihkan. Ada bagian rumah yang sulit dijangkau, namun jika dibiarkan justru makin sulit dibersihkan. Misalnya, bercak di dinding jika dibiarkan malah berjamur. Untuk itu, gunakan peralatan praktis yang bisa menjangkau hingga sela terkecil di rumah.

Mengepel terlalu basah? Lantai basah membuat debu dan kotoran lebih mudah menempel lagi. Pilihlah alat pel dengan bahan yang memiliki daya serap kuat. sehingga mengepel menjadi lebih ringan, lantai pun lebih aman.

Gunakan pembersih yang tepat Membersihkan rumah akan jadi lebih mudah dan maksimal jika didukung dengan pembersih yang sesuai. Berdasarkan sifatnya terdapat dua jenis pembersih, pembersih abrasif dan non-abrasif. Pembersih abrasif digunakan untuk menghilangkan kotoran berat.
Sementara pembersih non-abrasif digunakan untuk jenis noda atau kotoran yang lebih ringan.

Lebih lega, lebih bebas. Menyimpan barang dengan tepat bisa membuat rumah terkesan lebih lapang dan nyaman. Anda bisa membeli tempat penyimpanan yang dapat menampung banyak tapi juga hemat tempat atau bahkan mudah dipindah.

Jadikan kerapihan sebuah prioritas. Rapikan ke tempat yang seharusnya agar rumah menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas. Anda bisa meletakkan barang tersebut pada tempat yang lebih mudah dan cepat terjangkau saat diperlukan.

Pastikan selalu ada kain-kain bersih tersedia. Anda perlu mengelap sepatu sebelum berangkat kerja, mengelap tumpahan minuman, hingga sekadar membersihkan layar komputer. Agar kain-kain cepat kering setelah dicuci, gunakanlah rak pengering yang muat banyak.

Singkirkan yang tidak perlu.. Terlalu banyak benda atau perabot membuat rumah lebih cepat berantakan kembali. Akan lebih mudah jika benda-benda tersebut disortir kembali, dan bisa disimpan di gudang. Bisa juga dengan menyediakan suatu tempat, lemari, atau rak khusus.

Jauhkan hal-hal yang mengganggu. Anda bisa menjauhi atau mematikan gadget, TV, dan sebagainya agar bersih-bersih menjadi lebih efektif dan efisien. Jika mungkin buatlah tantangan untuk diri Anda sendiri membersihkan suatu area di rumah dalam waktu tertentu.

Buatlah jadwal dan rencana. Rencanakan tempat tujuan bersih-bersih Anda agar tidak perlu bolak-balik. Anda bisa membagi-bagi tugas, misalnya berdasarkan ruangan atau tugas tertentu.

Sumber: Koransindo Belanja Minggu ke-2 September 2014 halaman iv
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:28 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....